Tanda Kehamilan Awal

Tanya :
Apa sih tanda-tanda awal kehamilan, sebelum kita tahu positif hamil atau sebelum telat menstruasi berikutnya?

Jawab :
tanda-awal-kehamilan“Kalau aku sich yang kedua ini emang pakai ‘rasa’ deh…pakai rasa pusing, sakit kepala, BT, vertigo, mual dsb-nya deh yang gak enak sebelum test dan sebelum nyampe siklus mens berikut. Suami ikutan vertigo. Nah jaman anak pertama sich malah gak pakai rasa apa-apa, santai aja, tahu-tahu sudah 6 minggu. Malah suami yang dapat tanda2 orang hamil. Mual, pusing, vertigo, sampai bolak-balik ke dokter dan tetap dinyatakan sehat. [Ma]

“Wah kalau aku dulu nggak ada tanda-tanda yang menyolok, nggak mual dan muntah, cuma kok porsi selera makan itu kayaknya kok nambah. Jadi paling aku kalau udah telat dateng haid baru deh test pack. [Sg]

“Aku waktu itu ngerasain perutku mules mules kayak mau datang bulan dan itu rasanya persis banget, jadi aku pikir aku nggak hamil kan, tapi yang agak beda tuch, aku jadi nggak bisa nyium bau yang aneh-aneh rasanya langsung mual. [DwA]

“Kalau aku dulu sama yg pertama, sebelum ketahuan hamil aku udah merasa ada sesuatu diperut bagian bawah (pokoknya lain aja deh perasaan), malah aku sampe ngerasain perutku sakit banget pas udah agak lama main bowling, kayak kram gitu. Kalau waktu yg kedua, sih mual-mual. [Kl]

“Nah pernah satu kali udah waktunya mens (mens aku khan selalu tepat hari) seminggu ta tunggu2 kagak mens, eh seneng juga nich sampe beli test pack eh masih negatif. Eh pas seminggu dari hari seharusnya mens eh aku mens sedikit sekali terus besoknya udah gak mens lagi. Terus aku call mamaku katanya bisa jadi itu aku hamil, terus 3 hari kemudian aku test pack eh bener hamil. Udah gitu pas tau aku hamil, langsung tubuhku berasa mual otomatis, semeriwing (apa yach bahasanya) pokoknya gak enak badan deh. Terus pas hamil kedua eh gejalanya sama mens satu hari terus besoknya gak mens langsung positif, emang sich ada orang yg model aku dapat mens cuma sehari sedikit sekali gitu. [Sd]

“Kalau saya sih beberapa hari menjelang jadwal mens datang udah ngerasa kalau hamil, soalnya sering cepat pusing kalo jalan nanjak dan agak jauh padahal biasanya nggak. Terus pada hari seharusnya mens di sore hari (maghrib) malamnya saya pake EPT dan ternyata hamil. Mungkin cepat cape dan pusing yang nggak biasanya bisa jadi tanda awal hamil lantaran asupan oksigennya terbagi. [Rm]

“Pas harusnya aku dapet mens kayaq mens beneran cuma darahnya dikiiiit banget, terus udah stop. Terus kaki rasanya pegeeeeeeel banget kayaq abis jalan jauuuuuh sekali, ngilu-ngilu deh sekujur tubuh. Badan rasanya kayaq masuk angin sampai sempat kerokan segala malah karena ngga tau lagi hamil. [DwT]

Baca juga: Tanda-Tanda Kehamilan Yang Harus diketahui

Comments

  1. numpang nanya donk mbak..aq bgung mw nanya sm siapa..istri saya mens tpi warnanya beda dg mens sblumnya..skrg warnanya hitam..apa itu tanda awal mw hamil atau gmn ya…thanks ya mbak sblumnya..

  2. met pg mba…sy mw tnya sy udh 3 bln lbh sy nikah nya..
    Bln k 2 stlh nkh sy men nya sakit…bget smpai g bs bgun..
    Trus bln k3 sy men tp g sakit g trasa sakit pgel2 ….
    Sy heran aj kok g trsa sm skli klw sy men sy g sadar…
    Tp men nya sdikit 4 hr men nya….
    Tp sy tes negatif …tp sy sering x rasa pusing klw slsai mkn rs nya mw muntah tp sy mw mkn trus ,cpex,
    Perut trasa besar,payudara sy sakit d puting nya….
    Kdng sy sring marah2 biar d kntor mw pun d rmh….
    Biasa nya sy men akhir bln..tp sy mw tes takut..
    Sy tiggal tggu aj smpai awal bln dpn ini…
    mba apa it tnda2 sya hamil…
    Tq…
    Mohon jwban nya sy tnggu….

