Mengatasi Batuk Alergi Pada Anak

Batuk alergi adalah reaksi yang ditimbulkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk mentoleransi zat tertentu, misalnya alergi debu atau cuaca dingin.

anak batukBatuk sendiri sebenarnya adalah refleks sistem saluran napas untuk membersihkannya dari partikel asing, lendir, iritasi, dan mikroba. Jadi batuk sebenarnya adalah suatu reaksi tubuh yang normal dan merupakan peringatan awal dari tubuh jika ada gangguan pada saluran pernapasan. Reaksi batuk alergi muncul karena alergen memicu produksi lendir berlebihan dalam saluran pernapasan.

Masalah batuk alergi pada anak cukup sering membuat para orang tua menjadi was-was, apalagi ada kemungkinan batuk alergi dapat menjurus pada penyakit asma. Karena batuk jenis ini cukup ’bandel’, beberapa orang tua menjadi tidak sabar untuk segera mengatasi batuk alergi tersebut dan kadang memberikan pengobatan yang berlebihan pada anak. Sebenarnya jika kita mengetahui lebih banyak mengenai batuk alergi, kita bisa lebih bijaksana dalam mengatasinya. Sebenarnya sifat alergi yang menimbulkan batuk tersebut memang tidak dapat dihilangkan dari tubuh anak, namun kita bisa mengontrolnya supaya tidak berkembang menjadi penyakit asma.

Batuk alergi biasanya tidak disertai demam, cenderung tidak berdahak, dan biasanya terjadi lebih sering pada pagi atau malam hari atau setelah mengkonsumsi makanan berminyak atau minuman dingin. Batuk alergi sebenarnya hanya membutuhkan obat anti alergi, anti histamin, atau obat batuk saja. Dokter tidak akan merekomendasikan Antibiotik untuk mengatasi batuk alergi sebab ia tidak disebabkan oleh infeksi bakteri.

Sebenarnya tidak sulit untuk mengontrol batuk alergi pada anak. Dengan penanganan yang tepat, batuk alergi tidak akan berulang. Dengan demikian risiko timbulnya asma akan berkurang. Anak yang menderita batuk alergi dapat diobati secara bertahap tergantung dari tingkat keparahan gejalanya. Saat Anda pertama kali datang untuk memeriksakan batuk alergi anak Anda ke dokter, ia akan memberinya obat sesuai dengan kondisinya saat itu. Selang beberapa waktu kemudian, dokter akan mengontrol kembali apakah pengobatan pertama tadi bekerja dengan efektif. Bila tidak, pengobatan akan ditingkatkan sesuai kebutuhan dan pengawasan dilakukan lagi seminggu kemudian. Jika batuk alergi sudah berkurang, pengobatan akan dikurangi secara bertahap. Bila sudah sembuh, pengobatan dapat dihentikan. Pengobatan tersebut dapat berhasil dalam beberapa minggu, namun mungkin juga beberapa bulan, tergantung kondisi anak.

Bila Anda lebih menyukai pengobatan alami daripada pengobatan medis kedokteran untuk mengatasi batuk alergi, Anda dapat menggunakan tanaman habbatussauda, meniran, mengkudu, jahe merah dan teh rosella yang dicampur madu. Selain pengobatan, batuk alergi dapat dikurangi dengan cara menghindari sumber alergi dan paparan alergen, seperti udara dingin dari AC atau kipas angin, minuman dingin, serta makanan yang mengandung pewarna, penyedap rasa dan pengawet. Ajak anak Anda untuk lebih sering terkena sinar matahari langsung di pagi hari karena sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan membantu kesembuhannya. Masukkan lebih banyak sayur dan buah yang kaya antioksidan seperti tomat, wortel, brokoli, berry, dll dalam menu harian anak Anda agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga dengan baik.

artikel tentang batuk berdahak, obat untuk batuk dahak berdarah

Obat Dahak Berdarah

Dahak berdarah, atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan nama hemoptisis, adalah gejala penyakit

Kategori Kesehatan

Comments

  1. says

    Kalau anak terserang alergi, kita sebagai orang tua ikut merasakan sedih, karena waktu bermain anak bisa terganggu. Dulu anak saya waktu masih umur 3bln pernah terserag alergi debu, akhirnya sama dokter disarankan untuk ikut teraphy, dengan cara minum puyer selama 9 bln tidak boleh putus. Untungnya anak saya tidak susah minum obat, jd ngak ada masalah kl hrs ikut teraphy itu. Alhamdullilah sampai sekarang alerginya tidak kambuh lg.

  2. cynthia says

    anakku jg alergi kl udara dingin tp semakin besar nanti akan hilang sendiri…yang penting kl anak kita dijaga makanan dan minuman agar tdk kegemukan….

