Trimester Pertama Kehamilan

Trimester Pertama Kehamilan

Trimester pertama kehamilan adalah masa tiga bulan pertama kehamilan. Tentu ada perubahan yang terjadi pada masa trimester pertama kehamilan, baik perubahan fisik maupun mental. Pun terjadi juga penyesuaian terhadap perilaku dan juga makanan yang perlu dikonsumsi. Apa saja?

Perubahan Fisik pada Trimester Pertama

Biasanya, si ibu hamil akan mengalami kegalauan saat pertama kali hamil. Dan hal itu terjadi saat trimester pertama kehamilan. Wajar bila itu terjadi. Namanya juga proses penyesuaian. Meski tak semua ibu hamil mengalami perubahan fisik, namun rata- rata ibu hamil mengalami perubahan fisik. Beberapa tanda- tanda dari perubahan fisik tersebut adalah: payudara membesar, berat badan meningkat, mual dan muntah, dan kadang- kadang disertai dengan tumbuhnya jerawat karena hormon tidak lancar.

Perubahan Psikologis pada Trimester Pertama

Selain perubahan fisik, juga terjadi perubahan psikologis pada trimester pertama kehamilan. Bila sebelumnya si ibu hamil bukanlah seorang yang sensitif, biasanya setelah hamil akan menjadi lebih sensitif. Mudah marah, merasa tak dipedulikan, lebih sering menangis, adalah beberapa cirri- cirri dari sikap sensitif ibu hamil. Lagi- lagi memang tak semua ibu hamil seperti itu. Namun, secara umum perubahan psikologis pada trimester pertama kehamilan adalah masalah sensitivitas. Wajar, karena sebelumnya sang ibu masih belum pernah hamil. Tentu ketika kita memasuki sebuah fase yang belum pernah kita alami, kita juga galau bukan.

Hal- Hal yang Perlu Diperhatikan pada Trimester Pertama Kehamilan

Apa saja makanan yang dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan. Saat trimester pertama kehamilan ini adalah saat terjadi pembentukan organ tubuh bayi. Bisa dibilang trimester pertama kehamilan adalah masa- masa yang paling penting dan krusial. Ibu hamil tak boleh sembarangan makan atau tidak doyan makan karena apa yang ibu makan akan berpengaruh pada perkembangan organ tubuh sang bayi. Tentu, demi anak ibu akan melakukan apa saja bukan.

Ibu hamil yang menginjak trimester pertama kehamilan ini juga dilarang stress. Tidak boleh stress bukan berarti tidak boleh berbuat apa- apa. Terlalu banyak berpikir tentang hal- hal negatif bisa menimbulkan stress. Sebaliknya, melakukan kegiatan yang produktif akan mempengaruhi janin juga. Apa yang dilakukan sang ibu pada trimester pertama kehamilan ini akan mempengaruhi kondisi psikologis bayi saat lahir.

Untuk semua ibu hamil, mari kita berikan yang terbaik untuk buah hati, terutama pada trimester pertama kehamilan.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10