Cara Melahirkan dengan Vakum

Tidak selamanya proses persalinan yang dilakukan untuk melahirkan janin ke dunia dalam wujud seorang bayi dilakukan secara normal. Adakalanya terjadi beberapa gangguan yang berpotensi memperbesar resiko kematian pada ibu, janin atau keduanya, sehingga persalinan buatan dengan bantuan alat harus segera dilakukan. Banyak cara dapat dilakukan untuk membantu memperlancar proses persalinan bantuan agar kondisi ibu, janin atau keduanya tidak memiliki resiko yang lebih besar seperti kematian. Beberapa metode yang dapat dilakukan antara lain bedah cesar, ekstraksi forsep serta ekstraksi vakum. Bagaimanakah sebenarnya metode atau cara melahirkan dengan vakum?

Metode dan cara

Berikut beberapa metode dan cara melahirkan dengan vakum sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Observasi. Sebelum memutuskan untuk melakukan persalinan yang dibantu dengan vakum, observasi secara cermat akan dilakukan oleh ahli medis mengenai ada atau tidaknya indikasi membahayakan kesehatan serta nyawa ibu atau anak, maupun keduanya. Beberapa indikator yang menjadi pertimbangan adalah persalinan yang terlalu lama, preeklamsia, serta keadaan janin yang gawat seperti hipoksia.
  • Metode. Metode ekstraksi vakum dilakukan ketika calon ibu dalam keadaan mengejan dan mulut rahim sudah terbuka penuh dan kepala bayi sudah berada di bawah panggul.
  • Prinsip kerja. Menurut beberapa sumber, cara kerja ekstraksi vakum adalah pemberian tekanan negatif yang memberikan efek menghisap dan diletakkan pada kepala bayi. Akibat tekanan negatif ini, maka pada kepala bayi akan terbentuk kaput yang bermanfaat untuk tempat penarikan saat calon ibu mengejan.
  • Tenaga tambahan. Penggunaan alat ekstraksi vakum pada persalinan bantuan hanya berguna sebagai tenaga tambahan untuk mengeluarkan kepala bayi saat calon ibu mengejan. Kekuatan dan teknik menarik kepala bayi yang dilakukan bersamaan dengan mengejan inilah yang terkadang menimbulkan resiko komplikasi atau gangguan kesehatan baik ringan ataupun serius pada bayi, terutama apabila tidak dilakukan oleh tenaga ahli.

Demikianlah metode atau cara melahirkan dengan vakum yang sebaiknya perlu diketahui oleh calon ibu. Akan lebih bijak apabila sebelum memutuskan penggunaan metode bantuan melahirkan dengan vakum, dilakukan konsultasi yang mendetail pada tenaga ahli yang akan menangani proses kelahiran untuk menghilangkan kecemasan dan ketakutan akan kondisi janin ataupun calon ibu ketika keputusan ekstraksi vakum harus dilakukan. Semoga bermanfaat.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10