Mata Anak Cylinder

Anakku, usia 4,3 tahun matanya dinyatakan cylinder. Sebaiknya aku bagaimana yaa..selain anakku masih kecil sekali dan aktif, usaha apakah kiranya agar cylinder tidak bertambah?

anak mata cylinderTanya:

Ibu, Aku mohon sharingnya, terutama bagi ibu yang punya anak mata cylinder atau ibu sendiri yang matanya cylinder. Anakku 4,3 tahun tadi siang diperiksa dr. Lumongga, dari hasil pemeriksaan ternyata anakku cylinder 1,25 (-0.75) dan 1,75. Cukup tinggi dan dokter menyarankan untuk segera pakai kacamata, cuma aku tuh berat sekali mau membelikannya, kebayang anakku yang pecicilan harus pakai kacamata. Menurut ibu semua bagaimana ya? apakah kacamata tersebut harus segera dipakai? atau bisa ditunda? Kalau ditunda ada efek sampingnya tidak ya? Terus apa usaha agar cylindernya tidak bertambah? Terima kasih ya [Yn]

Jawab:

Aku malah ingin tanya, kenapa tiba-tiba periksa anakmu? Ada pemicunya? Maksudku apakah karena anakmu mengadu tidak jelas kalau lihat atau apa? Soalnya anakku kalau menonton TV dari dekat sekali [Dl]

Mbak, tinggi sekali cylindernya secara umurnya baru 4,3 tahun kasihan ya mbak kalau harus pakai kacamata, tapi tidak apa-apa sepertinya mbak, di Playgroup anakku juga ada yang berkacamata, tapi memang anaknya tidak pecicilan. Aku mau berbagi saja, kebetulan kacamataku ada cylindernya, kanan kiri sama cylinder 2. Kalau mata ada cylindernya ini, sependek pengetahuanku, kalau melihat object itu jadi kabur, contoh kasus aku yang kalau tidak pakai kacamata, orang cengar-cengir sama aku jarak 5 meter aku tidak akan lihat, lebih parah lagi kadang-kadang aku tidak bisa lihat orang itu punya mata atau tidak kalau kacamataku kulepas, jadi kashian juga Mbak kalau misalnya anak mbak harus mengalami “penderitaan” tidak melihat dengan jelas, apalagi sedang dalam usia senang-senangnya main. Kalau menurutku pakaikan saja mbak, sambil cari cara bagaimana supaya turun cylindernya, kalau aku tidak pernah berusaha, karena ketahuan ada cylinder juga waktu SMA kelas III, secara makan wortel segerobak juga sudah tidak berpengaruh, aku tidak tahu bagaimana caranya supaya mata cylinder tidak bertambah, mata cylinderku dari SMA sampai sekarang cuma nambah 0,25 (+/-10 thn), aku tidak pernah usaha apa-apa untuk mencegah pertambahan mata cylinderku ini, maaf kalau tidak membantu ya [Wln]

Dl, anakku aku periksa karena aku curiga saja, karena kalau melihat TV dan main computer maunya dari dekat, susah sekali disuruh mundur. Iseng aku minta dia menyebutkan angka di kalender, eh ternyata kalau dari jarak tertentu dia mengarang-ngarang. Coba saja test begitu  dulu, kalau dia bisa menyebutkan dengan benar berarti matanya normal. Menurut dr. Lumongga sebenarnya mata silinder tersebut bawaan dari lahir, jadi nonton TV dekat, main komputer dekat bukan pemicu mata minus atau silinder. Dari Nabil sendiri tidak pernah mengeluh matanya tidak jelas atau apa, faktor keturunan juga bisa [Yn]

Mbak anakmu senasib sama anakku 6,5 tahun. Waktu pertama diajak periksa karena gurunya yang bilang kalau lihat white board di sekolah suka agak memincingkan mata. Benar saja waktu periksa ke RS Borromeus (aku tinggal di Bandung) di”vonis” mata kanan kiri -0,5 dan masing-masing juga cylindris 1,5. Papanya sempat tidak terima mungkin dokternya salah. Sampai kemudian kita cari second opinion, diperiksa ke klinik lain. Tapi ya tetap saja ternyata. Saya sempat sedih juga, kasihan masih kecil sudah berkacamata tapi mau bagaimana juga Mama dan Papanya juga berkacamata. Dulu waktu saya hamil sempat tanya-tanya juga sama DSOG, kemungkinan nanti anak dapat “warisan” berkacamata kata DSOG kemungkinan besar iya. Akhirnya kami belikan kacamatanya Papanya masih suka sedih kalau lihat anakku pakai kacamata. Aku sudah berusaha menerima tapi anehnya anakku kok senang sekali ya, waktu di optiknya .. dia semangat pilih sendiri setelah selesai kacamatanya anakku berkomentar; Mah gambarnya jadi kelihatan (waktu itu aku tunjukkan ada gambar di optik). Kata dokternya seharusnya kacamatanya selalu dipakai (kecuali mandi dan tidur) Tapi sekarang aku perhatikan anakku hanya pakai kalau disekolah setiap ada pelajaran menulis plus kalau dirumah tiap dia mengerjakan PR. Mungkin ada baiknya Mbak segera membelikan kacamata buat anak mbak. Ada teman kantor saya yang anaknya juga berkacamata sejak kecil (kelas 3 SD – kalau tidak salah) – pertama berkacamata sylindris juga sekarang anaknya sudah SMP – menurut teman saya itu rajin saja kontrol ke dokter mata 6 bulan sekali. Katanya sylindris anaknya juga sedikit demi sedikit berkurang. Waktu itu suami saya sempat cari-cari informasi LASIK Sangking tidak terimanya kalau anaknya harus berkacamata. Katanya kalau LASIK minimum usianya 18 thn [LM]

