Eksim Dan Gatal-Gatal

Anakku punya problem gatal-gatal, kata dokter itu eksim dan tak bisa sembuh..

eksim dan gatal-gatalTanya:

Anakku yang kelas 6 SD punya problem. 3 bulan terakhir ini dia menderita gatal-gatal disekitar kaki (dibalik lutut), siku, bahkan sempat menyerang wajah, kasihan sekali lihatnya. Aku bawa ke dokter kulit di St Carolus. dapat obat, bukannya sembuh, malah tambah jadi, wajahnya sampai merah bengkak. Aku bawa lagi kedokter itu juga, sambil minta keterangan takut salah obat. Menurut dokter ini kasus lain dengan saat datang pertama. ya oke, dikasih obat lagi, diminum dan juga dioles (salep).

Menurut dokter, ini eksim, tak bisa sembuh, pasti setiap kali stress, akan kumat, stress??? aku bingung apakah anakku stress berat? sambil koreksi diri aku jadi banyak bicara sama anakku, khawatir ada stress benar yang ada dalam pikirannya. subyektif, penilaian aku saja, dia tidak punya problem serius, selain dia sibuk menyiapkan diri menjelang puber. Seperti dia bilang “tahun depan aku harus punya deodorant bu!” kubilang oke, seperti kakak juga kan?! kusebut kakaknya yang sudah kelas 2 SMA, artinya sudah melewati pubernya, oke-oke saja, kuceritakan juga sama dia bahwa puber itu hal biasa, setiap orang akan meengalaminya.(dia rupanya baru dapat ceramah soal persiapan pubertas di sekolah) Well, kuteruskan mengobati gatal-gatalnya, hasilnya, 2 hari sembuh, seminggu kumat lagi, diobati lagi, sembuh, kumat lagi begitu seterusnya sampai obat dan salepnya habis hari ini aku bingung, kenapa tidak sembuh juga. Apakah ada Moms disini yang pernah punya problem sama? Waktu wajah anakku terserang, disekolah sempat di isolasi, tinggal diruang UKS, karena mungkin gurunya takut kenapa-napa. Aku berniat menemui dokter yang sama lagi, sekaligus juga mau mencari second opinion, tapi tidak tahu musti kemana? please share kalau ada yang punya pengalaman sama. Pernah dengar soal makan daging ular? apakah ini alternatif baik? terimakasih atas perhatian sebelumnya, [ftm]

Jawab:

Kalau kata dokter tiap stress muncul, aritnya neurodematitis yah? Suamiku juga begitu, memang tidak bisa sembuh. Tiap sembuh sedikit, banyak pikiran kumat lagi. Manifestasinya ada yang eksim, ada yang rontok rambutnya (suami temanku malah yang botak itu kakinya) Kalau memang alergi, coba konsul ke dokter Aries di OMC, beliau ini ahli alergi. O ya Kalau aku gatal-gatal model begini ketika lagi hamil. Kata dokter karena perubahan hormon, mungkin itu juga yang dialami anak mbak. Maaf tidak banyak membantu [DH]

Mbak, maaf aku tidak bisa kasih masukkan banyak, Cuma bisa kasih alternative dokter saja mbak, adalagi spesialis alergi Prof. Karnen di RSPI (sudah tua sekali, kadang digantikan sama anaknya), hanya obat-obatannya suka yang agak mahal, sama cuma mau kasih tahu saja, masalah kulit harus hati-hati sekali antara eksim alergi sama jamur. Soalnya biasanya di salep-salep itu alergi itu kortikosteroid kalau dikasih di kulit yang sebetulnya terinfeksi jamur, dia akan semakin memupuk. Walaupun sepertinya menghilang pada awalnya, tapi sebetulnya dia semakin memperluas area gatal-gatalnya jadi tidak sembuh-sembuh. Jadi benar-benar menunggu dokternya kasih masukkan ya, kalau perlu second opinion aku juga begitu, kalau dulu aku sempat dikerik untuk menentukan sebuah bentuk gatal-gatal itu jamur atau alergi betulan, jadi ada hasil lab-nya, semoga membantu ya mbak [NMY]

