Obat Tradisional

Khasiat dari Obat Tradisional

Obat tradisional semakin populer akhir-akhir ini karena masyarakat sudah mulai menyadari bahwa obat-obatan kimia mempunyai efek samping yang dapat membahayakan tubuh. Niat hati ingin menyembuhkan penyakit, justru ada efek samping dari penggunakan obat yang dikonsumi. Itulah kenapa obat tradisional sekarang ini semakin naik daun. Dengan racikan yang pas dan teliti, obat tradisional pun dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit, dari penyakit ringan sampai penyakit kelas berat. Bahan alami apa sajakah yang sering digunakan sebagai obat tradisional?

Rimpang Tumbuhan Sebagai Obat Tradisional

Obat tradisional yang sering digunakan dalam bentuk rimpang adalah kunir, temulawak, jahe, kencur, temu ireng dan lain sebagainya. Obat tradisional ini diolah sedemikian rupa dengan dicampur bahan alam lain sehingga dapat berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Misalnya, sakit demam, pilek, batuk, radang tenggorokan, sakit kepala, sakit perut, dan juga masalah pencernaan. Rimpang-rimpangan sebagai obat tradisional dicuci kemudian diparut untuk mengeluarkan sari pati. Biasanya pengolahan selanjutnya adalah perebusan agar bahan alaminya menjadi aktif. Pengolahan seperti ini akan semakin meningkatkan khasiat dari rimpang-rimpangan sebagai obat tradisional.

Buah-buahan untuk Obat Tradisional

Obat tradisional lain yang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit adalah dalam bentuk buah. Misalnya, jeruk nipis, mengkudu, mahkota dewa, dan lain sebagainya. Penelitian terakhir menyatakan bahwa mengkudu dapat digunakan sebagai obat yang baik untuk mengatasi berbagai macam penyakit berbahaya misalnya mengobati penyakit jantung, menstabilkan darah, mencegah stroke, mengurangi rasa gelisah, dan juga menurunkan tekanan darah. Masih banyak lagi khasiat dari buah-buahan yang dapat digunakan dan sangat aman sehingga anda tidak tergantung pada obat-obatan yang diberikan oleh dokter dan beralih pada obat tradisional.

Daun-daunan Sebagai Obat Tradisional

Obat tradisional selain dari buah dan rimpang adalah dalam bentuk daun-daunan. Misalnya, daun salam, rosemeri, daun mint, daun sirsak, daun ungu, dan lain sebagainya. Khasiat dari daun-daunan untuk obat tradisional banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti meringankan sakit kepala, nyeri di dada, dan juga penyakit kanker. Khasiat medis dari bahan alami disekitar kita yang digunakan sebagai obat tradisional terus mengalami peningkatan dengan semakin canggihnya alat-alat modern yang digunakan untuk meneliti kandungan senyawa kimia alam. Dengan semakin sadarnya masyarakat akan pentingnya manfaat bahan alami untuk meyembuhkan berbagai macam penyakit menjadikan mereka makin menggemari obat tradisional.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10