Cara Mengatasi Telinga Gatal

Apakah Anda pernah merasakan telinga tiba-tiba gatal padahal Anda sedang berada di tengah rapat yang penting di kantor? Ya, kadang-kadang kondisi seperti ini terjadi dan sangat mengganggu konsentrasi tentunya. Bagaimana cara mengatasi telinga gatal dengan bahan-bahan yang ada di dapur rumah kita? Tidak usah pergi ke apotik untuk mencari obatnya, cukup lakukan beberapa langkah yang tersebut di bawah ini.

Sedikit minyak zaitun atau baby oil bisa membantu melembabkan lubang telinga dimana kulit kering yang gatal di bagian dalam juga kotorannya bisa menjadi lembut kemudian lepas sendiri dan keluar dari lubang telinga tanpa harus dikorek. Mengorek lubang telinga menggunakan cotton bud cukup membahayakan karena kotoran bisa jadi malah lebih menumpuk di bagian dalam.

Berikut cara mengatasi telinga gatal dengan bahan alami yang bisa Anda temukan di dapur sendiri. Bahan-bahan pendukung untuk membersihkan telinga adalah minyak, cotton bud, tissue dan handuk kecil. Cara paling mudah untuk memasukkan minyak ke dalam lubang telinga tanpa harus repot adalah dengan meminta bantuan orang lain. Tapi cara ini tidak selalu nyaman untuk sebagian orang.

Anda bisa lakukan sendiri dengan cara berikut:

  1. Letakkan semua bahan dan alat di atas meja.
  2. Bentangkan handuk di atas meja kemudian tidurkan kepala di atas handuk dengan satu sisi telinga menghadap ke atas.
  3. Celupkan cotton bud ke dalam minyak dan biarkan menyerap.
  4. Letakkan cotton bud di pintu masuk lubang telinga. Tekan cotton bud untuk membuat minyak keluar dan masuk ke lubang telinga. Tapi jangan memasukkan cootn bud lebih dari seperdelapan inci ke dalam lubang telinga. Terlalu dalam akan berisiko merusak gendang telinga.
  5. Setelah sedikit minyak masuk ke dalam telinga, sumbat lubang telinga dengan kapas untuk mencegah minyak keluar lagi juga untuk memanaskan bagian dalam telinga dimana minyak akan melembutkan kotoran dan kotoran akan keluar dengan sendirinya.

Cara mengatasi telinga gatal seperti ini akan lebih baik jika dilakukan sebelum tidur. Karena penyumbatan kapas saat proses pembersihan akan mengganggu pendengaran untuk sementara. Gunakan tissue untuk membersihkan kotoran yang keluar dari lubang telinga Anda. Lakukan cara yang sama untuk membersihkan telinga Anda satu lagi. Yang pasti lakukan semua proses ini dengan lembut karena telinga adalah indera yang sangat penting untuk menunjang kegiatan Anda sehari-hari.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10