Mbak, aku dulu juga eksim di paha belakang, mulainya dari SD (lupa kelas berapa) sampai aku lulus SMP, kadang ada kadang hilang. Wah dulu waktu lagi parah-parahnya eksimku sampai tidak bisa lagi disalep karena berair. Jadi harus dikompres pakai betadine sampai mongering baru terus disalep. Tapi setelah diberi salep juga tidak menjamin tidak akan digaruk, karena kalau sudah tidak tahan gatalnya yaa digaruk terus sampai puas. Aku sudah coba macam-macam salep, antihistamin dan kortikosteroid, pantang makanan dan lain-lain tapi yaa tidak mempan juga. Sembuh sebentar beberapa bulan kambuh lagi. Aku sampai stress setiap pelajaran olah raga, secara harus pakai celana pendek sementara paha belakangku aduhai tampaknya.. Begitu aku masuk SMA eksimnya hilang, tidak pernah kambuh lagi sampai sekarang. Tapi bekasnya sampai sekarang masih kelihatan samara-samar, kebayang-lah dulu kayak apa “luka”nya kulitku kalau sekarang bekasnya saja masih ada. Kalau ditanya apa aku dulu aku stress, perasaanku dulu aku tidak stress. Tapi kalau dilihat eksimnya bisa sembuh begitu saja tanpa obat apa pun, mungkin juga aku stress, tapi akunya tidak sadar. Waktu SMA aku mulai banyak kegiatan, banyak main, jadi tidak kepikir lagi mau garuk-garuk, sementara waktu SD dan SMP aku anak manis (hihihi), kegiatannya cuma sekolah dan les, tapi mungkin (ini cuma analisis psikologi pendek ala aku) di pikiranku sebetulnya aku ingin seperti teman-temanku ikut klub olahraga, drum band, dll — dulu aku hampir tidak boleh ikut apa-apa selain yang diwajibkan sekolah karena ibuku takut nilai-nilaiku turun … :( . Aku sempat berpikir, mungkin kegiatan garuk-menggaruk ini mirip dengan kegiatan ‘buruk’ lain seperti gigit-gigit kuku, tarik-tarik rambut sampai yang ekstrim melukai diri (cutting), karena memang rasanya puas begitu kalau sudah garuk-menggaruk. Alhamdulillah sekarang aku sudah bebas dari segala bentuk eksim & garuk menggaruk. Jadi kalau anak mbak dibilang stress, bisa iya atau tidak. Mungkin cukup susah buat kita yang awam untuk menilainya karena seperti aku dulu, rasanya aku baik-baik saja, tidak stress, tapi nyatanya eksim terus :) . Barangkali bisa dicoba konsul ke psikolog untuk memastikan ..semoga membantu ya mbak .. salam [Nn]

Putri saya juga penderita dermatitis atopic (eksim) dan sekarang ini lagi kumat..hiks! sama seperti anak mbak yang paling parah itu di lutut belakang..walah sampai lecet di garuk. Sebaiknya cari tahu dulu mbak penyebabnya, kalau anakku (3 tahun) pencetusnya ya debu..walah pokoknya kalau sudah mulai seharian diluar ruangan yang berdebu pasti pulangnya garuk sana sini. Waktu itu sempat ke dokter kulit dan memang dokter kulitnya sudah kasih tahu itu dermatitis atopic, kulitnya dia kering sekali sampai dokternya geleng-geleng kepala karena memang pas ke dokter lagi parah-parahnya sama dokternya di kasih resep antihistamin sirup. Stress bisa jadi pencetus eksim, suamiku juga berbakat alergi eksim, timbulnya kalau di kantor lagi banyak kerjaan. Saran dokternya  hindari pencetusnya terus kalau mulai berkeringat basuh dengan handuk basah dan keringkan dan tidak boleh lepas dari pelembab, pakai sabun yang ph balance (aku pakai sebamed baby) terus jangan pakai bedak, atau sabun antiseptic karena akan membuat kulit kering dan makin asyik menggaruk. Karena anak mbak sudah lebih besar, lebih baik suruh mandi setiap badannya berkeringat, terus berikan pelembab di daerah eksimnya, karena kalau si eksim itu kering makin gatal rasanya mbak. Kemungkinan juga ada hubungan antara hormon kali ya…secara anak abg hormonnya sedang berkembang (cmiiw!) Katanya daging biawak atau ular bisa menghilangkan gatal-gatal, tapi aku rasanya tidak tega ya anakku makan begitu hiiiyyy….terbayang-bayang saja…hehehehehe..padahal sapa tahu enak ya! semoga membantu [Rn]

Betul, makan daging ular bisa mengurangi sakit kulit. Baru-baru ini saja, ada temanku yang ayahnya mengalami sakit kulit, telapak kakinya pecah-pecah seperti pecahan sawah yang kering dan rasanya perih-perih gatal serta keluar air dan darah jika sudah perih sekali. Terus, atas advice saudaranya, temanku pergi ke resto ular yang di Mampang Prapatan (di kaca restonya ada gambar ular cobra; kalau dari Mampang menuju Tendean / Tarakanita / Blok M, maka posisinya di sebrang ACC atau kalau dari arah Blok M menuju Mampang Prapatan, resto ular tersebut terletak setelah ayam goreng Ibu Suharti, show room BMW. Restonya kecil dan letaknya sedikit agak nyempil ke dalam, dari luar tidak terlalu terang tapi kalau sudah masuk ke dalam, terang benderang). Disana ada di jual sop ular dan daging ular yang dikeringkan kemudian dikemas dalam bentuk kapsul sebagai obat sakit kulit. Ketika teman saya, datang kesana, memang awalnya membayangkan ada showcase yang ular-ularnya meliuk-liuk dan besar-besar jadi agak seram, begitu. Tapi kenyataannya tidak,  restonya bersih, terang dan temanku mendapatkan penjelasan yang baik. Temanku sempat makan sop ular dan menurut dia, dagingnya lembut sekali dalam potongan-potongan yang kecil-kecil. Nah, kemudian dia beli 2 mangkok sop untuk ayahnya dan kapsul atas advice pemilik restonya. Telapak kaki ayahnya sembuh setelah 2 kali beli obat kesana. Demikian sharingnya .. semoga bisa membantu ya [Rsm]

