Tips Merawat Rambut Keriting

merawat-rambut-keritingBagi wanita, rambut adalah mahkota. Rambut merupakan perhiasan berharga yang harus dilindungi keberadaannya. Wanita bisa menghabiskan begitu banyak biaya untuk merawat keindahan rambutnya.

Dalam hal keindahan rambut, sebagian besar wanita menyukai rambut lurus dibandingkan dengan rambut berombak atau rambut keriting, walau ada juga wanita-wanita yang menyukai rambut keriting.

Alasan kenapa rambut lurus lebih disukai daripada rambut keriting adalah karena rambut yang lurus terkesan rapi dan tertata dibandingkan dengan rambut keriting. Rambut lurus juga memiliki tingkat kesulitan yang rendah dalam hal perawatan dibandingkan dengan rambut keriting.

Namun demikian memiliki rambut keriting bukanlah sebuah kesalahan, bagaimanapun juga rambut keriting memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki oleh rambut lurus.

Begitu juga dengan perawatannya, merawat rambut keriting juga tidak sesulit merawat rambut lurus, hanya tinggal bagaimana ketekunan kita untuk merawatnya saja.

Pada dasarnya merawat rambut keriting tidak perlu biaya yang mahal dan tidak perlu juga pergi ke salon, karena semuanya bisa dilakukan di rumah.

Berikut ini beberapa tips sederhana dan murah meriah yang bisa dilakukan siapa saja yang memiliki rambut keriting dan di mana saja, termasuk di rumah.

1.    Sering-seringlah keramas.
Bagi yang memiliki rambut keriting, sebaiknya harus rajin untuk keramas. Merawat rambut keriting dengan cara keramas secara teratur dapat melembutkan rambut. Terlebih lagi, bagi pemilik rambut keriting yang tidak suka keramas, maka yang terlihat adalah pemandangan yang tidak menyenangkan, yaitu rambut menjadi kusam dan lepek. Oleh sebab itu keramas merupakan salah satu cara ampuh dan murah yang bisa dilakukan setiap hari dalam merawat rambut keriting.

Pada saat keramas, sebaiknya juga sambil memijat-mijat kepala agar cairan shampoo dapat meresap. Ada baiknya bila kita mendiamkan terlebih dahulu selama beberapa waktu setelah memijat-mijat kepala.

2.    Memakai conditioner.
Salah satu manfaat conditioner adalah untuk merapikan rambut. Bagi seseorang yang memiliki rambut keriting, maka sehabis keramas sebaiknya dilanjutkan dengan pemberian conditioner secara merata ke seluruh bagian rambut. Langkah ini juga merupakan langkah yang tidak kalah penting dalam hal merawat rambut keriting.

3.    Sering-sering menyisirnya.
Bisa dibayangkan bila rambut yang keriting jarang disisir, maka pemandangan yang ada adalah rambut yang tidak rapi dan tidak teratur. Di samping itu semakin lama rambut yang keriting jarang disisir maka pada saat disisir rambut akan terasa sakit. Oleh sebab itu salah satu cara untuk merawat rambut yang keriting adalah dengan sering-sering menyisirnya.

4.    Menggunakan sisir bergigi jarang.
Sisir bergigi rapat dapat menyebabkan rambut akan terasa seperti dijambak atau sakit pada saat disisir. Oleh sebab itu untuk merawat rambut yang keriting sebaiknya sisir yang digunakan adalah sisir bergigi jarang, karena hal tersebut akan mengurangi rasa sakit pada saat rambut disisir.

Comments

  1. wah.. terima kasih sekali tipsnya…
    yang nomer 4 memakai sisir bergigi jarang ini yang baru tahu…
    duh.. pantes aja rambut keritingku jadi kacau..
    abis ini langsung beli…
    terima kasih ya…

  2. salah. Sering dikeramasin bikin jelek. Rambut keriting tu kering. Justru kudu jarang dikeramasin biar minyak alaminya keluar.

    Sering disisir jg salah. Ntar malah bikin rambut keriting jadi ngembang.

  3. kalo cara mempertahankan tingkat kekeritingan rambut gmn y? rmbut gw dulu krting alami ikel bgt lucu tapi mikn lama kok mkin lurus n mlh jdi gk jelas. kriting gk lurus gk. :(

  4. Mksi bget sma tips ny… Tpi ak ad prtnyaan, mna lbh bgus, pkai conditioner yg d blas ‘tau yg gx d blas…
    Thx..

  5. Tq sarannya…. Tp bukannya sering keramas malah bikin tambah kering yah???

  6. betul
    harusnya rambut keriting jangan sering disampoin
    n jangan sering disisir ato dikeringkan pake handuk bisa menyeabkan rambut rusak,pakelah hair dier

  7. erma utari says:

    sering kali orang yang memiliki rambut keriting menjadi beban mental tersendiri jika rambut keritingnya tersebut sudah mendekati keribo atw mengembang terlalu besar. nah bagaimana cara mengatasi rambut yang mengembang(medok ) tsb jika ke 4 cr trsebut ,termasuk dengan cr mengguntingnya telah dilakukan tp masi tidak berhasil ???? tlng saranya?

  8. mungkin lbh baik nyisir pake jari tangan deh. biar gak ngembang kalo pake sisir.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10