Kolesterol

Untuk penderita kolesterol itu apa saja pantangannya ya?

kolesterolTanya:

Tanya ya bu, kalau untuk penderita kolesterol itu apa saja ya pantangannya? Maksudku selain daging atau makanan yang berlemak, apa lagi yang tidak boleh dimakan oleh penderita kolesterol. Sejauh ini aku hanya minum jus seledri, tomat, wortel dan timun. Selain itu makanan apa lagi ya yang bisa menurunkan kolesterolku? [SB]

Jawab:

Makan goreng-gorengan bu, contohnya seperti bakwan, tahu, cireng dan sejenisnya. Apalagi gorengan yang dijual oleh abang-abang itu menggunakan minyak yang sudah berulang-ulang dipakai sehingga sudah berubah warna menjadi hitam. Kemudian makanan bersantan seperti ketupat sayur atau kue-kue manis yang menggunakan santan. Juga cake karena pembuatannya menggunakan telur dan mentega, contohnya seperti lapis legit. Sebaiknya buat agar-agar yang bening, tanpa santan dan sedikit gula. Tambahkan potongan buah-buahan segar (pepaya, anggur, nanas) baik untuk camilan karena tinggi serat dan rendah lemak. Daging boleh dikonsumsi tapi yang bersih dari lemak, dan minim bumbu misalnya daging tumis atau daging steak. Sebaiknya mengkonsumsi ikan di pepes atau ikan dikukus/dipindang. Kalau rendang sebaiknya jangan dikonsumsi, apalagi masakan Padang karena tinggi kolesterol karena penuh dengan santan dan berbumbu. Lebih baik memilih jenis makanan seperti urab, ikan pepes atau tahu pepes atau kira-kira makanan yang sejenis itu [DN]

Sepertinya melon juga menurunkan kolesterol mbak, kalau yang tradisional bisa dicoba air rebusan daun salam mbak, setiap hari diminum 3 kali [YN]

Mbak, mau sharing juga. Aku mengalami hal yang sama seperti yang mbak alami kira-kira setahun yang lalu. Tiba-tiba kolesterolku tinggi. Terus memang harus pantang beberapa makanan sampai sekarang daftar makanan masih menempel di dapur, supaya ingat terus. Isinya tentang makanan yang boleh dimakan, yang sekali-sekali boleh dimakan, yang harus lebih hati-hati apabila dimakan serta yang pantang sama sekali untuk dimakan bagi penderita kolesterol. Di rumah aku punya pohon makutadewa, jadi kalau kebetulan sedang berbuah aku minum rebusan air makutadewa. Alhamdulillah turun. Apalagi kalo makan cumi-cumi langsung cenut-cenut (??) bagian punggung atas atau bawah leher. Tapi kalau malam minum air rebusan makutadewa itu paginya langsung segar. [AT]

Bu, informasi di bawah ini saya dapatkan dari sumber lain:
Makanan yang banyak kolesterol yaitu antara kuning telur, organ hewan (jerohan seperti hati, otak, ginjal, usus, jantung), daging , ayam, itik, udang, makanan laut lainnya, produk susu penuh lemak, santan, dan makanan goreng-gorengan.

Untuk mengurangi kolesterol antara lain :
1. Jaga berat badan. Bila berat badan berlebihan, olahraga secara teratur.
2. Kurangi makan makanan berlemak (terutama lemak hewani), pilih daging tanpa lemak, ayam dan itik tanpa kulit, mengkonsumsi dalam porsi yang sedang.
3. Pilih produk makanan dan minuman (seperti susu) tanpa lemak atau rendah lemak.
4. Batasi penggunaan mentega, margarin, keju dan minyak goreng dari kelapa atau kelapa sawit (sebaliknya gunakan minyak dari bunga matahari, kedelai, kanola atau minyak zaitun).
5. Kurangi makan coklat dan ice cream, kurangi makan telur, udang, kepiting, hindari makan jerohan.
6. Ganti makanan yang digoreng dengan cara dikukus misalnya.
7. Kurangi masakan bersantan (cukup sekali seminggu)
8. Perbanyak makan buah dan sayuran, makanan yang mengandung serat, biji-bijian dan kacang-kacangan.
9. Kurangi alkohol, garam dan makanan bergula