Terimakasih atas sharingnya. Sangat berguna sekali sepertinya aku punya PR baru, secara anakku bisa jadi betul stress, eksim atau jamuran. Sepertinya beberapa hari ini kantorku akan pindah kekamar anakku, biar dapur di handel para asisten. Tadi malam anakku menghadap aku, Ibunya yang lagi membuat kue, dengan muka merah dan tersedu-sedu, aku peluk dan kutanya “ada apa?”, ternyata dia punya PR selama liburan yang belum dikerjakan, padahal pagi ini mulai sekolah, ddduhh ada-ada saja, baru cerita sekarang. Oke kubantu cari, tidak ketemu juga. Yang jadi masalah, PR-nya seperti apa dia lupa, yang jelas berlembar-lembar untuk mengisi liburan hmmm, jangan-jangan ini sumber stressnya, karena sambil menangis dia bilang “Ibu..aku ini pecundang”..haaa.pecundang, bahasa mana lagi ini???……
“siapa bilang kamu pecundang?”
“aku sendiri”
“eits, lupakan kata pecundang itu…ayu, kita cari lagi PR-nya”
pokoknya malam tadi bongkar-bongkar dirumah nyari PR anakku, putus asa, tidak ketemu. Aku sudah hampir saja telpon ibu temannya, tiba-tiba Bapaknya turun tangan, ikut mencari sambil ngedumel marah karena PR dari bulan Ramadhan baru heboh sekarang..ajaib, ketemu!!!……gembiralah anakku. Pagi tadi dia bangun, mandi dan shalat subuh, sedih aku melihat siku dan paha belakangnya eksiman, seragam sekolahnya tak cukup panjang menutupinya. Semoga tidak jadi bahan ledekan teman-temannya. Terimakasih untuk membaca curhatku. Salam manis [Fth]

Aku lagi kena serangan gatal-gatal seluruh tubuh, awalnya aku bingung ini alergi apa jamur. Aku terus coba cari info di internet, aku simpulkan ini jamur, aku langsung merasa jorok sekali bisa jamuran,  ternyata jamuran itu tidak ada hubungannya sama kotor ya , baru tahu setelah aku ingat-ingat memang setahun sekali pasti aku kena seperti ini walau baru sekali ini yang hampir seluruh tubuh merah dan gatal setelah research internet aku juga baru tahu kalau orang yang diabetes jauh lebih mudah kena jamur, gula-ku memang tinggi walau belum di vonis diabetes, semoga berguna [DRS]

Mbak DRS, terus diobati apa kalau lagi kena serangan seperti itu? Kalau aku problemnya berulang tiap bulan, setiap datang bulan, pasti gatal-gatal tidak karuan, terutama paha dan betis, kalau lagi sadar ditahan-tahan tidak digaruk, tapi kalau lagi tidur waduh…nah ketika mandi pagi baru terasa perih-perih bekas garukannya, kata ginekolog-ku itu hormonal aku tidak mau minum incidal, ctm atau sejenisnya, soalnya mengantuk iya, menggaruk-nya jalan terus, bekas garukan bulan lalu belum baik, sudah ada luka baru, jadi burik deh :( (. Dulu kata mamahku aku termasuk yang punya darah manis, apa maksudnya bakat/turunan diabetes itu ya ? karena eyang uti-ku dulu meninggal karena diabetes. Sekarang antisipasi-nya paling aku lebih sering pakai body lotion saja dan banyak-banyak minum air putih, teh-nya aku ganti jadi teh hijau (eh, pengaruh tidak ya?) supaya kulit tidak kering, jadi gatal-gatalnya berkurang, yaahh yang penting usaha he…he…[Dy]

Ternyata aku sok tahu, setelah 2 hari tidak berkurang gatalnya aku ke dokter, dia bilang alergi. Setelah aku ingat-ingat aku memang habis makan gulai kambing banyak sekali, ternyata itu penyebabnya, padahal sebelum ini makan daging kambing baik-baik saja [DRS]

