Manfaat Jagung

Manfaat Jagung untuk Memenuhi Nutrisi & Sebagai Obat

Jagung telah menjadi salah satu makanan kita sehari – hari tapi kebanyakan dari kita tidak mengetahui Manfaat Jagung yang sangat luar biasa. Selain rasanya yang enak, jagung juga kaya akan nutrisi dan dapat mengobati berbagai macam penyakit. Berikut informasi seputar Manfaat Jagung.

  • Manfaat Jagung untuk Memenuhi Nutrisi

Manfaat Jagung yang utama adalah sebagai sumber kalori. Kita dapat mendapat 342 kalori dengan mengkonsumsi 100g gram jagung. Selain itu, Manfaat Jagung lainnya adalah sebagai sumber vitamin B konstituen; thiamin dan niasin. Niasin dapat mencegah penyakit pellagra dengan gejalanya seperti demensia, diare, dan dermatitis.Bagi inu hamil, Manfaat Jagung juga sangat penting karena kandungan asam folatnya yang cukup tinggi untuk mencegah cacat saraf dan kurang berat badan pada janin.

Selain itu, jagung juga kaya akan beta karoten yang bertugas membentuk vitamin A. Berbagai kandungan vitamin lainnya serta antioksidannya yang tinggi juga memberikan Manfaat Jagung untuk menjaga kesehatan kulit serta mencegah dan mengobati kanker. Kandungan vitamin B12 nya dapat membantu mencegah anemia. Berbagai macam mineral seperti besi, magnesium, mangan, fosfor, selenium, tembaga, dan seng juga merupakan kandungan lain dari jagung yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Jadi, Manfaat Jagung bisa untuk mengganti nasi dan juga memenuhi nutrisi penting bagi tubuh.

  • Manfaat Jagung sebagai Salah Satu Obat Traditional

Manfaat Jagung sebagai obat traditional yang pertama adalah untuk meringankan gangguan pencernaan seperti sembelit atau konstipasi. Kandungan seratnya yang cukup tinggi dapat membantu melancarkan pencernaan, mengurangi gangguan wasir, serta mengurangi ancaman penyakit kanker usus yang diderita oleh mereka yang sering mengalami gangguan pencernaan.

Selanjutnya Manfaat Jagung juga dapat menurunkan kolesterol LDL. Mengganti minyak goreng dengan minyak jagung dapat membantu menurunkan dan mencegah penyerapan kolesterol secara efektif (berdasarkan informasi dari Journal of Nutritional Biochemistry). Selain itu, jagung juga dapat menjadi sumber kalori bernutrisi tinggi bagi mereka yang menderita diabetes. Manfaat Jagung bagi penderita diabetes adalah untuk memberikan nutrisi yang cukup tanpa meningkatkan gula darah. Mereka yang menderita hipertensi juga dapat merasakan Manfaat Jagung yang sangat baik. Kandungan phytochemical fenoliknya sangat baik untuk melawan hipertensi.

Dengan Manfaat Jagung yang sangat baik bagi kesehatan, penting bagi kita untuk mengkonsumsi lebih banyak jagung sebagai menu sehari. Jagung dapat diolah menjadi berbagai makanan lezat, jus, susu jagung, atau bahkan sebagai pengganti nasi. Oleh karena itu, konsumsilah lebih banyak dan rasakan Manfaat Jagung yang sangat menyehatkan.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10