Pengertian Menopause pada Wanita

Menopause merupakan kondisi alamiah tubuh yang terjadi akibat adanya pertambahan usia. Menopause sendiri ditandai dengan berhentinya proses menstruasi yang menunjukkan bahwa  periode reproduksinya telah berakhir. Kebanyakan para wanita masih asing dengan pengertian menopause pada wanita, padahal menopause harus dipahami dengan benar agar Anda siap menghadapi segala kemungkinan yang ada. Umumnya, wanita akan mengalami menopause di usia 50 tahun, namun banyak pula wanita yang mengalami menopause dini, yakni menopause di usia yang ke 40 tahun.

Setelah mengetahui pengertian menopause pada wanita, kini saatnya Anda mengetahui penyebab menopause. Berkurangnya produksi hormon estrogen dan progesteron pada wanita yang ditengarai menjadi penyebab terjadinya menopause, karena kedua hormon tersebut memiliki tugas untuk mengatur mestruasi dan ovulasi. Jadi, proses menstruasi akan otomatis berhenti jika ovarium sudah tidak bisa melepaskan telur setiap bulannya. Sedangkan penyebab menopause dini sendiri, diantaranya adalah kecanduan rokok, adanya gangguan autoimun, sering menjalani operasi, kerusakan indung telur, tindakan medis, dan lain sebagainya.

Sebelum mengalami menopause, wanita biasanya  akan mengalami tahapan, yang dinamakan perimenopause atau masa dimana ovarium akan mulai mengurangi produksi estrogen. Pada masa perimenopause, biasanya para wanita akan mengalami beberapa perubahan dalam tubuhnya, di antaranya adalah :

  • Siklus Menstruasi tidak teratur
    Terjadinya periode menstruasi yang tidak tetap, bisa lebih lama atau bisa juga lebih pendek, dan adakalanya Anda melewatkan beberapa periode.
  • Mengalami gangguan tidur
    Gangguan tidur selama perimenopause umumnya dialami oleh sekitar 65 hingga75 persen wanita.  Untuk intensitas terjadinya, frekuensi, dan lamanya sangat bervariasi.
  • Perubahan mood
    Adanya gangguan tidur memicu para wanita  mengalami perubahan suasana hati, misalnya menjadi lebih cepat marah dan depresi.
  • Terjadi masalah pada vagina
    Ketika ovarium mulai mengurangi produksi hormon estrogen, maka cairan dan elastisitas pada vagina juga akan berkurang, yang mengakibatkan rasa sakit saat berhubungan. Jumlah estrogen yang rendah juga menyebabkan Anda lebih rentan mengalami infeksi vagina.
  • Kesuburan mulai menurun
    Ovulasi yang tidak teratur, secara otomatis akan membuat kemampuan hamil menjadi berkurang. Namun, selama Anda mengalami siklus haid, kesempatan untuk hamil masih bisa terjadi.
  • Kepadatan tulang mulai berkurang
    Menurunnya produksi estrogen pada tubuh Anda, mempengaruhi kepadatan tulang lebih cepat, yang membuat Anda beresiko menderita osteoporosis.

Semoga informasi tentang pengertian menopause pada wanita di atas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10