Sama, aku juga alergi kambing, ketahuannya dari 2 tahun yang lalu sehabis lebaran. Tapi bukan gatal-gatal melainkan badan sakit seperti rematik, solusinya? Yaaa..tidak makan daging kambing. Terus mbak, kalau aku ternyata memang sekeluarga bakat alergi di kulit, pokoknya efeknya kulit jadi cepat kering dan gatal. Dan yang membuat aku sedih salah satu bahan yang menjadi alergiku ternyata parfum, Jadi kalau pakai body lotion harus yang non parfum, kalau sabun mandi pakai yang sabun mandi bayi. Untuk lotionnya coba Decubal. Alhamdulillah lumayan cepat mengatasi kekeringan, belinya di apotik-apotik [NMY]

Comments

  1. onyak says:

    duh.. eksim emang ga enak bgt..
    dulu pernah ngalamin pas sd smp
    sempet makan abon ular 1 tahun br sembuh
    n rambut ga boleh panjang

    walhasil kr itu abon..
    skrg c mc suka gatal2 pas lg stress/byk pikiran (plus ada turunan kecing manis dr nenek)
    tp ga sampai kumat seperti dulu lg eksimnya, plg jerawat dikit2 di badan

  2. Ragil Yuliati says:

    Saya juga punya penyakit eksim yang memang sulit sekali untuk disembuhkan, kecuali oleh diri sendiri. eksim itu akan kumat kalo sedang stres atau banyak pikiran, daro kecil memang punya penyakit seperti itu, berdoa dan berusaha untuk mengobati pasti dapat sembuh, apalagi saya termasuk tidak bisa makan obat alias alergi obat.Bukan dengan cara mengabaikan, tapi dengan cara mengubah pikiran kita tentang eksim. saya memang penderita eksim dan asma, jadi tahu sekali kondisi ketika saya kambuh. asma dan eksim sama saja, musti tdak banyak pikiran dan harus selalu mengerti keadaan atau kondisi badan sendiri. Dengan banyak kegiatan dan tidak memikirkan penyakit eksim dan asma, InsyaAllah bisa sembuh.

  3. cakhadi says:

    Mungkin kami bisa bantu…
    Dengan olesan minyak but-but insyaALLAH penyakit eksim bisa sembuh.
    Ada baiknya ibu bisa mencobanya.Tks

  4. ika rahma says:

    mb.sy pny sakit gatal2 melenting kecil2 di dekat mata kaki sdh 5 bln gk semuh2 dan sampe hais salep aciclovir 6 buah, gimana mb. sy cukup tersiksa dg gatal2 itu penyakit apa….

  5. daniel bandung says:

    buat yang ngidap eksim,,,
    aq kasih tau,,g usah ke dokter,,,,beli obat aja harganya cmn 5 ribu,,nama obatnyah ” pi kang shuang “..cari di apotek aj..klu g apotek orang cina,,,,
    isnya allah sembuh …dari pada hrs ngeluarin uang gede2 kedokter,,dl aq juga eksim di rambut,,dan belakang bdn..tp alhamdulilah sembuh pake obat itu…

  6. bahtiar says:

    istri saya pada telapak kaki sebagian menebal dan gatal sekali terutama malam hari, mohon solusinya

  7. Are-Rie says:

    ehm..eksimya..Aq mulai didiagnosa terkena DA saat kul semester 4. Sebelumnya, waktu kelas XII, Aq alergi sama deodorant. Sampai sekarang, kadang kulitq masih hypersensitif sama yang namanya deodorant. Eksim di ketiak kadang timbul kadang tenggelam (hehe). Pemicunya juga kalo’ Aq lagi streesss. Sekarang, setelah bekerja eksim itu muncul seiring dengan beban pekerjaan yang sedang Saya pikul (hahaha). Saran dari dokter, adalah untuk menghindari stress. Tapi, untuk tidak menjumpai stress di lingkungan kerja ehm..rasanya tidak mungkin. Dua hari yang lalu, Saya bertemu dengan seorang Ibu yang menderita penyakit seperti saya. Bahkan, beliau pernah bedrest gara-gara eksimnya kambuh..Wah mengerikan ya…Saya hanya bisa positif thinking aja kalo DA bisa sembuh..

  8. Tommy says:

    saya juga kena’ eksim…….
    huuh sebel banget yang namanya eksim….
    menyiksa hidupku…..
    belajar aja ampe’ terganggu…..
    aku udah pakai berbagai obat…..
    seperti benoson n inerson……….
    eksimnya ada di atas kemaluan saya dan di sebelahnya…..
    duuh gatal banget….
    SO ITCH…..
    pas waktu pakai benoson menyiksa…..
    membuat ku tambah gatal….
    aduhh guatal….
    tolong solusinya…..

  9. ivan says:

    saya mengalami eksim kering dari tahun 2001 sampai sekarang tahun 2010,sudah berbagi solusi sya coba mulai dari ramuan2 cina,obat herbal,obat tradisional,sampai resep2 dari dokter.
    Akan tetapi smua itu tidak ada hasil yang signifikan,mohon info dan solusi nya karena saya ingin kembali normal lagi seperti dulu…
    trims

  10. Baiq jasni says:

    Kl boleh nimbrung ksh saran buat semua temen2 ibu2 yg lg punya mslh yg sama,yakni gatal2 yg amat serius,coba deh tonton TPI jam 6 pgi Bengkel hati.anda pasti menemukan solusi untk mslh anda tanpa aturan tanpa duit untk bli obat.gratis!

