Mengenai Kulit Biduran

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Kulit Biduran

Apakah Kulit Biduran itu?

Kulit Biduran dikenal dengan berbagai nama seperti Kaligata atau Gelagata atau dalam bahasa medis disebut Urtikaria. Ini adalah radang pada kulit yang sering terjadi di beberapa bagian tubuh dan umumnya muncul saat kondisi cuaca sedang dingin. Kulit Biduran dapat menyerang semua kelompok umur dan jenis kelamin. Gejala biduran adalah timbulnya ruam dan bentol-bentol kemerahan dan sangat gatal serta sering diikuti dengan rasa panas dan nyeri seperti tertusuk.  Penyebab utama Kulit Biduran adalah atopi yaitu suatu kelainan alergi yang sifatnya turunan. Disamping itu, ada beberapa hal dapat menjadi pencetus timbulnya biduran, antara lain:

  • Bahan kimia yang sering digunakan pada tubuh, misalnya sabun antiseptik, sabun cair, body lotion atau bedak yang mengandung salicyl.
  • Beberapa jenis makanan yang mengandung protein tinggi seperti makanan laut (cumi, kerang, udang, dll)
  • Beberapa jenis obat yang masuk golongan penisilin, sulfat, tetra serta penghilang rasa sakit

Pada umumnya, biduran dapat sembuh sendiri atau disembuhkan dengan obat obatan dari dokter, namun lama penyembuhannya berbeda untuk setiap orang, tergantung tingkat keparahan Kulit Biduran, jenis obat yang diberikan serta ketaatan pasien untuk minum obat. Di samping itu, penderita harus menghindari faktor penyebab timbulnya Kulit Biduran; dengan cara mengamati dan mencatat jenis makanan, obat dan bahan kimia yang menyebabkan Kulit Biduran jika digunakan. Namun jika biduran telah telanjur menyerang, pengobatan oral yang mengandung antihistamin dan pengobatan topikal yang mengandung anti pruritus atau anti gatal.

Pencegahan dan Pengobatan Kulit Biduran

Pencegahan Kulit Biduran dapat dilakukan dengan mengenakan pakaian hangat saat cuaca dingin. Biduran biasanya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Pastikan untuk tidak menggaruk kulit yang terserang biduran meskipun rasanya gatal bukan main; menggaruk hanya akan memperparah keadaan kulit dan menimbulkan luka terbuka yang dapat dimasuki bakteri dan mengakibatkan infeksi yang serius. Secara tradisional, Kulit Biduran bisa diobati dengan membalurkan minyak kayu putih, minyak telon atau minyak tawon ke seluruh tubuh.

Untuk pengobatan oral Kulit Biduran bisa dengan meminum ¾ gelas air rebusan temulawak yang diberi sedikit gula merah dan garam sebanyak tiga kali sehari sampai sembuh. Resep tradisional lainnya adalah dengan mencampurkan satu kuning telur ayam kampung dengan parutan kunyit lalu tuangkan air kelapa hujai muda, aduk rata dan minum sekali dalam seminggu. Obat tradisional ini sangat baik untuk mengobati Kulit Biduran.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10