Gejala Asam Urat untuk Diwaspadai

Gejala asam urat sangat penting untuk dikenali karena penyakit ini sangat rentan terjadi kepada siapa saja. Asam urat adalah jenis penyakit yang sangat mengganggu bagi penderitanya karena menyebabkan nyeri di persendian yang bisa menyebabkan terhambatnya aktifitas. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali gejala asam urat agar tindakan pencegahan terhadap penyakit ini dapat segera dilakukan.

Gejala asam urat yang harus anda waspadai antara lain adalah meningkatnya kadar purin dalam tubuh baik yang berasal dari makanan dan yang berasal dari metabolisme. Gejala asam urat dapat dilihat juga dari segi fisik. Gejala asam urat pertama yang harus diwaspadai adalah munculnya nyeri yang hebat yang dirasakan penderita pada satu atau beberapa sendi. Hal ini dikarenakan asam urat yang berlebihan dalam tubuh menumpuk dalam persendian yang menyebabkan nyeri yang biasanya tidak tertahankan.

Gejala asam urat berupa nyeri pada persendian ini biasanya memburuk pada malam hari. Sendi yang mengandung asam urat tinggi akan membengkak dan melepuh jika kadar asam sudah sangat tinggi. Gejala asam urat ini tampakĀ  juga dari kulit di daerah persendian yang terasa nyeri tersebut. Kulit akan tampak merah bahkan dalam kondisi yang parah akan berubah menjadi merah keunguan. Gejala asam urat juga mudah dikenali dari peningkatan suhu di kulit yang terasa nyeri. Kulit akan terasa panas dan terlihat mengkilat serta mengencang. Jika tersentuh, bagian yang bengkak ini akan terasa sangat sakit.

gejala-asam-uratSendi yang sering mengalami gangguan asam urat adalah sendi di bagian pangkal ibu jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan pergelangan tangan. Gejala asam urat berupa nyeri di persendian ini terjadi karena kristalisasi asam urat yang terbentuk dalam sendi-sendi perifer. Hal ini dikarenakan daerah persendian tersebut lebih dingin daripada di pusat tubuh. Dalam suhu yang dingin urat cenderung membeku. Gejala asam urat yang lain yang bisa terjadi akibat kristalisasi dalam persendian ini adalah rasa kesemutan yang sangat parah.

Selain itu, gejala asam urat juga bisa terlihat dari keadaan tubuh tidak sehat seperti demam, menggigil, dan rasa tidak enak badan. Gejala asam urat lain seperti denyut jantung yang sangat cepat bisa juga terjadi. Gejala asam urat umumnya akan muncul pada usia pertengahan untuk pria, sedangkan pada wanita gejala asam urat akan mulai muncul setelah menopause. Serangan asam urat berupa gejala awal yang terasa pada persendian biasanya akan berlangsung selama beberapa hari dan kemudian menghilang sampai dengan serangan berikutnya. Gejala asam urat harus benar-benar diwaspadai untuk menghindari serangan asam urat yang lebih parah.

Comments

  1. Cherri juga bisa menurunkan kadar asam urat, lho. Sebuah penelitian menemukan bahwa makan 2 porsi Cherri setelah makan malam dapat menurunkan kadar plasma urat. Silakan berkunjung…

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10