  11. Sandy says:

    Sy mengalami gatal-gatal di sekujur tubuh . gatal-gatalnya berupa bendolan-bendolan kecil yang lama-kelamaan (jika digaruk terus) akan menyatu dan menjadi besar(seperti bengkak).
    Setiap kali saya kumat , saya selalu minum obat incidal .
    Sudah 7 bulan ini saya minum obat itu terus – menerus setiap 2 hari sekali .
    Tolong dong yang tau obatnya ,berbagi pliss…
    udah sangat sangat sangat sangat menderita saya karena gatal – gatal ini ..
    udah habis uang jutaan ke dokter , segala macam obat dicoba , namun , hasilnya Nihil.

  12. gatal gatal pada kulit yang paling menjengkelkan adalah EKSIM, aku paling sebal sama eksim yang satu ini gatal nya minta ampun, ampun deh, eksimku timbul klo lgi banyak pikiran/stress dan suhu panas yang ekstrim/panas sekali jadi badan trus berkeringat banyak sekali, klo musim dingin ato bedhidhing ya tidak kumat, ak punya obat yan mujarab tuk berbagai macam penyakit kulit, ak belinya di toko china nama ya PI KANG SHUANG, walah obat ya murah bgt and mujarab tok cer tenan

  13. rita noor rachmawati says:

    dok saya mau tanya obat apa yang aman dikonsumsi ibu menyusui utk obat gatal ditelapak tangan

  14. tyas says:

    duhh…. baru satu bulanan ini muncul exim d pergelangan kaki mengganggu gatal dan malu karena terlihat jelek sekali semakin lama semakin lebar please kasih solusi yg konkrit dong buat sembuhinya sengganya buat mengurangi rasa gatalnya thx

  15. ahmad taufik says:

    mau nimbrung nih untuk buat yang punya penyakit gatal2 atau exim aku punya saran, ini terjadi sampai saat ini aku juga lagi ngejalani insya alloh sembuh walaupun kadang kadang masih suka timbul namun masih bisa tidur nyeyak. he he he

    ada yang bilang makan daging ular, atau biawak, kelelawar, abon ular, cicak dibakar bisa menyembuhkan. semua itu namun yang ada hanya sugesti sesaat sewaktu waktu akan kambuh kembali hal ini karena saya sudah saya jalani.

    saya yakin ini bagian dari strees tapi jangan ditambah tambahin dengan memikirkan pantangan atau hal hal mengenai penyakit gatal itu sendiri.

    dari dokter specialis sampai dokter umum yang baru praktek sudah saya jalani. dari obat anti biotik sampai disuntuk tiap minggu sampai dokternya kehabisan alat suntuk sudah saya coba ternyata hasil cuma sesaat. belum shinshe sampai berapa bulan mondar mandir tidak kunjung sembuh yang ada harus pantang makanan ini itu.

    sengaja saya ingin berbagi sama teman teman yang lagi berobat maupun yang lagi mengeluh tentang gatal gatal eksim ini agar bisa di obati dengan sabar tawakal dan optimis.

    caranya;
    pertama ingatlah bahwa semua penyakit pasti ada obatnya.
    kedua jangan percaya pada hal hal yang dilarang oleh agama misalnya makan daging ini itu semua itu cuma sugesti sesaat. sudah makannya jijik gak sembuh pula dus dosa karena dilarang agama.
    ketiga minta kesembuhan hanya kepada alloh yang maha menyembuhkan.

    iktiarnya 1
    ambil lengkuas dipotong lalu gosokkan pada luka sambil untuk ngegaruk rasanya gatal gatal enak dan kemrenyem. lengkuas ini untuk mengeringkan luka dan membatasi agar tidak melebar, sehari dua kali terutama pada saat mau tidur.

    setelah dua tiga hari nanti akan kering. setelah kering terus dikasih obat gatal namanya digenta atau diprogenta di apotik banyak sekali. oleskan secukupnya jangan banyak banyak. jangan lupa setelah sembuh disimpan karena sewaktu waktu akan timbul kembali. insya alloh setelah dua tiga kali dioles terus menerus akan sembuh. yang mustik diinget bersyukur pada yang memberi sembuh jangan pada siapa siapa melainkan kepad alloh. amin selamat mencoba.

    ikhtiar 2.
    biang kunyit ditumbuk lalu dicampur minyak kelapa secukupnya dibungkus pakai daun pisang lalu dibakar sampai matang. setelah itu popokin ke luka tempat gatal gatal diperban kalau mau tidur. dua tiga hari insya alloh kering lalu diolesin salep diprogenta. dua tiga lalu liat apa yang terjadi.

