Memotong Kuku Bayi

Tips saat Memotong Kuku Bayi

Memotong kuku bayi menjadi satu aktifitas yang wajib dilakukan oleh seorang ibu agar tidak tumbuh panjang. Bila ini terjadi, kuku ini dapat melukai bayi dengan goresan. Sebenarnya, memotong kuku bayi dapat dilakukan dengan mudah bila anda tahu trik dan waktu yang tepat. Selain itu, anda juga perlu untuk mempersiapakan beberapa peralatan untuk memotong kuku bayi.

Peralatan Untuk Memotong Kuku Bayi

Memotong kuku bayi memerlukan beberapa peralatan, misalnya pemotong kuku khusus bayi dan pengikir kuku. Saat anda menggunakan pemotong kuku, gunakanlah alat ini akan memudahkan anda memotong kuku bayi dengan memotongnya sampai batas antara daging dan kuku bayi. Bila anda menggunakan pemotong kuku namun meninggalkan sobekan-sobekan pada kuku bayi, hal yang dapat anda lakukan setelahnya adalah menghilangkannya dengan cara mengikir untuk memperhalus kuku bayi. Pengikiran ujung kuku pada bayi perlu dilakukan agar tidak ada ujung kuku yang kasar sehingga dikhawatirkan akan melukai bayi karena kuku ini sangat tajam.

Waktu Yang Tepat Untuk Memotong Kuku Bayi

Memotong kuku bayi dapat dilakukan pada saat-saat tertentu. Bila  anda ingin memotong kuku bayi dalam keadaan lunak, setelah bayi mandi menjadi saat yang paling tepat. Ini karena kuku bayi akan semakin mudah untuk dipotong. Namun, bila setelah mandi anda tidak mungkin melakukan aktifitas ini, anda dapat melakukannya saat ia sedang tertidur. Waktu bayi sedang tidur menjadi saat yang paling mudah dilakukan karena bayi berada dalam keadaan tenang. Sang ibu pun dapat memulai memotong kuku bayi dengan mudah dan cepat. Karena kuku tangan cepat tumbuh, anda dapat memotongnya dua kali seminggu, sedangkan untuk kuku kaki, anda dapat melakukannya seminggu sekali agar kuku bayi anda terlihat selalu rapi dan bersih. Kegiatan memotong kuku bayi pun dapat mendekatkan emosi ibu dan bayi.

Memotong Kuku Bayi Yang Tepat

Memotong kuku bayi yang benar harus dilakukan dengan hati-hati. Hal ini karena pada saat bayi anda tidur, dia dapat bergerak sehingga pada saat dipotong, tangannya dapat terluka oleh pemotong kuku yang anda gunakan. Oleh karena itu, potonglah kuku bayi anda di tempat yang terang agar jelas terlihat batas antara kuku dan daging. Selain itu, anda perlu menyediakan tisu atau tempat untuk mengumpulkan kuku bayi anda sehingga tidak berceceran bila anda sedang memotong kuku bayi.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10