  3. Selamat Siang : aku sudah telat means selama 3 minggu… aku belum check kedokter maupun test dengan testpack….karna aku takut belum pernah hamil… tapi aku mulai merasa payudara terasa bengkak/sakit, pabila ada bau baso(utuh) aku paling benci sampai tidak mau memakannya….yang aneh kuah baso aku suka bahkan aku minum habis itu perut sudah terasa kenyang(maka’a tiap makan baso suruh suami yang memakan’a)…..Apakah tanda-tanda seperti itu disebut hamil atau cuma lagi kepengen makan itu atau ini, ya?tolong dijelaskan !

  4. Aku mo tnyk ne,aku kmren ada berhubungan dgn suami aku,tp 3 hr stlh brhbgn.aku ngrsa,pusing2,mlut mrsa phit..n mual..apkh dlm 3 hr,ssdh brhbgn sdh aj tnd na khmiln..mkch..

  5. knp ea perutku yg bwh sebelah kiri terasa skit & kencang! kepala terasa pusing,mual,neg kalo liat makanan pdhl aq gag mencium bau yg gag enk g2?dan badan terasa lemas,pinggang kiri terasa skit bnget.apakah i2 tandanya aq hamil?dan aq ud tlat mens 2bln loh?!?

  6. pgi mba,,…..
    Sy mw tnya ni….sy kn klw dtg bln biasanya lbh
    Cpt 1 minggu dr biasa tanggal dtng nya….
    Jd sya coba tes urin…..
    prtma sich garis nya cmn 1…trus sya biar kn trus smpai 5 menit….trus ad garis yg agak smr2…..
    m2g sich sblm nya d bagian perut sya selalu gerak2….
    Biasa nya sich it pas mw dtng men sy tnggu Tp blm dtg jg….
    Apa kh Sya hamil mba….?
    Mohon jawaban nya d imel sya balqis_murni@yahoo.com..

  7. pagi Dok….
    umur sy 31thn,sy nikah sdh 15Thn n slama itu sy kb pakai suntik 3bln n terakhir pakai KB pil..
    dan skarang da 1thn sy lepas kb n berencana mo pny anak…tp da 1ming ini payudara saya sblh kanan mengeluarkan air susu padahal saat ini mens sy telatur n blm pernah menyusui…di tes peck hasilnya negatif…kira kira keluhan sy knp yach Dok?
    tolong balas d’mail sy….
    makasih

  8. salam kenal,sy lg bingung hamil atw tidak pada hal sy sdh pny 2 org anak,tgl terakhir mens 28 january 2011,berarti sy sdh telat 9hari tp puting payudara sy lebih sensitif dan selera makan sy bertambah,perut kram,pinggang pegel2,sembelit,perasaan sensitif, dan malas beraktivitas,sy blm berani pake testpack,sy blom siap hamil. apa ini juga tanda2 awal kehamilan atau hanya mau menstruasi?tolong di jawab ke e-mail sy—>  evie_lh@yahoo.co.id
    thanks a lot….

  9. iwaaxx saluang says:

    kenapa istri q terlamabat datang bulan…..??? Sdah 1 minggu..??? Jwab

  10. Slm knal smua. Aq da nikah 1,5 thn da jalani program hamil dr 2 dokter, da pengobatan alternatif jg. Krn kendala jrk ke dokternya kl pas cuti aj. Biasa mens tgl 15/16 atau telat 2 hr. Skg sih msh blm telat bgt, tp perutku nyeri cenat cenut rasanya, trasa berat jg. Tekanan drh agak turun dr biasa tp blm berani tespac mau tunggu tlt 1 minggu. Smoga ini menggembirakan. Amiin.

  11. saya sdh 2 bln trlmbt haid, trkhr haid tgl 16-21januari. tapi sy srng mrskn mual,pusing,perut kembung,payudara skt. sy sdh 3 kali testpack tp hsl’ y negatif trs. apkh sy hamil? tlng di blz ke email sy! trmksh.

  12. saya nikah tahun lalu.. tapi masi blm dikaruniai buah hati.. kali ni saya telat 10 ari. 3 bln trkhir ni si tratur.. tp pas hari ke 11 sya mens.. tp g bnyak.. yg saya mao tau apakah ini flek atau mang haids.. dada serasa nyeri si.. kan dari artikel ny SD ttg mens sikit n hamil.. jadi saya mao tau apakah saya hamil atau tdk.. thx y.. d tunggu reply ny di email saya: shirly.natalia@gmail.com. thx

  13. Mba ak mau tny. Ak KB spiral, bln in ak haid tp dsertai mual,pusing,lemas. Haidku biasany 5hr sll bny, tp bln in cm 3hr bnyny, mgkn g ak hamil

  14. sebenarnya kita bisa tahu nda sich kita hamil sebelum mens bln depannya datang… secara kita hubungan pas masa subur..tp penasaran berhasil nda-nya…
    atau wajib nunggu mens bulan depan datang atau nda?