  16. KIWIRO SASTRO says:

    Mohon izin dan petunjuk rekan-rekan,
    Awalnya sya jatuh sakit selama 3 hari (DEMAM) selama itu saya tidak mandi, dan dari situ sya merasakan gatal2 didaerah SELANGKANGAN dan BUAH JAKAR stelah di cek ternyata banyak ” DAKI (KOTORAN)” krena sya tdk mandi ! mulai saat itu sampai skrng sya selalu merasakan gatal2 memerah dan meluas sampai ke batang kemaluan saya,sayapun cuma bisa mengobati dgn “CALADIN CAIR” adakah OBAT/HERBAL yg dpt membantu saya ?
    ANDA bisa mengkonfirmasi saya di no 08382-0606-222
    Trims”

  17. Anton says:

    Pantesan eksimku kambuh lagi… ternyata gara2 stress ya.., tp emang beberapa hari ini aku lagi stress, udah ganti2 salp eksimnya gak sembuh2… malahan jd tambah stress, oh ya kl gak stress lagi apa bisa langsung sembuh ya? apa tetep harus pake salep?

  18. silly says:

    aku jg dl pernah eksim

  19. lili says:

    dl aku sempat eksim terutama di bagian perut dan paha,, stlh k dkter kulit diaksih sale, ilang.. trus kambuh lg krn kulit saya terlalu kering< jd hrs pake handbody tiap hari.. skrg udh ga eksim lg n udh mulus> pokoknya hrs pake handbody tiap hari n kena cahaya matahari pagi

  20. richard says:

    Saya jg terkena eksim basah sudah hampir setahun, sudah berbagai macam obat dan dokter saya coba, tetapi setelah obat habis, eksim kambuh lagi,, kata dokter saya stress. Tetapi saya sendiri jg tidak tahu stress karna apa, mungkin saya stress karna eksimnya gk sembuh2 kali ya, tolong info obat apa yg paling ampuh.. Saya benar2 gk sanggup dengan penyakit ini, trims

  21. wansur says:

    apakah eksim bener2 ga bisa sembuh bagaimana dong solusinya

  22. Wid says:

    Sminggu yg lalu tb2 kki sya ad bentol2 mrah n gtal, mulanya cuma dua, tp kelamaan nambah dsna sni, kaki, paha, lengan, lher.. Kalo dah kring jd htam..
    Sya kaget dan mrasa aneh coz sblumnya g pernah gini..
    Pergilah saya ke doktr umum, dan di vonis alergi, dksi obat plus salep.. Hsilnya dalam 3 hri, g kunjung smbuh.
    Beralihlah sy ke dkter kulit, diagnosanya kena kutu air.. Dksi obat dan salep jga..
    Tp bsoknya gatal it msh ada dan brtambah.. Tb2 teman nyaranin mandi pake rebusan daun sirih..barusan saya cb dan hasilnya mengagumkan.. Gatal agak mendingan..
    G separah sbelumnya..

  23. tika says:

    ehm……stres y…aku jg eksim..dh mcm-mcm obt tp g sembuh-sembuh…bnr jg mungkin karna stress. karena kalau aku lg bahagia eksim itu sembuh n hilang…tpi kalau bnyk pikiran kambuh lgi..

  24. niSa says:

    saya menvidap eksim sejak kecil, namun tidak separah saat ini. usia saya saat ini 20 th entah knapa kahir2 ini eksimnya melebar. sudah pakai salep. eh malah timbul di tempat yang lain..

  25. hak says:

    Sy pernah skit gatal2 jg tp gk tau eksim apa bukan, gatalnya tuh smpai menjadi luka gara2 digaruk, kena nya di daerah paha bgian dalam. Denger2 gatal2 bgtu bs di sembuhkan pake kacang mahoni, kacngnya pait banget, tp setelah menuggu 2 bulan ternyata gk manjur, waktu itu gatalnya udah menjalar ke tangan.
    Eh kok secara tidak sengaja ibu warung tempat saya biasa beli jajan melihat luka di tangan sy, trus dia tanya itu gatal2 ya, sy jawab iya, akhirnya si ibu kasih saran diolesin kunyit saja pasti sembuh, sy yg emang dasarnya gk ngerti apa2 nurut sj pas ibu warung itu mulai motong2in kunyit trus diolesin ke luka saya, ada skitar sminggu pokoknya setiap saya jajan ke warung ibu td pasti sy minta diolesin kunyit, setelah seminggu itu sy tdk sempat datng lg ke warung, dan gk prnah ngolesin kunyit lg, tp efeknya berasa 2 minggu kemudian, yaitu luka2 sy mulai menciut, dan setelah 1 bulan benar2 menghilang, nggak tau ya apa itu gara2 kunyit, tp yg jelas sya tdk menggunakan obat2an apapun, selain mandi pake campuran detol, sabun antiseptic, dan pengobatan kunyit td