Mbak, ponakan aku pakai kacamata dari TK. cylindris juga. Kalau tidak pakai kacamata, dia tidak bisa lihat tulisan dipapan tulis maupun dibuku. Kasihan, makanya dengan terpaksa sama kakak aku dipakaikan kacamata. Dan setiap 6 bulan dan jika ada keluhan ke dokter mata [Dw]

Kalau berdasarkan pengalamanku yang punya mata cylindris. Sebaiknya anaknya dipakaikan saja kacamata. Ini untuk membantu dia dalam penglihatan. Karena mata Cylindris ini dalam melihat sebuah benda fokusnya bisa bergeser. Kasihan kalau dia sudah cylindris yang lumayan tinggi begitu tidak dipakaikan kacamata. Kepalanya bisa pusing mbak. Dengan bantuan kacamata dia bisa melihat dengan baik. Dengan segera dia dipakaikan kacamata, itu membantu agar cylindrisnya tidak bertambah parah mbak. Soalnya kalau ditunda pakai kacamata, matanya dipaksa untuk melihat suatu fokus dan hasilnya malah dia akan jadi tambah parah. Pengalamanku malah sejak rajin pakai kacamata dan tidak dilepas-lepas, cylindrisku bisa berkurang. Memang menurut beberapa ahli cylindris itu agak susah berkurangnya. Sekarang model kacamata anak-anak bermacam-macam Banyak yang bahannya ringan, agar dia tidak kerepotan dengan kacamatanya dalam bergerak sehari-hari. Moga-moga membantu ya [Nz]

Mbak, anakku yg pertama sudah harus pakai kacamata sejak dia umur 4 tahun. Awalnya ibu gurunya telpon ke aku bilang kalau di kelas anakku sering melihat papantulis sambil memicingkan mata. Terus aku bawa ke dokter, ternyata dia memang harus pakai kacamata cylinder 1,25 kiri/kanan. Aku belikan dia kaca mata, karena dokter menyarankan perlu pakai. Tapi karena setiap orang dewasa maupun teman-temannya senang melihat anakku pertama kali pakai kacamata terus anakku jadi malu dan tidak mau pakai lagi, kalau ada aku baru mau pakai kacamatanya. Alhasil 6 bulan kemudian anakku periksa lagi ternyata hasilnya malah tambah cylindernya. Dan memang anakku sendiri bilang kalau dia sekarang sudah mulai tidak nyaman kalau lihat tidak pakai kacamata. Anaknya dokter mata itu sendiri waktu umur 5 tahun sudah harus pakai kacamata terus waktu umur 9 tahun lama-lama cylindernya berkurang hingga sekarang hanya 0,25 dan sudah tidak perlu pakai kacamata lagi. Dokter bilang, keadaan ini bisa jadi karena salah satu orang tua ada yang pakai cylinder atau memang syaraf mata anak sendiri masih belum 100% berkembang. Seharusnya anak seumur anakku (skrg 5 th) syaraf matanya 100% sudah sempurna, tapi karena kasus ini makanya dibantu pakai kacamata supaya syarafnya terangsang. Menurut beliau anak yang balita lebih baik memakai kacamata jika memang diperlukan, karena ini akan membantu syaraf perkembangan matanya. Dan pada umumnya kalau rajin pakai maka cylindernya akan berkurang. Lebih baik jangan sampai 10tahun, soalnya kalau sudah 10 th cylindernya cenderung tidak bisa hilang lagi dan si anak kemungkinan besar bisa menderita “mata malas” yang akan mengganggu proses blajarnya. Maaf kalau kepanjangan sebab kemarin baru berkunjung ke dokter mata, jadi masih fresh di dalam ingatanku. Anakku waktu ada penjelasan dari dokter diajak mendengarkan dan komunikasi dgn dokternya. alhasil dia janji mau rajin pakai kacamata. jadi saran aku lebih baik anak mbak pakai kacamata saja, belikan yang plastik lensanya dan pakai tali (bukan rantai). dan jangan lupa untuk ingatkan orang disekitarnya supaya jangan terlihat beda kalau lihat dia pakai kacamata, anggap biasa saja. takut si anak jadi malu. Note : di mangga dua banyak frame kacamata and pakai hiasan yang lucu-lucu untuk anak-anak, [Dr]

03-05-2006 23:33:19

Comments

  1. moms, dimana ya beli kacamata untuk batita? Anakku umur 1 th 7 bln dan Dr. Rini bilang harus pakai kacamata karena silindris & minus. Thanks moms…

  2. hari ini saya terkejut saat memeriksakan anak saya yang berumur 6 tahun, dan ternyata sudah -2 ..
    benar benar seperti disambar geledek !!!!, sebagai seorang ayah yang juga memakai kaca mata saya bisa membayangkan bagaimana aktivitasnya bisa sedikit terganggu kenyamanannya.

    apalagi saat dia bertanya, “yah, nanti kalau aku sholat kaca matanya dilepas gak?”

    miris rasanya hati ini merasa sebagai ayah yang paling tolol dan bodoh karena gagal merawat permata titipan tuhan :((

  3. adekaylila says:

    Asw, Mba’ anakku juga cylinder umur 5 tahun, cylindernya yg kanan 2.75 dn yg kiri 3.00 , dari pertama tau langsung pake kaca mata, karna udah pergi ke 3 Dr. Sp. Mata hasilnya sama, dan harus pake kaca mata trus, sampe skr masih trapi wartel, hasilnya sekarang cylindernya berkurang.

  4. Tri santoso says:

    Ya alloh…segala penyakit engkau maha tau obatnya…Sembuhkanlah mata anakku…..ammmiiinnn

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10