Pantangan Hamil Trimester 2

Memahami Pantangan Hamil Trimester 2 Pada Wanita Hamil

Pantangan hamil trisemester 2 patut diperhatikan oleh ibu hamil agar proses persalinan berjalan lancar. Hal ini karena ibu hamil perlu menjaga diri agar bayi yang dikandung tetap sehat. Pada kondisi ini, sang ibu perlu mengetahui pantangan hamil trisemester 2 agar ia terhindar dari berbagai masalah yang berhubungan dengan kehamilannya. Anda juga perlu menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, dan minum kopi yang berlebihan. Lantas, apa yang perlu diperhatikan sebagai pantangan hamil trisemester 2?

Pantangan Hamil Trisemester 2 Pada Ibu Hamil

Pantangan hamil trisemester 2 yang harus dilakukan oleh ibu hamil adalah dengan lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Pada tahap ini, ibu hamil perlu menghindari makanan khususnya ikan yang banyak mengandung merkuri seperti mackerel dan ikan pedang. Sebagai gantinya, anda dapat mengkonsumsi ikan tuna, ikan salmon, dan ikan lele. Selain itu, pantangan hamil trisemester 2 yang lain adalah dengan membatasi aneka makanan yang mengandung lemak tinggi, gula, serta garam karena ini akan berdampak buruk pada sang bayi dalam kandungan. Makanan baik yang dapat anda konsumsi pada trisemester kedua ini adalah sayur-sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian karena mengandung ketiga jenis makanan ini banyak mengandung protein, mineral dan vitamin.

Anda juga perlu mengurangi kebiasaan marah-marah dan stress karena hal ini akan dapat mengganggu emosi ibu hamil. Jadi, anda perlu menahan emosi dan banyak bersabar agar anda tetap nyaman dan tenang. Selain hanya menguras energi, marah-marah juga dapat menaikan tekanan darah dan ini merupakan salah satu pantangan hamil trisemester 2.

Pantangan Hamil Trisemester 2 Pada Makanan Dan Obat-Obatan

Pantangan hamil trisemester 2 lain yang patut dicermati oleh ibu hamil adalah dengan menghindari makanan pedas dan asam karena ini akan menyebabkan terjadinya kelebihan asam dalam tubuh. Konsumsi pemanis sintetis juga merupakan salah satu pantangan hamil trisemester 2. Untuk alasan ini, anda perlu mencermati makanan dan minuman yang anda beli di luar karena dikhawatirkan mengandung gula sintetis seperti sakarin, aspartame, siklamat, dan sorbitol. Pemilihan pakaian yang ketat juga merupakan salah satu pantangan hamil trisemester 2 karena dengan memakai pakaian ketat hanya akan menekan syaraf kulit disekitar paha. Hal ini akan menyebabkan rasa terbakar, pegal, kesemutan, serta rasa panas disekitar pangkal paha yang dapat mengakibatkan terjadinya  masalah saluran kandung kemih.

Selain itu, kurangilah minum obat-obatan dan antibiotik tanpa resep dokter karena ini juga merupakan pantangan hamil trisemester 2.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10