Obat Keputihan Tradisional

Keputihan memang merupakan masalah umum yang dialami wanita tetapi tidak boleh dianggap enteng, untuk itu perlu diketahui apa saja Obat Keputihan Tradisional. Kenapa tradisional dan bukan obat yang terbuat dari bahan kimia? Jawabannya jelas karena obat tradisional lebih aman dibandingkan dengan obat yang beredar luas saat ini dan terbuat dari bahan kimia yang tidak diketahui secara pasti khasiatnya. Bahan-bahan kimia itu justru mungkin dapat memperparah kondisi keputihan dan bahkan menyebabkan timbulnya penyakit kelamin. Untuk menghindari itu semua, gunakan Obat Keputihan alami. Berikut beberapa obat tradisional yang dapat membantu mengobati keputihan.

Daun Sirih
Daun sirih memang sudah dikenal luas sebagai Obat Keputihan Tradisional. Nama latin dari tumbuhan ini adalah Piper betle L dan mengandung antiseptik untuk membunuh kuman penyebab keputihan. Kandungan daun sirih yang membuatnya menjadi Obat Keputihan Tradisional adalah minyak atsiri, zat samak. Untuk itu, minyak atsiri dari daun sirih sangat baik digunakan untuk mengobati keputihan. Bagian dari daun sirih yang dapat digunakan, selain minyaknya, adalah daun dan getahnya. Penggunaan daun sirih untuk mengatasi keputihan telah terbukti secara klinis oleh para ahli di bidang kesehatan dan herbal. Adapun cara mengolah daun sirih agar dapat digunakan sebagai Obat  Tradisional adalah dengan cara merebusnya. Sekitar 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci terlebih dahulu di rebus dengan air sebanyak 2.5 liter. Setelah air rebusah daun sirih tersebut siap, dinginkan. Setelah dingin, gunakan air tersebut untuk mencuci vagina. Bilas berulang-ulang hingga benar-benar bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.

Tapak Liman
Selain daun sirih, Obat Keputihan Tradisional lainnya adalah Tapak Liman. Tanaman Tapak Liman merupakan tumbuhan yang banyak ditemukan di negara-negara Asia, walaupun sebenarnya berasal dari Amerika Tropis. Di Indonesia, Tapak Liman ini banyak ditemukan di atas dataran rumput, pinggir jalan, bahkan di pinggir hutan pada ketinggian sekitar 1200m di atas permukaan laut. Cara mengolah Tapak Liman agar menjadi Obat Keputihan adalah dengan merebus bagian akar, batang, atau daunnya dengan 2 gelas air. Rebus hingga air yang tersisa tinggal setengahnya, yaitu 1 gelas. Ramuan herbal ini diminum dua kali dalam satu hari secara teratur.

Untuk mengatasi keputihan, rebusan air daun sirih dipakai untuk membilas organ intim wanita. Tanaman Tapak Liman juga dapat digunakan dengan cara direbus dan diminum airnya. Semoga informasi Obat Tradisional ini dapat bermanfaat untuk anda.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10