Perawatan Muka

Aku punya muka agak banyak bintik-bintik hitamnya

perawatan mukaTanya:

Teman kantorku mengajak ke Dokter Rudy (yang prakteknya Abdi Waluyo). Yang aku mau tanyakan, ada tidak yang sudah mencoba Dokter Rudy ini? Kira-kira hasilnya gimana dan ada tidak efek sampingannya. Katanya di Hermina Bekasi juga ada? (Ma)

Jawab:

Aku juga pernah cobain ke Dr. Rudy, waktu itu prakteknya yang di Medistra, ramai sekali. Cuman aku pakainya tidak lama (kurang dari sebulan), soalnya keburu hamil. Kata orang, kalau hamil lebih baik tidak pakai obat-obatan muka, obatnya bisa meresap masuk ke dalam darah lewat kulit. Jadi aku stop pemakaiannya, and selama pemakaian beberapa minggu itu, belum ada perubahan.Ada lagi satu dokter kulit terkenal, namanya Dr. Anthony, yang punya Erha 21 di kemanggisan. Temanku banyak yang cocok ama produknya. Aku belum pernah coba. Tapi kata temanku, peelingnya yang bagus. Peelingnya sendiri ada 3-4 kali. Peeling pertama masih ringan, mukanya paling merah-merah sedikit. Pas yang kedua apa ketiga, muka temanku itu coklat di bagian tertentu, coklatnya ini seperti coklat gosong kebakar matahari. Malah waktu itu dia di pipi gede sekali, orang yang tidak tahu mengira tanda lahir, ada yang juga yang mengira luka bakar. Dia jadi tidak pede keluar rumah. Tapi habis itu (kira² seminggu), bagian coklat terkupas, and mukanya kinclong, halus sekali, dan tidak ada masalah lagi. Aku rencana mau ke situ tapi nunggu cuti, tidak tahan antrinya itu. (Ri)

Waktu aku potong rambut di salon, iseng-iseng baca majalah Femina entah terbitan berapa, disitu ada ditulis tentang masker kebetulan tadi subuh aku cek di kulkas ada sisa strawberry yang lama, aku pikir kenapa tidak dipakai masker, katanya strawberry bikin cerah kulit. Aku bikin maskernya sesuai resep masker mentimun : Strawberry (6 buah) diblender, Dikasih 1 sendok teh minyak zaitun, blender lagi, kasih satu sendok teh madu, blender lagi, kasih satu sendok teh maizena, blender lagi.Masker di balurkan ke muka, tangan dan kaki (berhubung ternyata banyak sekali, cukup buat tangan dan kaki juga) diamkan kurang lebih 25 menit (harusnya 1 jam, berhubung mau ke kantor terpaksa cuma 25 menit) setelah itu dibasuh air hangat. Terus ada susu anakku yang dia tidak doyan,  aku ambil satu sendok teh, dikasih air 2 sendok makan, dan diusap-usap ke muka (persis seperti waktu beauty klinik usap-usapnya), diamkan 5 menit, basuh dengan air dingin. (It)

Jadi ingat resep tanteku, yang wajahnya masih mulus dan kenceng biarpun sudah diatas 50. Si tante yang walaupun mampu beli alat-alat make up semahal apa, tetap saja setia dgn Skin Food-nya Viva dan masker buah tomat dari gadisnya, tak tergoyahkan iklan-iklan kosmetik ataupun tergoda rayuan teman-temannya. Sampai sekarang mukanya berseri sekali, walaupun sedang tidak pakai bedak sama sekali, tetap putih, cerah dan kelihatan pipinya merah selalu, seperti pakai blush-on gitu (mungkin karena pengaruh tomat). Pokoknya benar-benar bikin iri, aku saja sudah mulai merasa timbul keriput di sekitar kantong mata, pori-pori makin melebar dan merasa pipiku semakin jatuh dan kesannya jadi kempot gitu. Aku juga yang bandel, karena merasa mukaku selama ini tidak bermasalah jadinya tidak pernah dirawat, padahal menurut ibu dan tanteku, perawatan itu penting, dan sebaiknya dimulai sejak dini, maksudnya dari gadis gitu. Ada yang punya saran buat permasalahanku ? (Ir)

Dan satu lagi yang bikin cerah kulit bengkoang (It)

Cara pakainya gampang sekali, buah tomat dicuci bersih, iris di bagian dagingnya, oleskan ke seluruh wajah dan leher. Setelah itu cuci dgn air hangat, kemudian kompres wajah dgn air es/es batu (kalau aku lagi males, paling cuma dicuci air bersih saja). Benar juga, ada sebagian buah yang memberikan efek kering/berminyak pada wajah. Kalau tomat ini, yang aku rasa, membuat kulit wajah jadi tegang/kenceng. jadi agak cenderung kering, makanya mungkin tanteku itu selalu mengkombinasikan penggunaan masker ini dengan Skin Food (di malam hari), untuk menormalkan kelembabannya kembali. Setelah maskeran, diamkan 15-30 menit, kalau mau lama seharian juga tidak papa.  Mula-mula rasanya perih (jangan sampai kena mata), tapi mungkin itu tandanya maskernya bekerja, lama-lama wajah rasanya seperti tertarik sampai kencang, setelah dicuci air hangat, rasanya wajah jadi halus/licin. Tanteku memakai ini setiap hari, kecuali kalau pas keluar kota. (Ir)

Comments

  1. trima kasih
    dach membagi pengalaman
    boleh jga aq coba……..
    good luck ya…

  2. Aku punya masalah kulit yg cepat berjerawat dan kmerah2an..apalagi kalo dan pas dtg bulan jerawat itu tibul dgn sndrinya…aku dah coba berberapa cara obat dan kosmetika tapi hasilnya tdk baek malh muka jd rusak..

  3. du gi mne ci cra biar wajah leh feres gi tuh :)

  4. trims atas nfonya

  5. Ria swasanti Solong says:

    perawatan muka mesti rutin n teratur

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10