Bahan alami yang konon katanya bisa untuk menurunkan kolesterol antara lain:
1. Seledri (satu batang seledri direbus dengan 1 gelas air minum, hingga mendidih, dinginkan, minum. Lakukan 1 x sehari)
2. Bawang putih (2 siung atau 4 gr bawang putih, dikunyah hingga halus baru ditelan, trus minum air hangat, lakukan 3x sehari)
3. daun bawang prei
4. temulawak
5. belimbing wuluh
6. kunyit
7. teh hijau

Catatan: Tubuh tetap membutuhkan sejumlah kecil kolesterol untuk membuat vitamin D, membentuk hormon, membangun dinding sel, mencerna lemak dan proses metabolisme lainnya [AED]

Mbak, kalau mertuaku pantang makanan yang digoreng, jadi semuanya adalah makanan yang direbus atau dikukus. Tidak mengkonsumsi coklat, seafood, masakan yang bersantan serta mengurangi kacang-kacangan dan telur dipilih yang Omega 3. Setiap hari suka makan labu kecil-kecil dikukus. Alhamdulillah kolesterolnya jadi normal [RM]

Bapakku juga dulu pernah kena kolesterol sampai tinggi. Dokternya menganjurkan untuk berolah raga setiap hari, jalan kaki juga sudah cukup, yang penting harus gerak. Kalau mau senam juga boleh. Selain itu mengkonsumsi bawang putih, tapi apabila tidak tahan sama bawang putih asli bisa minum bawang putih yang sudah jadi kapsul. Banyak dijual di apotik [RN]

16-01-2006 23:06:50

Comments

  1. arienta says:

    iya serem ya kita harus jaga makanan apalgi kl makanan terlalu manis juga menyebabkan diabetes …penyakit itu bisa menyerang pada segala umur tdk terkecuali pada anak anak….

  2. Sekarang bukan hanya orang tua saja yg bisa kena kolestrol, anak muda bahkan anak kecil aja bisa. Harus jaga pola makan, hindari gorengan, makanan cepat saji, makanan yg mengandung zat gula tambahan

  3. yuanita says:

    Kolestrol skrg ini sudah menjadi penyakit pasaran yah…selain hindari makanan yg disebutkan diatas jg harus rajin berolahraga…Jangan sampe uda kolestrol, eh datang jg penyakit seperti obesitas yg kemudian sebabkan diabetes, sakit jantung.

  4. Terima kasih ibu buat artikelnya.
    Aku jadi lebih tau bahaya kolesterol. dan parahnya kolesterol juga gak cuma menjangkiti orang dewasa yah.
    Anak kecil yagn masih lucu dan aktif juga bisa terkena. memang kita mesti mengurangi makananyang berlemak tinggi yah. supaya gak obesitas juga ya bunda

  5. halo ibu, artikelnya menarik yah…
    artikel ibu juga sangat berguna buat para balita yang sangat suka makanan manis yang ternyata juga mengakibatkan obesitas yah.
    setelah membaca artikel ini aku makin mengerti makanan apa ajah yang tidak boleh terlalu banyak.
    Terima kasih ibu

  6. Halow ibu, makasih buat info nya..Mantabs banget euy
    aku sangat setuju dengan mengurangi makanan berlemak juga harus rajin olah raga.
    Karena obesitas sumber segala penyakit.
    Rasa2nya obesitas itu serpti magnet deh. penyakit apapun pasti ditarik..
    Lebih baik mencegah yah ibu, supaya gak menyesal dikemudian hari. apalagi untuk anak kita deh

  7. kolesterol tinggi juga biasa dikaitkan dengan orang yang obesitas.. oleh karena itu bagi orangtua yg memiliki anak yg gemuk/obesitas,harus lebih menjaga kesehatan anaknya dengan memperbanyak makanan yg berserat,minum air putih dan berolahraga secara rutin..

