Cara Melakukan Fitness Setelah Melahirkan

artikel tentang fitness, latihan fitness setelah melahirkan

Menjaga tubuh tetap bugar pasca melahirkan merupakan salah satu tindakan yang sangat dianjurkan. Selain bermanfaat untuk mengembalikan stamina dan daya tahan tubuh, latihan ringan pasca melahirkan juga bermanfaat untuk mengembalikan kekuatan otot-otot panggul, perut dan rahim agar kembali seperti semula sebelum masa kehamilan. Namun demikian, tidak semua jenis latihan bisa dilakukan sembarangan, terutama apabila latihan tersebut dilakukan di pusat kebugaran atau fitness center. Perlu kiranya mengetahui beberapa kiat dan tips cara melakukan fitness setelah melahirkan agar tidak memperbesar resiko terjadinya gangguan kesehatan pasca melahirkan. Apa saja kiat dan tipsnya?

Kiat dan Tips

Berikut beberapa kiat dan tips cara melakukan fitness setelah melahirkan sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Ringan. Lakukan jenis olahraga yang ringan seperti berjalan di treadmill ataupun mengangkat beban yang ringan, maksimal 2 kg. Hindari melakukan jenis latihan yang berat seperti jalan cepat, berlari atau bahkan aerobik karena kondisi perut dan rahim belum sepenuhnya pulih sehingga berpotensi memperbesar resiko gangguan pada rahim.
  • Waktu. Batasi waktu latihan. Sebaiknya melakukan latihan tidak teralu lama. Jika idealnya dilakukan selama 30 menit, maka setelah melahirkan cukup lakukan latihan selama 15 menit. Selain menghindari dehiderasi, juga mencegah terjadinya potensi penurunan produksi ASI bagi yang menyusui.
  •  artikel tentang fitness, latihan fitness setelah melahirkanPosisi. Lebih baik melakukan latihan fitness pada posisi duduk daripada berdiri. Selain lebih nyaman, posisi duduk juga tidak memerlukan stamina yang lebih besar dibandingkan dengan berdiri.
  • Otot perut. Melakukan latihan perbaikan dan perkuatan otot perut idealnya dilakukan pada kurun waktu 6 bulan hingga 1 tahun pasca melahirkan. Hal ini dimaksudkan untuk menunggu otot-otot rahim sudah kembali normal sehingga tidak menimbulkan resiko pergeseran kantung rahim.
  • Penurunan berat. Menurunkan berat badan agar kembali normal seperti sebelum kehamilan biasanya menjadi prioritas bagi sebagian besar wanita pasca melahirkan. Jenis aktifitas yang biasanya dipilih adalah skipping, bersepeda, jogging ataupun aerobik. Lakukan beberapa jenis pilihan aktifitas ini minimal dalam kurun waktu satu tahun pasca kelahiran agar tidak memperbesar resiko gangguan pada rahim.

Demikianlah beberapa kiat dan tips cara melakukan fitness setelah melahirkan yang sebaiknya perlu dipertimbangkan. Lakukan latihan secara rutin minimal setiap hari dengan durasi sekitar 15 menit dan intensitas latihan bisa ditambah apabila kondisi rahim sudah kembali normal. Semoga bermanfaat.

Obat Dahak Berdarah

artikel tentang batuk berdahak, obat untuk batuk dahak berdarah

Dahak berdarah, atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan nama hemoptisis, adalah gejala penyakit yang merupakan indikasi adanya kemacetan parah di bagian pernapasan, atau kerusakan kecil pada jaringan sinus dan rongga hidung. Setiap gejala dahak berdarah dalam dunia medis selalu dianggap serius dan segera mendapatkan perhatian medis. Untuk menentukan cara penanganan dahak berdarah, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya, kemudian menentukan obat dahak berdarah yang paling tepat.

Dahak berdarah dapat disebabkan oleh 3 hal berikut ini : infeksi, tumor, dan kelainan kardiovaskular. Beberapa penyakit yang termasuk dalam infeksi saluran pernapasan dan menunjukkan gejala dahak berdarah antara lain adalah tuberculosis, bronkiektasis, pneumonia, abses paru, dan aspergillosis. Sedangkan kelainan kardiovaskular yang menunjukkan gejala dahak berdarah adalah mitral stenosis, rupture aneurisma toraksis, dan malformasi arteriovenous. Masing-masing penyakit ini memiliki cara penanganan yang berbeda-beda, sehingga tidak dapat disamaratakan cara penanganannya.