  3. Yuyu says

    anakku jg suka batuk2 alergi gitu deh.. tapi feeling aku sih dari debu karpet dan boneka. eh tapi pernah juga sih dia makan beberapa permen sekaligus besoknya lgsg batuk2 :'(

  4. rennie says

    Klo anakku batuk pilek biasanya aku uapin, caranya taruh air mendidih di baskom, teteskan beberapa tetes minyak telon, taruh di dekat anak dengan pengawasan tentunya, klo ga yah gendong anak dengan gaya supermen biarkan anak menghirup uapnya. Paginya dijemur, dijamin bakalan cepat sembuh tanpa obat. Klo anak batuk jauhi makanan & minuman yg manis, klo anakku sih susunya ga manis, aku kasih anmum essential yg no added sugar

  5. vgmerry says

    Aku punya penyakit asma, takut jg sih klo penyakit ini menurun ke anakku, amit2 deh. Makanya klo anak da batuk aku was2 bgt. Sekarang ini sih sebisa mungkin aku jauhi anakku dari penyebab batuk alergi seperti aku memperlakukan diri aku sendr, bersih2 rumah, ga berani terlalu capek, makan makanan yg berminyak dikit aja, hindari makanan yg manis2, susu anak jg aku pilih yg tdk mengandung zat gula tambahan.

  6. arienta says

    kadang kadang anak anak itu alergi yang manis juga bisa dan akan selalu batuk …aku sie kl ngasih anakku susu yang ga terlalu manis atau no added sugar agar ga gampang batuk

  7. Love says

    wah temanku mesti baca nih ^^…anaknya alergian soalnya..tapi ktnya sih mungkin krn wkt bayi gak pembersiham slemnya gak bersih..jadi sering bener batuk pilek, apalagi cuaca dingin.
    kalau aku sih untungnya anakku gak alergian. mungkin karna susunya kali yah.
    anakku minum anmum essential soalnya…mantabnya lagi bun, gak ada gula tambahan deh

  8. danielle says

    artikel yang bagus.
    membantu banget untuk para bunda nih.
    Anyway boleh share gak, mengenai susu formula yang bagus nih.
    inipun karena anak saya suka sekali, padahal kalau saat sy coba, sama sekali gak manis.
    namanya anmum essential. saya pribadi suka sekali sama susu ini, minimal mengurangi PR saya sebagai ibu. setidaknya gak perlu was2 sama obesitas anak balita

  9. baby says

    makanan/minuman yg terlalu manis juga dapat menyebabkan terjadinya batuk alergi..apalagi jika rasa manisnya disebabkan pemanis tambahan yg rasanya berlipat2 dari gula alami..
    makanya sangat penting memperhatikan kandungan nutrisi dari makanan/minuman sebelum dikonsumsi..
    agar tidak terjadi batuk alergi karena rasa yg terlalu manis,berikan anak susu yang tanpa pemanis tambahan..

  10. anjani says

    ternyata batuk itu bisa juga gara2 alergy yahh bukan radang aja…jd musti hati2 juga dong kl anak batuk blm tentu batuk flu yahhh

  11. jenny says

    iya anakku batuk gara2 makan coklat ernyata dia alergy coklat… jadilah tiap kebanyakan mkn coklat lsg batuk malah d sertai ingus.. dulu sblm tau saya kira dia flu.. tp kok ga sembuh2 ternyata alergy coklat

  12. bimbim says

    iya alergy kl di diemin bahaya juga lho… selain batuk ada juga yg bikin sesak nafas… ngeri juga kan kl anak2 smp sesak nafas tiba2 pasti panik bgt kan kita sebagai ortu

  13. lisa charisa says

    kaya keponakanku itu ada yang batuk karena alergi, jd pasti dalam waktu 1 bln itu dy pasti sakit batuk pilek..kasian liatnya dan biasanya kalau sudah batuk itu lama bun sembuhnya hampir setiap sakit pasti dy dibawa ke dktr, artinya kan hmpr setiap bulan anak itu mnm obt terus..kasian deh ngeliatnya..duh makanya aku tuh ngejaga bgd jangan sampe anakku kaya bgtu, krn kasian bgd deh liatnya tidur malam juga jadi keganggu..batuk alergi itu juga bisa loh diakibatkan dari terlalu banyak mengkonsumsi makan makanan yang manis.

  14. baby indria putri says

    heemmm…tapi kalau batuk alergi itu turunan atau bisa kena siapa saja karena terlalu bnyk mkn yng manis2 dan krn udara dingin??..karena kalau asma itu kan turunan yah?

  15. goldie says

    bila anak ketahuan memiliki alergi terhadap suatu makanan/minuman,maka sebaiknya anak tidak diberikan alergen itu sama sekali..
    untuk anak yg alergi terhadap makanan/minuman yg mengandung pemanis tambahan,sekarang ada solusinya..sudah ada susu tanpa pemanis tambahan dari anmum..

  16. yani says

    walaupun bersentuhan dengan alergen, alergi bisa tidak timbul jika anak kita sehat.. oleh karena itu kita harus memenuhi kebutuhan gizi anak,agar daya tahan tubuhnya bagus..salah satu caranya dengan memberi anak susu yang tanpa pemanis tambahan,yang nutrisinyajuga  lengkap.. agar anak lebih sehat..

