Mengenal Fungsi Lemak

Mengenal Fungsi Lemak Secara lebih Jauh

Lemak, apa sih sesungguhnya lemak itu? Kata ini sering dikaitkan dengan obesitas, kolesterol dan bentuk tubuh yang tidak proporsional, mengapa yang di bicarakan hanyalah keburukan dari lemak. Apakah lemak ini mempunyai fungsi, kalau memang ada, apa saja fungsi lemak itu? Apakah ada kebaikan lain dari lemak.

Tapi apakah dari kita paham apa definisi dari lemak itu. Lemak itu adalah sekelompok besar molekul-molekul alam yang terdiri atas unsur-unsur karbon, hidrogen dan oksigen yang meliputi asam lemak, malam , sterol dan vitamin-vitamin yang larut di dalamnya termasuk monogliserida, digliserida, fosfolipid, glikolipid, dan lain-lain. Atau bisa di bilang secara khusus merupakan sebutan bai minyak hewani pada suhu ruang , lepas dari wujudnya baik berupa padat maupun cair, yang biasa di sebut adiposa.

Lemak sangat sulit larut dalam air, karena bersifat hydrophob. Lemak hanya dapat larut di larutan apolar, atau organik seperti eter, chlorofoam, dan benzol.

Lalu apa fungsi lemak, lemak itu sendiri bisa di katakan memenuhi fungsi dasar bagi manusia yaitu:

  1. Fungsi Lemak #1: Menjadi cadangan energi dalam bentuk sel lemak
  2. Fungsi Lemak #2: Berfungsi secara selular dan komponen struktural pada membran sel berkaitan dengan karbohidrat dan protein untuk menjalankan air, ion dan molekul-molekul lainnya, keluar dan masuk sel
  3. Fungsi Lemak #3: Berfungsi untuk menopang senyawa organik untuk penghantar sinyal
  4. Fungsi Lemak #4: Suspensi bagi vitamin a, d, e dan k yang berguna untuk proses biologis
  5. Fungsi Lemak #5: Menjadi penahan goncangan untuk melindungi organ penting tubuh serta menjaga tubuh apabila suhu yang ada di luar tubuh kita sedang tidak baik
  6. Fungsi Lemak #6: Sebagai sarana sirkulasi energi di dalam tubuh dan komponen utama yang membentuk membran semua jenis sel

Jika kita menilik sebagian contoh dari fungsi lemak di atas, Maka sebenarnya lemak merupakan sebuah unsur penting dalam tubuh yang tidak bisa di pisahkan. Dan semuanya merupakan faktor utama yang bisa menyebabkan kita bisa beraktifitas.

Jadi tidak selamanya lemak itu mengandung atau berakhir dengan sebuah penyakit atau yang lainnya karena ternyata ada fungsi lemak yang berguna bagi tubuh kita. Hal itu terjadi disebabkan tidak seimbangnya unsur yang berada dalam tubuh. Yang dalam hal ini unsur lemaklah sehingga bisa menjadikan mudahnya terjangkit penyakit.

Selama segalanya seimbang baik dari unsur lemak dan unsur lainnya dimana fungsi lemak yang baik bisa maksimal, maka bisa di bilang kesehatan akan mudah di jaga. Oleh karena itu jagalah kesehatan anda dengan baik dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, di tambah dengan olahraga yang teratur.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10