Klinik Gigi

Asistenku lagi sakit gigi, kalau ke drg biasa mahal atau sebaiknya ke puskesmas saja?

klinik gigiTanya:

Selamat pagi, Bu, asistenku di rumah sekarang ini lagi sakit gigi. Nah, aku bingung mau bawa dia kemana, soalnya kalau ke dokter gigi biasa mahal dan perlu berulang-ulang kontrolnya. Kemarin sudah ke puskesmas, tapi anehnya mereka bilang begini; coba suruh orang tuamu atau siapa saja datang ke sini untuk menandatangani surat pernyataan dulu, soalnya pernah ada kasus pasien yang meninggal setelah dicabut giginya dan keluarganya menggugat, nah lho! jadi ngeri dan bingung sendiri. Ada yang bisa kasih info dimana klinik gigi yang reasonable? Posisiku di Jatiwaringin. Kalau di rumah sakit dimana ya atau ada yang pernah ke ladogi yang di Bendungan Hilir? [IT]

Jawab:

Aku punya dokter gigi (orthodontist) yang tinggal di komp. AU Jatiwaringin, orangnya baik dan sabar [Rsm]

Mungkin bisa dibawa ke klinik gigi UI yang di kampus Salemba. Mereka juga buka praktek untuk umum dengan harga yang cukup murah. Sebenarnya puskesmas mestinya bisa bantu, tapi kok ngeri begitu ya? Semoga membantu [Arn]

Puskesmas itu tingkatannya ada macam-macam, Ada juga puskesmas yang lengkap, seperti kalau di dekat rumahku ada puskesmas Jatiasih. Disitu bahkan ada dokter mata, laboratorium, dokter gigi yang melayani pengobatan syaraf gigi, pelayanan KB dan lain sebagainya. Yang hebat juga, disitu ada pelayanan terpadu pengobatan TBC. Aku tahunya waktu mengantar asistenku dulu yang kerjanya sakit melulu. Sampai bu dokternya hafal dan sering mengobrol. Nah tanya saja, puskesmas yang kamu datangi itu, menginduknya kemana. Datang deh ke puskesmas induknya [Vt]

Benar mBak Vt, Puskesmas itu ada tingkatannya, yang tingkat kecamatan biasanya lumayan lengkap dengan laboratorium dan aneka poloklinik. Tenaga medisnya juga lumayan banyak, karena selain dokter tetap, juga ada calon dokter dan siswa sekolah perawat yang harus belajar manajemen ke-puskesmas-an. Sebenarnya Puskesmas tempat mbak Ita yang minta surat pernyataan itu tidak bisa dibilang benar ya, karena pasien itu bukan kambing percobaan, yang kalau mati ya tidak apa-apa. Kalau tidak salah kasus anak yang meninggal setelah cabut gigi itu adalah kasus malpraktek, karena dokternya tidak mengetes pasien apakah alergi terhadap obat tertentu. Nilai plusnya puskesmas juga, sekarang dibebaskan dari segala macam biaya, mulai dari biaya pendaftaran, biaya periksa sampai ke biaya obat. Gratis lho(Alhamdulillah), jadi kedepannya diharapkan tidak ada lagi kasus warga meninggal karena tidak ada biaya berobat. Di Puskesmas dekat rumahku, tiap kita kesana ditanya dulu mau gratis atau membayar, kalau kita pilih membayar nanti beli obatnya di koperasi (ini juga sangat murah). Para pegawainya juga sangat ramah, dan hafal dengan para pasien meskipun kita jarang sekali datang. Kemajuan ini katanya karena ada pengalihan dari pencabutan subsidi BBM. Yah, kalau semua fasilitas umum bisa digratiskan atau dimurahkan seperti ini, senangnya jadi warga negara Indonesia [An]

Kemarin asistenku juga sakit gigi akhirnya dia kuminta ke dokter gigi dekat rumah, di apotik sehati dekat dengan perumahan permata timur,enak dokternya, tidak bolak balik. Coba saja, dekat dengan permata timur? semoga membantu [Dew]