Untuk menentukan obat dahak berdarah yang tepat, dokter harus melakukan pemeriksaan pasien dengan seksama. Dimulai dengan pemeriksaan pada mulut dan tenggorokan, untuk mencari perdarahan local, misalnya mimisan, perdarahan gusi, atau radang tenggorokan, yang mungkin menyebabkan munculnya sedikit bercak darah pada dahak.

artikel tentang batuk berdahak, obat untuk batuk dahak berdarahBila dokter menduga pasien terkena TBC, dokter akan memerintahkan untuk memeriksa dahak pasien yang bersangkutan. Dokter juga akan meminta pasien melakukan rontgen paru, untuk memeriksa apakah ada kelainan pada paru-paru. Jika terdapat kecurigaan adanya tumor atau kanker paru, dokter akan melakukan bronkoskopi, USG abdomen, dan biopsi jarum halus. Setelah menemukan sumber penyebab dahak berdarah, dokter baru dapat menentukan obat dahak berdarah dan jenis terapi yang harus diberikan kepada pasien.

Selain menjalani terapi secara medis, berikut ini adalah tips pencegahan dan penanggulangan dahak berdarah secara tradisional :

  1. Banyak makanan bervitamin, khususnya vitamin A, C, dan E, yang dapat mencegah penyakit yang menyebabkan batuk dan dahak berdarah
  2. Konsumsi madu secara teratur. Madu dapat mengurangi batuk, dan mengandung anti oksidan yang dapat menjaga daya tahan tubuh.
  3. Mengonsumsi rebusan kunyit dan kencur. Kunyit dan kencur merupakan obat batuk berdahak tradisional. Rebuslah kunyit dan kencur dengan air, kemudian minum air rebusannya 2 kali sehari.

Cara Memilih Tempat Fitnes yang Baik

artikel tentang fitness, memilih tempat fitness

Salah satu cara untuk mempertahankan dan menjaga kesehatan tubuh selain mengkonsumsi suplemen dan vitamin yang terdapat pada asupan makanan harian adalah dengan berolahraga. Faktanya, beberapa jenis olahraga tertentu tidak hanya bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat, tetapi juga bermanfaat untuk membentuk dan mengembangkan bagian-bagian tubuh tertentu agar terlihat lebih menarik ataupun berotot. Pada saat sekarang, untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih menarik dan berotot mungkin cara terbaik adalah berlatih di pusat kebugaran tubuh atau fitness center. Namun demikian, tidak semua fitness center memiliki kualitas yang baik sebagai ajang berlatih. Diperlukan beberapa kiat dan tips cara memilih tempat fitness yang baik agar optimalisasi latihan dapat tercapai. Apa saja kiat dan tipsnya?

Kiat dan tips

Berikut ini beberapa kiat dan tips cara memilih tempat fitness yang baik sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Sirkulasi. Perhatikan ada tidaknya sirkulasi udara ataupun kualitas sirkulasi udara. Ketika melakukan olahraga di tempat tertutup, faktor sirkulasi udara menjadi isu yang penting karena tubuh memerlukan suplai oksigen yang baik dan berkecukupan. Kualitas sirkulasi yang buruk akan menyebabkan suplai oksegen terganggu dan akhirnya bisa mempengaruhi optimalisasi fitness yang dilakukan.
  2.  artikel tentang fitness, memilih tempat fitnessPeralatan. Perhatikan juga kondisi peralatan, apakah terawat dengan baik atau tidak. Kondisi alat fitness yang kurang terawat seperti karat ataupun kurangnya pelumasan bisa mempengaruhi kualitas latihan fitness yang dilakukan, belum lagi resiko kerusakan alat yang bisa saja membahayakan secara fisik.
  3. Instruktur. Beberapa tempat fitness biasanya menyediakan seorang instruktur yang berguna untuk melakukan bimbingan, program serta teknik melakukan fitness dengan baik. Program latihan, porsi latihan, teknik melakukan fitness selain berguna untuk menghindari cedera juga bermanfaat untuk optimalisasi latihan kebugaran.
  4. Sertifikasi. Diantara sekian banyak faktor penentu kualitas tempat fitness, sertifikasi tempat merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan. Tempat fitness yang memiliki sertifikasi, pastinya akan lebih terjamin keamanan, kebersihan, kualitas alat, program fitness dan latihan serta jumlah instrukturnya.

Demikianlah beberapa kiat dan tips cara memilih tempat fitness yang baik. Selamat berlatih dan semoga bermanfaat.

Suplemen yang Harus Dikonsumsi Setelah Fitness

artikel tentang fitness, suplemen fitness

Fitness yang dilakukan secara rutin dan teratur merupakan salah satu cara mudah dalam menjaga dan mempertahankan kondisi kesehatan tubuh ataupun digunakan untuk tujuan memperbesar masa dan jaringan otot agar didapatkan penampilan yang menarik. Namun demkian, fitness yang dilakukan juga harus diimbangi dengan asupan suplemen yang bermanfaat untuk membantu merangsang pertumbuhan masa jaringan otot menjadi lebih cepat agar tujuan fitness yang dilakukan menjadi makin optimal. Asupan suplemen tertentu juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya dehiderasi dan mengurangi resiko cedera otot. Apa saja jenis dan macam suplemen yang harus dikonsumsi setelah fitness?

