Cara Membuat Masakan Vegetarian

Cara Membuat Masakan Vegetarian

Bagi sebagian orang, vegetarian atau pantang mengkonsumsi makanan atau minuman yang berasal dari olahan hewani, merupakan salah satu pola dan gaya hidup yang dianggap lebih sehat karena mencegah terjadinya potensi gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kandungan lemak tinggi yang terkandung dalam olahan hewani. Berbagai hal yang dianggap sebagai ancaman dalam kesehatan akibat konsumsi olahan hewani adalah tingginya kadar kolesterol dalam darah yang akan memperbesar resiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri. Namun demikian, keputusan untuk beralih menjadi vegetarian juga harus diimbangi dengan pengetahuan mengenai cara membuat masakan vegetarian. Apa saja kiat dan tipsnya?

Kiat dan Tips

Berikut ini beberapa kiat dan tips cara membuat masakan vegetarian sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Keseimbangan. Perhatikan keseimbangan asupan nutrisi harian yang diperlukan oleh tubuh. Menurut salah seorang ahli gizi dan pangan, dikatakan bahwa pemenuhan asupan nutrisi yang kurang seimbang dalam menu harian, akan berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan mulai dari taraf yang ringan hingga berat. Oleh karenanya, dalam proses pengolahan masakan vegetarian juga harus mempertimbangkan pemenuhan protein yang berasal dari kacang-kacangan serta lemak yang berasal dari kelapa ataupun margarine.
  • Segar. Pergunakan bahan-bahan yang masih segar agar kandungan vitamin, mineral serta unsur makronutrien penting lainnya seperti karbohidrat, lemak dan protein masih dalam tahap yang maksimal. Penggunaan bahan-bahan yang kurang segar dapat menyebabkan penurunan kandungan makronutrient dan mikronutrient penting pada sayuran.
  • Pengolahan. Masih menurut pakar nutrisi dan kesehatan yang sama, dikatakan bahwa kesalahan dalam pengolahan menu vegetarian bisa saja menyebabkan kinerja organ pencernaan menjadi terlalu berat, sehingga berpotensi menimbulkan inflamasi atau peradangan pada organ pencernaan karena sayuran mengandung selulosa yang sulit dicerna oleh tubuh sehingga enzim pencernaan ekstra harus dihasilkan oleh tubuh.
  • MSG. Beberapa orang berpendapat bahwa menu olahan vegetarian memilik cita rasa yang kurang lezat dibandingkan dengan olahan hewani, sehingga penggunaan MSG masih sering dipakai untuk menambah cita rasa makanan. Menambah cita rasa makanan menggunakan MSG sebenarnya berbahaya bagi kesehatan tubuh, sehingga tidak disarankan menggunakan MSG sebagai penyedap masakan vegetarian.

Demikianlah beberapa kiat dan tips cara membuat masakan vegetarian yang menyehatkan. Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Makanan Cemilan

Cara Membuat Makanan Cemilan

Kudapan, snack ataupun cemilan merupakan sejenis makanan ringan yang biasanya dikonsumsi sebagai makanan selingan menjelang makan utama. Cemilan biasanya dikonsumsi pada sore hari menjelang makan malam ataupun antara sarapan dan makan siang. Cemilan merupakan salah satu alternatif penambah stamina ataupun tenaga ketika cadangan energi yang berbentuk glukosa dalam darah dan hati sudah hampir habis digunakan.

Namun demikian, konsumsi cemilan juga harus memperhatikan kecukupan asupan karbohidrat harian agar tidak berdampak buruk, seperti obesitas ataupun overweight. Banyak sekali pilihan makanan cemilan yang dapat dikonsumsi, namun yang paling baik tentu saja mengkonsumsi makanan cemilan yang dibuat sendiri di rumah. Bagaimanakah cara membuat makanan cemilan sehat yang praktis dan efisien sehingga tidak terlalu menghabiskan waktu dan tenaga?