  15. rita sumarsih says:

    Mau tanya nih , kaya ya sudah beberapa hari ini sampai sekarang badanku terasa berat banget tapi aku belum mens ya tinggal 4 hari lagi, apakah aku sedang hamil apa tidak, tolong penjelasan nya, tks ya………..

  16. salam kenal, saya aena mau tanya. kan saya dah terlambat haid dah ada 3 minggu tapi kok gejala2 hamil blm ada ya? n juga sempet saya TP tapi hasilnya (-). kenapa begitu ya?

  17. saya sekarang baru hamil menginjak bulan ke 3, kepala saya sering pusing, lemas kenapa ya?

  18. Saya mau nanya neh,,,
    Istri sy sdh telat haid hampir 3 minggu kemudian sy sdh cek lewat testpek kok hasilnya negative
    Mohon penjelasannya di sekke_11@yahoo.co.I’d
    Terima kasih

  19. Askm..
    Sy mau tanya jga nih,, sblmnya sy haid teratur,,tapi mulai bulan kemaren blm haid, tespeck negatif terahir tes minggu ke empat telat,sekarang sudah masuk minggu ke tujuh blm tes lagi,tanda2 gejala haid sih gak ada,cuma perut s/d pinggang lebih terasa berisi,apakah ada kemungkinan sy hamil,,, tolong jawabnya,krna sy menikah sdh 6 thn n ingin punay anak. Thanks

  20. salmahnita says:

    Hay mau tnya ni aq udh telat 2 hr ni tp pinggang udh terasa sakit gt ,itu tanda2 mau haid atau hamil y ……?

  21. saya seorang perempuan berusia 19 tahun. saya sedang bingung karena sudah 6 minggu (sampai hari ini) tidak mens. dan hari ini saya mengalami mual (malam hari). payudara saya sempat beberapa kali sakit, perut juga kram, saya kira akan mens, namun dugaan saya salah. selama ini saya berhubungan badan dengan pacar saya, namun tidak pernah mengeluarkan sperma di dalam. namun beberapa kali pernah mengeluarkan sperma diatas kemaluan saya. apakah saya hamil? :’(
    *siklus mens saya memang belum teratur, tapi biasanya saya mens 5 minggu sekali..

  22. Asslkum….
    Mw nanya neh…
    Istriku sebelum jatuh masa haidnya sudah terasa mual2 ?ï pagi dan sore hari….
    Apakah it petanda kehamilan atau Å?? penyakit lain????
    Tolong beri tanggapan kenapa ?ª seperti itu????
    Terimakasih….!!!

  23. hi aku baru nih,mo tanya dong tgl 28 mei saya haid eh tgl 11 juni saya haid lagi tapi haid yang kedua tidak seperti haid pertama (hanya darah segar),biasanya haid saya selalu maju dan tidak pernah 2 kali,sekarang saya sering pusing,perut suka kedutan,n kram,punggung sakit,tapi sudah coba pakai testpack hasilnya selalu negatif,apakah itu tanda hamil?.(anak pertama saya sudah umur 5,9tahun)

  24. saya baru nikah 2 bulan yang lalu, saat ini sy udah telat mens 2 minggu. silus mens sy emang sering terlambat tp paling lama tu 1 minggu. waktu sy testpack hasilnya negatif. sy jadi bingung apakah sy hamil ato g ya? mohon tanggapannya

  25. jika 1 hari langsung pendarahan kayak darah haid gi mana

  26. silvia lauren says:

    saya mau tanyak,seharusny saya M tanggal 4 bulan juli,.trus biasany gejala2 mau halangan seminggu sebelum halangan saya udah ada tapi ini enggak ada
    tapi pas tanggal 4 bulan agustus keluar darah sedikit berwarna cokelat \,..
    pinggang sakit dan payudara sedikit sakit tapi lebih sakit kalau mau M.,..
    apa say hamil?

  27. siti rahayu says:

    hai …. 
    mau nanya ni apa sendawa terus menerus dan perut mual,perih  serta muntah ,dan ada perubahan pada payudara  yg terasa sakit dan ngilu itu termasuk tanda” kehamilan ?? 
    kebetulan saya mengidap penyakit maag ni ,apa kira ” tnggapan nya ni ??
    terima kasih ………………….

  28. Saya ML dngn pcr sya,tp pancut di luar,pcar saya smpai skrang tlat haid udh sebulan,tp testpack negatif,ada yg bisa bntu?