Bu, setelah tanya sana-sini dan masukan dari ibu, akhirnya Sabtu siang kemarin aku ke RS Duren Sawit (kalau tidak salah itu RSUD ya). Tapi ternyata cuma buka sampai jam 10 saja jadi aku cuma tanya-tanya ke bagian informasi. Jam buka Senin-Kamis jam 08-11, Jum’at & Sabtu jam 08-10. Pertamakali datang cuma bayar Rp 20.000,- untuk pemeriksaan awal. Pemeriksaan berikutnya kalau ada tindakan cabut biayanya antara Rp 40.000,- – Rp 80.000,- tergantung berat ringannya. Disitu juga ada alat kalau perlu operasi gigi juga jadi kalau agak berat tidak perlu ke tempat lain. Terus mereka tanya, apa aku sudah coba ke Puskesmas .. aku sampaikan ke mereka masalahnya dan mereka kaget juga ada persyaratan seperti itu karena mereka tidak pernah membuat aturan seperti itu [IT]

17-10-2006 01:46:07

Comments

  1. Dok mau tanya, selain ilmu dan gelar, perbedaan drg sp. Orho itu apa? Apakah yg bergelar sp. Ortho sll lebih baik dlm memasang behel. Soalnya saya mw pasang behel, kata drg tanpa titel sp.ortho, katanya semua praktek intinya, masuk akal sih. Tp mnrt dokter gmn? Apa titel sp. Ortho bener2 berpengaruh sekali?

  2. Curhat nih,
    saya pemakai kawat gigi hampir 2thn, lalu skrg mau di lepas krn sdh selesai tapi sy krg puas krn gigi ats & bwah msih terlalu maju padahal ruang sdh tdk ada. lalu disepakati antara sy & dktr gigi utk mencabut gigi sy lgi sbnyak 2(dua) yaitu geraham atas. jumlah gigi atas (bila) sdh dicabut tinggal 12 gigi.
    apakah seperti itu normal?
    apakah ada efek buruknya bagi pengunyahan?
    dan pengaruhnya apa untk kesehatan sya? mohon dijawab ya. terimakasih. :-)

    (NB:umur saya 20thn)

  3. klo buat pasang behel atau kawat gigi murah juga ga ya?makasi

  4. permisi mau tanya, gigi atas belaiang ku bolong, tidak rata, besar kecilnya pun berbeda, apa yang akan di lakukan pada gigi yang seperti ini, berapa biaya yang akan saya bayar ?
    terimakasih

  5. Bisa mnta informasi yg bisa dihubungi mengenai klinik gigi UI?
    Thx

  6. kebetulan saya drg saya bekerja di puskesmas dan memiliki praktek pribadi. saya coba membaca posting diatas mengenai tanda tangan form khusus takut meninggal krn cabut gigi dll ada sebenarnya yang dimaksud informed concent atau dikatakan lembar persetujuan untuk tindakan medis. apabila ybs dibawah umur memang diperlukan ttd ortu atau wali sebagai tanda persetujuannya. kalo ini assten rt kita dalam hal ini adalah anda yg ttd krn asisten adl tanggungan anda. dan itu (lembaran persetujuan) sah, legal dan ada aturan bakunya karena tindakan cabut gigi adalah pada dasarnya masuk katagori minor surgery.. bedah minor atau kecil tetapi setiap tindakan medis mengandung efem tertentu. dgn adanya lembar ini melindungi pasien maupun drg selaku operator, mungkin drg yg dipuskesmas anda menyampaikannya dengan nada yg sedikit mengerikan tetapi sebenarnya betul hanya karena komunikasi yg kuranf lancar saja. karena maklum pasien menumpuk dan penuh keterbatasan fasilitas sehingga sering terjadi kesalah pahaman. hendaknya hal ini dipahami semua pihak. tq

  7. Dok , mau tanya biaya tambal dan cabut gigi di puskesmas jatiasih berapa ya ? Thank you , mohon replay nya yaaaaa :) malam

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10