Alergi Susu Pada Bayi: Gejala dan Cara Mengatasi

* Alergi Susu Pada Bayi – gejala yang timbul

Pada umumnya, bayi yang tubuhnya resistant terhadap susu akan menunjukkan gejala – gejala yang khas. Akan tetapi, pada beberapa kasus yang ditemukan, gejala yang timbul dapat saja berbeda dari yang lain. Ada baiknya ibu mengetahui gejala – gejala yang timbul akibat alergi ini seperti di bawah ini:

  • Bayi muntah disertai gangguan untuk menelan
  • Bayi mengalami diare berkepanjangan; buang air lebih dari dua kali dalam sehari dan berlangsung lebih dari lima hari. Pada beberapa kasus ditemukan darah yang keluar bersama feses.
  • Sakit pada perut yang menyebabkan bayi rewel.
  • Timbul bercak – bercak kemerahan pada kulit bayi.
  • Bayi sering buang gas seiring dengan gejala lain yang timbul.
  • Berat badan bayi sulit untuk naik, bahkan malah tidak bertambah atau turun.
  • Pertumbuhan bayi terhambat karena gizi yang terdapat dalam susu tidak dapat diserap sempurna oleh tubuh.
  • Bayi lemah atau lesu.

* Cara mengatasi Alergi Susu Pada Bayi

Pada usia tiga tahun, alergi susu umumnya akan hilang dengan sendirinya. Apabila bayi mengalami alergi saat berusia satu tahun, maka dapat diberikan susu kedelai sebagai pengganti. Namun, untuk bayi berusia 0 – 6 bulan, lebih baik diberikan susu pengganti, yakni susu asam amino atau susu protein hidrolisat ekstensif. satu fakta yang menarik adalah, sekitar 30 – 40% bayi yang alergi susu sapi juga mengalami alergi susu kedelai, maka dari itu ibu harus berhati – hati.

Untuk mengetahui apakah bayi anda alergi terhadap susu atau tidak, adalah dengan menghentikan pemberian susu formula selama dua hingga empat minggu. Lihat reaksi yang terjadi, kemudian, berikan kembali susu formula yang sama, apabila gejala yang sama timbul, maka lebih baik, ibu mencari susu alternative. Susu asam amino dan susu protein hidrolisat ekstensif adalah pengganti terbaik apabila bayi alergi terhadap susu formula biasa dan ASI tidak mungkin diberikan. Namun, anda perlu tahu bahwa susu asam amino harganya cukup mahal dibandingkan dengan susu formula biasa namun efektif untuk mengatasi Alergi Susu Pada Bayi.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10