Kiat dan Tips

Berikut ini beberapa kiat dan tips cara membuat makanan cemilan yang praktis, efisien serta bisa dibuat sendiri di rumah sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Mudah. Buatlah makanan cemilan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan ataupun dijual di sekitar tempat tinggal. Beberapa bahan cemilan terutama cemilan khas Eropa biasanya membutuhkan bahan yang hanya terdapat di supermarket besar.
  • Proses. Buatlah makanan cemilan yang hanya membutuhkan sekali atau dua kali proses pengolahan. Dengan pembuatan cemilan yang hanya membutuhkan sekali pengolahan akan menghemat waktu dan tenaga.
  • Tahan lama. Pertimbangkan juga untuk membuat cemilan kering yang tahan lama seperti cookies atau kue kering lainnya. Apabila menginginkan cemilan kering atau cookies yang menyehatkan, pertimbangkan penggunaan oatmeal sebagai pengganti terigu ataupun tepung roti. Selain menyehatkan, cemilan kering juga lebih tahan lama dibandingkan dengan cemilan basah.
  • Menyehatkan. Hendaknya jangan melupakan faktor kesehatan. Buatlah cemilan yang menyehatkan yang terbuat dari buah-buahan dengan penambahan sedikit yoghurt tanpa lemak. Pertimbangkan juga pembuatan smoothies yang lembut dan kaya serat untuk kesehatan organ pencernaan.
  • Madu. Sebagai bahan pemanis pengganti gula, ada baiknya menggunakan pemanis alternatif lain seperti madu ataupun pemanis buatan yang aman dan disarankan oleh departemen kesehatan.

Demikianlah beberapa kiat dan tips cara membuat makanan cemilan yang praktis, efisien, menyehatkan serta bisa dibuat sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

Tips Sebelum Membuat Kue Kering Spesial Lebaran

kue kering lebaran

Lebaran sebentar lagi, aneka kue kering sudah banyak bermunculan di jual di pasar dan di dunia online shop terutama di facebook. Alangkah lebih seru jika lebaran tahun ini kita menyiapkan kue kering sendiri untuk dihidangkan di rumah. Berikut tips sebelum membuat kue kering yang harus di persiapkan :

  1. Tentunya menyiapkan bahan yang diperlukan sesuai dengan takaran.
  2. Siapkan loyang kue kering yang sudah diolesi  dengan margarin atau mentega cair tipis-tipis saja, lalu lapisi dengan kertas roti. Hal  ini dilakukan agar tidak perlu lagi mengoles margarin saat akan memanggang kue.
  3. Langkah berikutnya, panaskan oven hingga mencapai suhu yang sesuai untuk membuat kue kering, minimal 10 menit sebelum kue dipanggang.
  4. Sebelum memanggang semua kue, alangkah baiknya mencoba memanggang beberapa kue saja. Hal ini dilakukan untuk melihat hasil panggangan kue kering, apakah adonan yang dibuat sudah baik. Jika hasilnya kue kering melebar, masukkan tambahan 1 – 2 sdm tepung terigu kedalam adonan.

Tips Memasak Rendang

Berikut adalah tips memasak rendang dari ibu-ibu Dunia Ibu

Tips :
– Sedikit tambahan untuk resep tsb (supaya lebih enak,boleh di test):
* 1kg daging, kelapanya 3 butir dibuat santan kental, jadi kalau 1,5 kg sebaiknya 5 butir kelapa.
* Ditambah 3 lembar daun salam, juga untuk serai ditambah jadi 2 batang, daun jeruk ditambah menjadi 4 lembar
* Ditambah 2 sdm kelapa parut sangrai yang sudah digiling halus (sampai keluar minyak)
* Sedikit gula, bila suka
* Kalau ingin rasanya lebih sarat bumbu, cabe, bawang putih & merahnya boleh ditambah lagi
* Supaya lebih meresap bumbunya, sebaiknya daging diungkep dulu bersama dengan semua bumbu & daun, setelah air dagingnya kering baru  masukan santan, diaduk terus sampai mendidih. Kecilkan api, masak sampai bermiyak (hitam) dengan sekali-sekali diaduk agar tidak lengket & matangnya merata. (Dew)