  26. Darma says:

    wahh bwt shapa az toloooooooong sayaaa..,2 minggu lgi saya mu nikah tavi saya punya punya penyakit exim yang udah tahunan dah berbagai macam obat di coba tav blom smbuh juga…, bwt yang punya solusi pleasd kasih tahu saya …, :’(

  27. Maharanie says:

    Kirain cuma ak sendiri aja yg punya masalah gatal2….
    ternyata… bnyk jg yg punya masalah gatal2 ya….
    betul jg mungkin stress bisa mnyebabkan gatal2, tapi….
    untuk anak2 ku yg juga kena gatal2 gmana??? apa mereka jg STRESS…. ????
    apa mungkin ketularan ya…..
    hhhemmmmm…………. gataaaaaaaalllll………… GO TO THE HELL……………..

  28. aang says:

    di mana sih warung/ resto jual daging ular tsb (yg di mampang atau tempat lain di jakarta). mohon bantu…?

  29. endric diggory says:

    mungkin stress adalah alasan yang paling masuk akal.. aku kena gatal gatal semenjak aku harus cari duit buat bayar kuliah 2 tahun yang lalu… sampai sekarang gatal itu masih sangat mengganggu… sampai bingung mau pake obat apa lagi…. bolak-balik ke dokter ini… dokter itu… gak sembuh juga… gatal menyerang di lengan tangan dan kaki sampai belakang lutut… ,yang paling parah ialah di dua mata kaki… sampai merah dan berair, rasa gatalnya… iiihhhh,, minta ampun deh…
    kalo emang karna stresss… aju coba deh untuk menghindari stress.. tapi gimana caranya ya… aku masih harus kerja ubtuk biaya kuliahku…

  30. ruly says:

    Mungkin masalah eksim bisa diatasi dengan jamu tetes. Karena aku pakai juga. Diminum juga diteteskan. Namanya Soman. Untuk penyakit lain juga bisa kok. Aman tanpa efek samping. ^^

  31. lukas says:

    kalau ke dokter cuma sembuh sebentar dan mahal lg…saya bahkan sudah ke beberapa dokter kulit yg terkenal tetap aja cuma sembuh 1 minggu dan balik lagi eksimnya. saya menderita eksim di wajah hampir 6 tahun lamanya…saya coba pakai obat pi kang suang, obat salep yg kotak hijau dalam 2 hari eksom saya sudah sembuh dan tidak kambuh lagi.  obatnya murah cuma Rp 4500 di apotek dan toko obat china. pada awalnya sih saya ragu dengan obat semuruh ini tapi dah di coba hasilnya bagus banget…bahkan obatnya baru dipakai beberapa gram aja…semoga lekas sembuh ya…eksim memang menyebalkan apalagi di wajah yg dulu saya alami ini..

  32. rista young says:

    banyak solusinya dulu aku setahun :
    1. inerson
    2. alboltil
    3. obat walet
    4. kalpanax
    5. daktarin
    6. obat pk
    7. minum butowali

  33. Yunie says:

    Aku lagi terserang eksim nih,sayangnya ga bisa di sembuhin, karena ini sakit turunan..Kemarin browsing2 dapet obat yang lumayan ampuh untuk radang eksimnya..Sekarang tinggal pulihin kulitnya,obat gatalnya apa ya? ada yang tau?

  34. L says:

    bbrp thn yll saya juga gatal2/eksim di atas siku tangan. kata dokter emang jangan stress. tapi emang kalo stress kayaknya datang nggak diundang tapi tiba-tiba hasilnya ya gatal-gatal. terus dikasih salep sama dokter. dokter itu spesicalis kulit. prakteknya ada di deket terminal mikrolet kampung melayu (otista) satu tempat sama apotik abdi farma. nama dokternya lupa dan nggak tau masih buka praktek atau nggak krn dokternya udah tua. terakhir ke dokter spesialis itu sekitar 3 tahun yll . tapi kalo dicari dibuku telepon jakarta timur cari saja :dokter spesialis kulit yg alamatnya di otista. cuma 1 kali dateng dikasih salep dari dokter specialis itu, manjur banget. setelah itu sampe sekarang terimakasih Tuhan, gatal-gatalnya nggak ada lagi. kalo nggak salah dulu bayarnya cuma total sama saleb sekitar 40atau 50 ribu ? pokoknya nggak mahal banget deh.
    coba aja ke dokter spesialis itu. saya nggak ada hubungan apapun dengan dokter itu (baik hubungan bisnis atau pribadi; krn saya sekeluarga tinggal diluar indonesia). murni, saya nulis tulisan ini cuma buat membantu buat yang sedang kesulitan buat menangani eksim/gatal-gatal.
    salam.