  17. mpokaliya says

    kalo anakku sie alergi kalo ada gula tambahan apalgi pada susu padhal anakku sukanya minum susu akhirnya aku menyiasatinya dengan memberikan susu yg tdk ada gula tambhannya

  18. cynthia says

    bangus nie artikelnya jadi saya tau kl anak batuk itu bisa jadi krn faktor alergi juga

  19. Lily says

    kalau untuk mengatasi alergi pada anak kecil bagaimana ya? walaupun sudah ditambahkan madu bukannya ttp terasa pahit dan bau nya ya?

  20. Sinta says

    Thanks untuk infonya, untungnya anakku tidak ada alerg batuk yang bener2 sensitive biasanya batuk karena memang pola makannya yang terlalu panas, sehingga membuat si kecil terserang batuk.

  21. Christina Wijaya says

    wah info yang baik, boleh dicoba nih pengobatan alaminya. biasanya kalau si kecil terkena alergi batuk langsung aku bawa kedokter anak, dan lumayan menguras banyak isi kantong.

  22. yuanita says

    Jd asma ga selalu menurun yah? Begitu juga diabetes? Semua pasti ada cara pencegahannya? Soalnya klo da denger penaykit menurun kok rasanya da pasrah…

  23. sheila says

    aku punya penyakit asma, takut bgt klo anakku ketularan, jd klo anak da kena batuk, aku da mulai kwatir, selama ini sih aku jauhi dr makanan manis yg berlebih agar ga batuk, trus klo batuk aku uapin & jemur aja…

  24. clara says

    Anakku klo makan makanan yg manis2 suka batuk jadinya, jd aku kurangi bgt, lagipula klo kebanyakan takut giginya rusak apalagi klo sampai obesitas. Jd susunya juga aku pakai yg tanpa gula tambahan.

  25. camilla says

    kalo batuk alergi aku biasanya cari tau dulu alerginya sama apa…..ya abis itu baru deh dihindarin yg bikin dia alergi……

  26. agni says

    dulu anakku bisa batuk pilek sebulan atau 2 bulan sekali…dokter bilang ada kemungkinan alergi atau asma…….sedangkan aku dan suami ga ada yg asma……jadi aku sering” ajak anakku ke pantai utk menghirup udara laut dan juga minum susu yg ga pake gula tambahan……

  27. saya indah says

    memang betul tuh bu, memang sebaiknya yang alami aja deh..
    di susu kan juga gitu tuh..knp gak pake yang alami aja buat rasa manis, knp mesti ada tambahan gula/karbohidrat…di makanan juga, knp gursih mesti dari MSG, padahal kan bisa didapat dari yang lain

  28. Triana says

    kalo aku kadang suka was2 kalo anakku udah batuk parah, parno asma.. soalnya di keluarga kami deket bgt sm asma.. mana blm ada obatnya pula…

  29. Winnie says

    kalo aku sih dijaga aja, makanan manis2 itu penyebab utama anak anak batuk biasanya.. trus ya jd suka aku takut2in aja kalo makanan manis jg bs bikin gigi mereka ky nenek2.

  30. anissa zhafira says

    anak sepupuku ada yang batuk alergi, jadi hampir setiap bulan itu dy sakit batuk pilek dan selalu mengkonsumsi antibiotik. kasian sekali melihatnya.. makanya bunda sebisa mungkin jaga yah kesehatan anaknya, jangan sampe sakit baru diobati selain kasian kan kita juga yang jadi ribet..

  31. sitti nabilla says

    kalau batuk alergi itu kan penyebabnya macem2 yah..contohnya bisa dari asap rokok dan debu.. yang mau saya tanya, bisa ga batuk alergi disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi yang manis2?? kalau bisa, apa dari sufor bisa juga? karena banyak juga skrng sufor yang mengandung gula tambahan.

  32. baby indria putri says

    jaga kesehatan lebih penting dari apapun dan mahal harganya..lebih baik kita menjaga pola makan anak kita karena pola makan sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan anak kita,

  33. endah says

    anakku juga ada alergi debu.jadi harus dijaga lingkungannya agar selalu bersih dan untuk meningkatkan kekuatan daya tahan tubuhnya,kebutuhan gizinya harus dipenuhi dan minum susu yg tanpa gula tambahan sebagai pelengkapnya.
    susu tanpa gula tambahan selain mengurangi kemungkinan anak batuk karena rasa manis yg berlebihan juga meminimalkan resiko obesitas..

  34. rahayu says

    anak saya pernah batuk2 selama 2 minggu..selama itu sudah minum antibiotik tapi tidak sembuh juga..akhirnya dokter menyatakan bahwa anak saya alergi..dan diketahui ternyata dia alergi dengan susunya..
    akhirnya disarankan untuk mengganti susunya dengan anmum essential, yg tanpa gula tambahan. karena perkiraan dokter saat itu anak saya batuk2 karena susunya terlalu manis..
    alhamdulillah,setelah itu berangsur2 batuknya sembuh..
    jadi adanya gula tambahan pada susu ternyata dapat menyebabkan batuk juga..