  8. orang yang badannya kurus pun bisa terkena sakit kolesterol karena pola makan yang buruk.. apalagi yang obesitas..bagi yang obesitas,selain harus bisa mengurangi berat badannya,dia juga harus benar2 menjaga asupan makanannya..khususnya menjaga diri agar tidak makan/minum yang mengandung added sugar..

  9. kebiasaan makan yang kurang baik dan kurangnya aktifitas fisik dapat menyebabkan obesitas..dan jika sudah menderita obesitas,maka akan dapat terjangkit penyakit kolesterol, diabetes,jantung..
    obesitas pada anak dapat mempercepat terjadinya penyakit2 tersebut..oleh karena itu,kita harus mengajarkan anak kita untuk rutin mengkonsumsi sayur,buah..banyak minum air putih dan memperbanyak aktifitas di luar ruangan..

  10. linda tsuji says:

    paling tidak kita harus rajin berolah raga untuk membakar kalori yang berlebihan didalam tubuh kita..dan sisanya mengatur pola makan sejak dini..

  11. riany anche says:

    mengatur pola makan sejak dini itu khan hal yang bagus, tidak perlu menunggu kita sampai menjadi penderita kolesterol dulu baru mulai mengatur pola makan sehat..dan juga berolah raga itu juga penting untuk mendukung menjadikan hidup yang lebih sehat lagi..

  12. artikelnya juga bisa nih buat yang kegemukan.. he2.. :D
    thx udah di share.. :D

  13. Kemudian makanan bersantan seperti ketupat sayur atau kue-kue manis yang menggunakan santan. Juga cake karena pembuatannya menggunakan telur dan mentega, contohnya seperti lapis legit >> ternyata sama aja yah.. yang obes sama yang diabet juga gak boleh nih makan2 yg kaya gini.. he2

  14. linda tsuji says:

    wah..bagus bgd nih artikelnya bisa buat nambah pengetahuan aku..kalau menurutku sih olah raga adalah salah satu cara yang ampuh untuk membakar kalori agar didalam tubuh kita tdk kelebihan kalori..dan juga cara yang ampuh untuk menyehatkan badan.

  15. hati2 kolesterol menyerang anak2 ya bu… perhatikan asupan makanannya sehari2 karena bisa menyebabkan obesitas dan penyakit lainnya…

  16. kalo saya sih sebisa mungkin gak biasain anak dan suami makan makanan berkolesterol. karena saya jaga berat badan keluarga. ngeri buuu kena penyakit ini itu dijaman sekarang apalagi anak2 kalo sampe sakit duuuhhh sedih deh…

  17. bener bunda, terutama anak2 yg masih dlm masa pertumbuhan dan tubuhnya masih sensitif hati2 dengan berat badannya. jangan sampai obesitas yg akhirnya bisa menyebabkan penyakit2 lainnya seperti diabetes, darah tinggi dan jantung.

  18. arienta says:

    jadi kita harus hati hati ya mengkonsumsi makanan apalagi thd anak anak kita krn penyakit orang dewasa spt diabetes dll bisa dialami anak anak jg

  19. duhhh jagi hati hati milih makanan krn apa yg kita makan pasti anak kita mau juga ya ….kasihan anak kita kl masih kecil udh kena kolesterol atau mengalami kegemukan krn makanan yg tdk sehat

  20. Nara regina says:

    Owww..penyebab kolesterol ternyata banyak yah?
    kalau anak kecil tuh bisa gak kena juga gak sih bun? kan makanan jaman sekarang banyak yang gak sehat…dari minyak, MSG sampai gula…
    Nah yang terakhir itu..anak kecil kan suka sekali manis…gimana caranya supaya gak berlebihan yah?