– Kebetulan kalau bikin rendang saya juga memasukkan sedikit asam kandis, tetapi rasanya tidak menjadi asam sama sekali kok (kali kalah sama rasa bumbu dan santannya), soalnya paling asam kandisnya 2 atau 3 biji. Kata orang sih, asam juga dapat berfungsi sebagai pengawet alami? (bener nggak sih). (An)

– Kadang ada orang yang bilang kenapa kalau masak rendang tidak bisa hitam seperti rendangnya orang Minang. Ibuku bilang, supaya rendang bisa hitam, kuncinya jangan pakai kunyit. Kalau pakai kunyit, biar masaknya lama dengan api kecil pun, rendang tetap kelihatan merah (seperti kalio).

– Supaya dedaknya banyak, santan juga harus banyak. Memeras santan untuk rendang, perasan pertama sebaiknya jangan ditambahkan air dulu.Peras kelapa dengan menggunakan kain/serbet khusus, supaya patinya keluar.

– Resep keluargaku, takaran utamanya :
1 kg daging, 4 butir kelapa (kalau di Batam = 2kg), 1 ons cabe giling. Ukuran potongan daging yang pas utk rendang, 1 kg = 25-30 potong, potong sesuai seratnya supaya tidak cepat hancur waktu dimasak.

– Kalau jenis dagingnya yang cepat empuk, jangan terlalu cepat dimasukkan, cukup di aduk dengan bumbu supaya meresap lebih dahulu dan didiamkan k/l 1/2 jam, baru masukkan setelah santan yang telah dijerang keluar minyaknya. (Ir)

Jenis2 Saus Pasta dan Resepnya

Macam-macam Sauce : CARBONARA, SALSA MARINARA DAN BECHAMEL SAUCE

1) CARBONARA
Bahan .
50 gr Soft Butter
1 Telur
2 kuning telur
100gram cheese (cheddar) diparut
1sdt garam
2-3 lbr smoked beef (dipotong segi panjang 1 ½ cm)
6 sdm double cream
merica
chooped parsley (dicincang, dicuci dengan air matang, dan masukkan ke dalam lap bersih, kemudian peras, supaya parsley kering dan menyebar saat ditaburkan, tidak menggumpal)

Bisa diberi
Corned beef, chicken dll

Jenis pasta : Fettucinni, Spagheti, Macaroni

Cara
1. Goreng potongan smoked beef dengan soft butter, lalu tiriskan
2. Kocok lepas telur, double cream, merica, dan garam
3. Setelah itu aduk dengan fetuccini lalu taburi keju parut, smoked beef, parmesan keju dan chopped parsley,
4. Oven sebentar
5. Siap dihidangkan

2) SALSA MARINARA/MARINARA SAUCE
Bahan
2 siung bawang putih
2 sdm salad oil/olive oil
2 gelas sauce tomat
½ sdt merica
½ sdt oregano
25 gr parmesan keju
50 gr keju cheddar

Bisa diberikan : Meat ball, udang , kerang dll

Jenis pasta yang digunakan : Lasagna, Penne, Fusili, Spaghetti dll

Cara
1. Tumis Bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombay
2. Masukkan saus tomat, garam, merica, udang, kerang, oregano
3. Tambahkan air, sedikit gula

3) BECHAMEL SAUCE

Bahan
100 gr margarine-butter
100 gr terigu
1 liter susu (bisa dibuat dari 5 gelas air dan 5 sendok makan susus bubuk)
1sdt garam
pala bubuk ½ sdt
merica ½ sdt
gula ½ sdt

Cara
1. Campur terigu, susu, pala bubuk, merica, garam, gula
2. Panaskan mentega lalu masukkan no 1
3. Aduk, lalu tambahkan air
4. Tambahkan keju parut .
5. Aduk sampai matang