  29. Gmn cra mengetahui masa subur?saya klw haid sllu aja gak tept kadng maju kdng mundur…

  30. saya sudah telat 2 bulan tp hasil tes selalu negatif apa ini umum atau gag normal dengan kehamilan saya 3x saya hamil tp dites negatif tau2 keguguran

  31. istri saya udh hamil 2 bulan tapi sering sakit-sakitan apa akibatnya

  32. apakah istri saya tidah hait 2minggu bertanda hamil

  33. sy sdh mnkh 1,7 bln. blm mmlki anak. kenapa sejak mnikah saya jd sering sekali masuk angin. dan sering terlambat haid pdhal sblum mnikah haid sy lancar dan teratur. mhn jwban ny

  34. saya telat mens 8 hari tapi pas 8 hari itu ada keluar flek coklat tapi gak banyak selama 4 hari, kemudian seminggu setelah flek keluar saya TP hasilnya negatif, riwayat mens saya sangat teratur kadang maju 3 hari, gejala hamil seperti mual,pusing kram perut tidak ada, sekarang saya sudah telat 20 hari, apakah saya hamil, flek yang keluar itu apakah mens???mksih

  35. Hai aku ada beberapa pertanyaan
    Bulan nov aku mens tanggal 9 dan kalau perhitunganku seharunya aku sudah mens tanggal 7 des
    Tapi sampai saat ini aku belum mens aku sendiri bertemu suami( berhub,intim) dengan suami dari tgsaat masa subur 10 hari setelah aku mendapatkan mens? Kapan dan tgl berapa seharusnya saya tes pack? Karena tanggal 8 des ini saya sudah mencoba tapi ternyat hasilnya negatif!
    Saya juga mengalami gejala sperti orang mau menstruasi tapi tidak kunjung menstruasi akbitanya pinggang saya sangat sakit. Mohon bantuannya

  36. apakah ada kehidupan …..selamat malam…..
    mau tanya ???/…..bingung dengan keadaan ini sudah hampir 6 minggu belom ada juga ada tanda2 hamil ada apa ya ???………di tes dengan tespex negatif ……….ada apa ya……..apa ada yg bisa membantu q…………ty sebelom nya….malam……….

  37. oooohh

  38. saya udah telat datang bulan 2mingggu,, dan payudara udah hampir 3minggu terasa sakit,, apakah saya hamil,, tpi saya belum coba ditespek karna takut hasil’y negatife lagi dari bulan sebelumnya?? mhon bantuan’y,,,

  39. Sya mu tya,seperti pa si tnda’ke hamilan itu,pa kah yg sya raskn ni benar lg hamil ,badan eneg mual panas ga karuan pusing n kpgn y asem asem tlg jwb ke emai trimks

  40. “Mengatasi mual saat hamil”…..bagus banget tuch….bermanfaat …soalnya mual muntah masalah yg sering terjadi pada bumil, salah penanganan (buru2 menggunakan obat) malah bs berakibat buruk pd janin

  41. siang, saya mau tanya bulan januari kmrin aq keguguran sudah 2 bulan usia kandungan saya ternyata dibulan pebruari terus keluar bercak darah sedikit2. kmrin sdh konsultasi kebidan ktnya itu hnya membersihkan tp kenyataanya sampai satu bulan bercak darah itu terus keluar.itu kenapa ya bu?

  42. riiexha lee sung says:

    Hallo bunda”..
    Aq mo nny nie..
    Aq haid tgl 12/02/2012 akhr haid tgl 16/02/2012..
    Nah,,apa mungkin tgl 25/02/2012 nya aq bisa hamil,?..
    Krn dr tgl 25 trsbt aq ngrsa sprti mo hmil..(mual,,puting susu nyeri,,bsar,,brwrna hitam/gelap)..
    Sblum nya 1 thn yg llu aq prnh kgguran..
    Tlg d bntu jwb nya..
    Soal nya dktr yg bru aq datangin td krng pnjlsan..
    Mksih..
    Slm knl..:)

  43. Pada awal kehamilan, kebanyakan wanita tidak menyadarinya, karena tahap ini adalah tahap pembuahan sel telur. benar atau tidak ya?

  44. ass.dokter sm mau tnya ni.sya da telat 12 hari tpi dites pcek hasilnya negatif.dok tpi kepala aku sakit bgt,payu dara aku bengkak &sakit.gimna dok apa sya hamil  ?

  45. Saya mau tanya, tolong di jawab ya? Akhir2 ni sya mrasa mual. Saya haid baru tanggal 20 april kemarin. Apakah saya hamil? Sedangkan ciri2 yang lain tdak nampak.

  46. indah risky says:

    ass. dokter saya mau tanya nih, sy da telat 3 bulan tetapi dari tes hasilnya negatif, tetapi saat ini payudara saya agak membengkak kalo dipegang sakit, 2 hr ini saya agak mual2, gmn dok apa sy hmil..

  47. Halloo ibu…
    saya udah telat 6 hari tp pas sy tes hasilnya negatif, trs perut sy bagian bawah suka keram,,,& muncul cairan coklat,payudara & puting juga sakit…sy hamil ga ya???soalnya ngarep bgt nie…tq

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10