  21. wah makanan bergula juga bisa sebabkan kolestrol yah, padahal anak2 kan suka bgt ama makanan manis, harus dikurangi klo gt

  22. Susu selain yg rendah lemak juga harus yg rendah gula, kan gula tambahan juga bisa bisa sebabkan kolestrol…

  23. makan buah2an emang da paling aman & alami, manisnya sehat, segarnya sehat. Drpada ngemil2 makanan lain yg banyak mengandung gula tambahan mending makan buah deh.

  24. bunda agni says:

    wah ternyata banyak juga ya pantangan untuk menjaga supaya ga kolesterol…..klo untuk anak kecil supaya ga obesitas gimana caranya dong? apalagi anakku makannya banyak dan doyan sekali sama susu

  25. mama ayu says:

    dengan mengurangi makan dan minuman yg mengandung gula dan lemak bisa mengurangi bahkan mencegah kolesterol…..juga melakukan olahraga secara rutin

  26. waduh..
    serem juga yah kolesterol…
    makan apa2 jadi was2… mungkin dari kecil dah salah pola makan kali tuh?

  27. cynthia says:

    iya banyak banget penyakit sekarang ini jd dr kecil saya selalu menjaga pola makan anak saya dr kecil

  28. kolesterol diabetes itu penyakit yg anak anak juga bisa kena ya penyakit itu semua krn dr obesitas dan kebanyakan makan yg berlemak dan juga makanan itu mengandung tambhan gula yg berlebih maka dr itu kita hrs bisa menjaga pola makan yg benar ya

  29. susande says:

    kalo naka nak ada ga sie susu nya yg ga berlalmak aga r ga kena kolesterol atau susu nya ga terlalu manis yg mencegah diabetes gt ? serem juga ya

  30. kolesterol…. duh.. ini penyakit kayanya dah mendunia banget dikalanangan orang2 yg dah berumur yah… sama kaya penyakit obesitas nih.,. intinya sih dari pola makan, sama apa yang masuk ke badan kita..

  31. baby indria putri says:

    kayanya banyak deh ya anak2 sekarang yang udah kena struk akibat kolesterol..itu akibat dari pola makan yang ga sehat, contohnya terlalu banyak dan sering makan goreng2an dan makan2an yang banyak mengandung lemak..itu cepat sekali memacu anak untuk terkena kolesterol..

  32. sitti nabilla says:

    waaaoooowwww….banyak juga yah makanan pemacu kolesterol..harus pintar2 jaga diri nih dalam memilih makanan, termasuk juga mengurangi makan yang manis2 agar ga terkena diabetes

  33. anissa zhafira says:

    wahhh..memang susah ya kalau mau hidup sehat, banyak banget pantangannya.. ga mau kolesterol ga boleh makan ini itu sama saja dengan ga mau obesitas dan diabetes, ga boleh juga banyak makan yang manis2 ya bun apalagi untuk anak2 kita karena sekarang penyakit itu ga pandang bulu siapa saja bisa kena termasuk juga anak kecil

  34. agar sehat saat dewasa,menjaga pola makan harus dimulai dari kecil..jadi orangtua harus membiasakan anak mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna dari sejak anak masih kecil..dengan memperbanyak serat dan membatasi konsumsi gula bisa menghindarkan anak dari berbagai macam penyakit yang berbahaya..

  35. kolesterol bisa timbul karena obesitas..begitu pula dengan diabetes..
    jadi bila tidak ingin terkena penyakit2 yang serius lebih baik menjaga kesehatan tubuh dengan menjaga agar tidak sampai obesitas..
    obesitas pun bisa terjadi pada balita,jadi sebaiknya dari balita sudah harus dijaga asupan gizinya agar tidak sampai berlebih..karena anak yang obesitas biasanya akan obesitas juga saat dewasa..

  36. di artikel diatas disebutkan bahwa untuk menjaga agar tidak sampai kolesterol meningkat,berat badan harus dijaga..
    dan hal ini harus diperhatikan dari saat masih kecil..karena banyak anak yang kecilnya obesitas jadi obesitas juga di saat dewasa..
    agar anak tidak sampai obesitas dari kecil,biasakan membatasi konsumsi gula anak..

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10