Persiapan Persalinan

Persiapan Persalinan Bagi Calon Ibu

Persiapan persalinan perlu dilakukan bila usia kelahiran sudah dekat. Bagi wanita yang baru pertama kali mengalami persalinan, tentu mereka merasa khawatir tentang apa sebenarnya yang perlu dilakukan untuk persiapan persalinan buah hati mereka. Adanya rasa cemas ini adalah wajar karena meskipun mereka telah membaca artikel atau melihat proses melahirkan yang dialami oleh keluarga maupun teman, namun bila mengalaminya sendiri, ini membuat mereka merasa perlu mempersiapkan fisik dan mental untuk persiapan persalinan.

Persiapan Persalinan Secara Dini

Persiapan persalinan yang pertama dan utama adalah mempertimbangkan tempat persalinan. Hal ini penting karena anda harus memperkirakan antara jarak rumah dan rumah sakit atau klinik yang akan dijadikan tempat untuk melahirkan. Disini, anda juga perlu berhitung apakah jalan menuju lokasi rumah sakit merupakan jalan yang selalu sibuk dengan kendaraan atau tidak sebab waktu kelahiran tidak ada yang tahu kapan, kecuali anda berencana untuk melakukan operasi cesar. Namun, bila anda ingin melahirkan secara normal, persiapan persalianan seperti ini pun perlu anda pertimbangkan. Tanyakanlah kepada bagian administrasi tentang segala macam prosedur yang perlu dilakukan saat menginap di rumah sakit. Ini termasuk biaya, fasilitas, dokter yang menangani, penanganan plasenta, serta tindakan setelah persalinan. Konsultasikan dan tanyakan pada dokter tentang apapun yang ingin anda ketahui tentang persalinan anda agar paham apa yang semestinya dilakukan sebagai salah satu cara untuk persiapan persalinan.

Persiapan Persalinan Untuk Sang Ibu

Persiapan persalinan yang perlu dilakukan oleh calon ibu ada beberapa macam. Jadi, bila anda mulai merasa bahwa kelahiran buah hati sudah dekat, anda disarankan untuk mandi dengan menggunakan air hangat agar anda merasa nyaman. Anda juga perlukan membersihkan bulu kemaluan agar proses penjahitan dapat dilakukan dengan mudah bila anda harus menjalani diepisiotomi. Persiapan persalinan lain yang juga patut dilakukan oleh calon ibu adalah dengan mempersiapkan keperluan selama persalinan untuk anda dan sang bayi. Misalnya, anda perlu mempersiapkan beberapa pakaian dan daster yang mempunyai kancing depan, bra khusus untuk menyusui, kain jarik, gurita, pembalut wanita, peralatan mandi, dan kebutuhan pribadi lain. Sedangkan persiapan persalinan untuk bayi yang perlu anda lakukan adalah dengan membawa popok, baju bayi, kain untuk menggendong, gurita, sarung tangan dan sarung kaki, handuk, dan peralatan mandi untuk bayi. Selain itu, anda juga patut mempertimbangkan membawa termos kecil atau botol susu bila ASI anda belum bisa keluar untuk persiapan persalinan.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10