Penyakit Cacar Air

Gejala Penyakit Cacar Air

Gejala penyakit cacar air perlu kita waspadai karena seringkali gejala penyakit ini mirip dengan penyakit lain yang umumnya diabaikan begitu saja oleh orang tua, terutama mereka yang memiliki pendidikan dan pengetahuan kurang. Dengan mencermati gejalanya, Anda akan lebih bisa mengantisipasi penyakit ini dan meminimalisir dampak negatif serta akibat buruk yang mungkin ditimbulkan oleh penyakit cacar air ini.

Penyakit cacar air adalah penyakit yang tidak mengenal usia. Anak- anak hingga dewasa, tua muda, kaya atau tidak, semua bisa memiliki kemungkinan untuk terkena penyakit cacar. Bagaimana gejala penyakit cacar air tersebut?

Mirip seperti Pilek

Gejala penyakit cacar air hampir mirip seperti gejala pilek. Diawali dengan capek dan pegal- pegal, lemah, lesu, dan tidak bersemangat. Dilanjutkan dengan demam tinggi. Sampai sini, penderita tidak akan menyadari bahwa dirinya mengalami gejala penyakit cacar air.

Nyeri Sendi

Untuk beberapa kasus, gejala penyakit cacar air juga dengan nyeri sendi yang sangat hebat. Hingga gejala ini muncul, mungkin si penderita juga belum sadar bahwa gejala tersebut adalah gejala penyakit cacar air. Si penderita mungkin masih menganggap bahwa ia capek biasa.

Kulit Kemerahan dan Panas

Gejala penyakit cacar air yang mungkin baru disadari oleh penderita adalah saat kulit berubah menjadi merah dan panas. Saat kulit berubah menjadi merah dan panas, berikutnya bintik- bintik mulai terlihat. Saat itulah penderita baru menyadari bahwa ia terkena penyakit cacar air. Keluarnya bintik- bintik merah disertai dengan berkurangnya panas atau demam dalam tubuh.

Menyikapi Gejala Penyakit Cacar Air

Memang benar, bahwa gejala penyakit cacar air kadang tidak diketahui secara pasti oleh penderitanya. Itu karena gejala awalnya memang mirip dengan gejala penyakit yang lain. Karena itulah dibutuhkan “kepiawaian” khusus dari si penderita untuk mengindentifikasi gejala penyakit cacar air misalnya:

  1. Apakah si penderita langsung demam ketika ia berinteraksi dengan penderita cacar. Penyakit cacar adalah penyakit menular yang bisa ditularkan dengan cara kontak langsung. Bila memang ia, penderita harus mulai waspada
  2. Apakah penderita belum pernah terkena penyakit cacar air. Konon katanya, penyakit cacar air hanya menyerang sekali seumur hidup dan bagi yang belum pernah mengalami maka harus berhati- hati. Padahal sebenarnya tidak. Ada juga penderita cacar yang diserang penyakit tersebut sebanyak dua kali atau lebih.
  3. Apakah kondisi penderita lemah. Gejala penyakit cacar air bisa juga diidentifikasi dari lemah atau kuatnya daya tahan tubuh penderita ketika itu. Daya tahan tubuh yang lemah akan mudah diserang sedangkan daya tahan tubuh yang kuat tidak akan mudah diserang.

Gejala penyakit cacar air memang hampir sama dengan penyakit yang lainnya. Itu sebabnya dibutuhkan kejelian khusus untuk meindentifikasinya.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10