Tips Mengatasi Rambut Rontok

Banyak wanita merasa risau jika mengalami rambut rontok.

mengatasi rambut rontokPada dasarnya kita tidak bisa menghindari masalah rambut rontok karena setiap hari terdapat sekitar 50-100 rambut kita yang rontok disebabkan oleh siklus pertumbuhan rambut itu sendiri. Mengatasi rambut rontok, tentu saja tidak diperuntukkan bagi kerontokan jenis ini. Sebelum kita membicarakan mengenai tips mengatasi rambut rontok, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui beberapa penyebab dari kerontokan rambut sehingga kita bisa memastikan metode mana yang paling sesuai untuk mengatasi rambut rontok tersebut.

Berikut beberapa penyebab umum dari rambut rontok, yaitu:

  1. Disebabkan oleh infeksi, beberapa penyakit maupun penggunaan obat-obatan pasca operasi misalnya Diabetes, Penyakit kelenjar tiroid, kemoterapi.
  2. Disebabkan oleh faktor genetik
  3. Disebabkan oleh Kelainan pada sistem imun tubuh seperti penyakit Alopecia areata, androgenic alopecia yang menyebabkan kebotakan.
  4. Karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh misalnya pada saat menopause, sehabis melahirkan, penggunaan kontrasepsi seperti pil KB.

Mengetahui penyebab dari kerontokan rambut akan membantu kita untuk menentukan metode terbaik dalam mengatasi rambut rontok.

Perawatan khusus untuk mengatasi rambut rontok yang membutuhkan pengawasan medis umumnya dapat diterapkan dalam mengatasi rambut rontok yang disebabkan oleh penyakit, kelainan pada sistem imun tubuh serta obat-obatan. Mengatasi rambut rontok yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan, stres maupun kekurangan zat besi dapat dilakukan dengan mengatasi faktor penyebabnya. Begitu faktor penyebab dapat teratasi, otomatis kerontokan rambut akan berhenti dengan sendirinya. Sedangkan untuk mengatasi rambut rontok yang disebabkan oleh infeksi biasanya dilakukan dengan mengkonsumsi antibiotik. Sedangkan untuk mengatasi rambut rontok karena alopecia areata bisa dilakukan dengan cara suntik steroid di daerah yang rontok. Sementara mengatasi rambut rontok karena androgenia alopecia bisa diatasi dengan wig karena untuk kasus ini tidak dapat disembuhkan.

Ada banyak tips untuk mengatasi rambut rontok sekaligus merawat serta mempercantik rambut Anda yang bisa Anda pelajari dan terapkan sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Berikut beberapa tips mudah mengatasi rambut rontok yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

  • Hindari penggunaan produk perawatan rambut seperti shampoo, conditioner, toning, hairspray, gel dan lain sebagainya yang mengandung terlalu banyak bahan kimia. Kandungan bahan kimia yang ada dalam produk tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut. Untuk mengatasi rambut rontok, sebaiknya Anda memilih produk yang berasal dari bahan alami maupun herbal.
  • Untuk mengatasi rambut rontok, ubah kebiasaan Anda dalam mencuci rambut atau keramas sebagai berikut:
    1. Hindari keramas menggunakan air yang terlalu panas
    2. Hindari keramas lebih dari 2x seminggu. Gunakan shampoo yang lembut dan tidak terlalu keras.
    3. Jangan menyisir rambut ke belakang (terbalik) atau menyisir rambut terlalu keras karena kemungkinan besar akan menyebabkan rambut Anda rontok. Gunakan sisir berkualitas bagus.
    4. Pijat kulit kepala secara menyeluruh selama 10-15 menit setelah keramas. Hal ini untuk membantu merangsang sirkulasi darah serta menguatkan akar rambut.

Comments

  1. Tipsnya akan aku praktekin yaa. Terima kasih atas tipsnya …….

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10