Jenis dan macam

Berikut ini beberapa jenis dan macam suplemen yang harus dikonsumsi setelah fitness sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Protein. Konsumsi asupan makanan dengan kadar protein tinggi, terutama protein yang berguna untuk memperbesar masa otot. Kadar protein tinggi pada makanan bisa didapatkan pada asupan telur, ikan laut serta olahan kedelai. Bisa juga dipertimbangkan asupan suplemen siap minum berbentuk tablet atau kapsul.
  • Vitamin. Vitamin B dan vitamin D berperan penting dalam pertumbuhan masa otot dan tulang. Konsumsi vitamin B dan vitamin D bermanfaat untuk mempercepat reaksi penambahan masa otot, sedangkan vitamin D berperan dalam pencegahan osteoporosis serta memperkuat tulang, terutama tulang belakang. Sedangkan pemanfaatan vitamin C digunakan sebagai katalisator perkuatan daya tahan dan stamina tubuh agar tidak mudah lelah ataupun capek.
  •  artikel tentang fitness, suplemen fitnessHormon. Asupan suplemen berbentuk hormon seperti steroid ataupun testosteron memegang peranan penting dalam optimalisasi perkembangan masa otot, karena kedua jenis hormon ini bermanfaat sebagai stimulan syaraf, peredaran darah serta masa otot. Hanya saja penggunaan steroid pada saat ini sangat tidak dianjurkan akibat efek sampingnya yang membahayakan seperti memperbesar resiko penyumbatan pembuluh darah serta susunan syaraf tepi.
  • Kalium. Kalium dan potassium merupakan salah satu mineral yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya dehierasi atau kekurangan cairan tubuh usai melakukan fitness. Dehiderasi berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan seperti gangguan pada respons syaraf.

Demikianlah beberapa jenis dan macam suplemen yang harus dikonsumsi setelah fitness agar terhindar dari kemungkinan gangguan kesehatan ataupun untuk optimalisasi penambahan masa otot. Selamat berlatih dan semoga bermanfaat.

Penyebab Stress

artikel tentang stress, penyebab orang stress

Stress merupakan suatu gejala psikis yang kini banyak menghinggapi masyarakat. Adapun penyebab stress itu sendiri berbagai macam hal. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Gaya hidup. Gaya hidup masa kini terutama di perkotaan membuat orang menjadi harus mengeluarkan banyak biaya. Sebagai contoh, wanita memerlukan penampilan yang trendi, modis dan cantik. Tentu saja membutuhkan tidak sedikit biaya, seperti perawatan di salon, pembelian fashion, dan lain sebagainya. Belum lagi jika gaya hidup juga meliputi pola makan dan tehnologi. Semakin menambah pengeluaran setiap bulannya. Jika tidak disesuaikan dengan kondisi keuangan pribadi ataupun keluarga, maka hal ini dapat menyebabkan stress.
  • Beban kerja. Beban kerja menyebabkan masalah yang sering menimbulkan stress. Kerja dengan schedule yang padat, masalah bertumpuk semakin menambah berat masalah yang dipikul.
  • Kondisi keluarga. Kondisi keluarga terutama yang terkait dengan hubungan suami dan istri yang kurang seimbang bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya stress.
  • Kenakalan anak. Kenakalan anak, baik yang wajar maupun yang melebihi batas kewajaran sering menjadi salah satu penyebab stress. Jika kita sebagai orang tua tidak mampu memahami anak, maka yang terjadi adalah stress yang justru berdampak menjadi kurang bagus bagi pendidikan anak.
  • Masalah keuangan keluarga. Masalah keuangan keluarga menjadi penyebab timbulnya stress yang paling sering. Bahkan pada keluarga berpenghasilan tinggi pun masalah keuangan tidak jarang menjadi pemicu masalah yang dapat menimbulkan depresi.
  • artikel tentang stress, penyebab orang stressMasalah keluarga besar. Masalah keluarga besar seperti ketidakharmonisan dengan orang tua ataupun mertua dapat menjadi pemicu timbulnya stress. Salah satu cara mengantisipasi adalah tidak tinggal serumah dengan keluarga besar jika memungkinkan.
  • Masalah dengan tetangga. Meskipun tidak banyak terjadi, namun masalah dengan tetangga juga dapat menimbulkan stress. Bahkan jika tetangga dianggap kurang memiliki jiwa toleransi terhadap sesame tetangga, maka stress dan menimbulkan pertengkaran yang menjadikan masalah semakin pelik.
  • Makanan dan minuman. Jangan disangka makanan dan minuman dapat menjadi penyebab stress. Salah satunya adalah kopi, gula dan makanan yang berasa terlalu asin.

Itulah beberapa penyebab stress yang perlu Anda ketahui sekaligus Anda hindari.