  35. Cheester pasoepati says:

    Klo untuk eksim bisa minum jamu cobra 2x sehari insya Allah sembuh seperti saya..
    Jamu bisa di dapet dr tukang jamu gendong atau di depot jamu..

  36. husnul says:

    waduh gan, aku ini entah apa yang ada ditubuhku. Pokonya gatal gatal mulai dari perut, bokong, n paha bagian dalam n belakang. Aku malu banget gatal seperti ini. Setiap hari saya mesti pakai celana panjang n sarung, saya nggak berani memakai celana pendek karena takut akan kelihatan penyakit gatal saya. Apa ini yang namanya exim ya? katanya exim itu akibatnya karena stress? Tapi aku ngerasa juarang bnget stress. Ini alergi atau apa ya? Mohon dong gan dibantu, siapa aja. Trims.

  37. lila says:

    aku malu dengan muka yang merah udah ada 2 bulan ni,, apa obatny salep yang ampuh dok,, elox apakah baik

  38. Ummu Hilya says:

    Anak saya juga lagi kena gatal2. sudah dua bulan dan sudah berobat 4 kali. dan yang parah usia 6 bulan dan 3 tahun. saya juga ga tega lihat si bayi belum waktunya makan tapi dah minum obat. awalnya dikira alergi air. tapi setelah searching internet, kemungkinan scebies. dengan ciri2 satu keluarga kena. tapi mungkin kuga eksim? sebelumnya belum pernah kaya begini ini sudah masuk bulan ke 3. saya sedang mencoba salep pi kang shuang. Lumayan menperlihatkan hasil. Ya Allah sembuhkanlah penyakit gatal pada kami. AAAMIIIN. Allah memberikan informasi lewat teman saat ada acara pelatihan. semoga cepat hilang gatal2nya. tapi juga saya sedang introspeksi diri, berkenaan dengan penyakit hati. Ada hubungannya kah? ASTAGFIRULLAH Al Adzhiiim

  39. uwie says:

    Nama obatnya CTM . Ada di apotik atau warung2 obat … Manjurrr bgt

  40. keyaan says:

    Coba deh pake salep Apolar-N sama pake produk sebamed ( hydrating body lotion sm liquid foam body&face nya). Jd di bagian yg gatal diolesin aja, it works!

  41. aang kurnia says:

    exsim biasa dibarengi dengan asma.penyembuhan minum air putih sehari 3 liter,hindari makanan instan seperti mie,makanan yang diawetkan.pengobatan pakelah salp anti biotik sesuai anjuran minimal 4 jam sekali dioles nya,dengan cara diurut sampai masuk pori2 kulit.insya allah eksim akan sembuh dan asma pun akan hilang.asli gak bohong

  42. ikbal says:

    Dulu saya juga sempat terkena eksim di kaki bahkan sangat parah stiap hari mengeluarkan nanah dan gatal nya pun gak ketolongan saya sudah mencoba dengan saleb apa pun tetapi tidak mempan suatu hari ada yg menganjur kan memakan sate bekicot yg lebih di kenal keong racun,akhir nya aq mencoba nya dengan membuat sate bekicot dalam 3 hari aq memakan sate bekicot akhir nya smua eksim saya kering dan hilang total.

  43. jojo says:

    kira2 apa ya obat exim basah kambuhan,,,,pdhal dri kecil gak pernah kena,,,,baru 2 th sejak aku kerja jd mekanik…..sembuh….ntar 3 bln kambuh lg,,,,,pdhal aku dah jaga kebersihan badan dll….

  44. Raisa says:

    Wah, ternyata banyak juga ya yang kena eksim dan menderita gatal2 kayak saya T.T saya alergi panas dan sabun selain sabun bayi. tapi nggak tau sekarang kenapa malah kambuh lagi (dulu nggak gitu banyak) dan menyebar kemana2 padahal saya jarang panas2an dan pake sabun sembarangan. terus rajin kasi losion pula. dikasi obat inerson sama aja, tetep kambuh lagi.
    dibilang karena stress ya bisa jadi. penyakitnya ini aja bikin stress, gimana mau bebas stress. tapi saran saya, meski rasanya asyik, tapi jangan pernah menggaruknya karena bisa bikin eksim makin parah. kalo ada yang tau salep lain yang lebih ampuh (atau obat lain) yang bisa ngilangin/meredakan eksim, tolong infonya ya.
    penyakit ini mengganggu penampilan sekali! T.T khususnya buat para cewek.

    salam, Raisa.

  45. imas says:

    saya lgy hamil 2 bln,sya kena exim di bagian slangkangan…biyasany sih pake salep pi kang shuang…n cocok.tpi skrng sya lgy hamil.sya takut ngefek pd janin saya…apa yg harus sya lakukan.apakah pi kang shuang aman buat ibu hamil?

  46. syamsudin says:

    kalau memang memang salah satu pencetus penyakit tsb dari diabetes.
    bagaimana kira2 kita perbanyak makan makanan yg agak pahit2

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10