Penyakit Hernia

penyakit-herniaPenyakit hernia disebabkan oleh bergeser atau pindahnya organ tubuh keluar dari tempat semestinya melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding rongga. Pada dinding rongga yang lemah tersebut, akan terbentuk suatu kantong dengan pintu berbentuk cincin.

Walau nama hernia bisa mewakili penyakit di anggota tubuh lain, tapi biasanya yang disebut penyakit hernia adalah masalah pada organ tubuh daerah perut dengan isi yang keluar adalah bagian dari usus.

Penyakit hernia bisa terjadi tanpa ada tanda-tanda yang jelas. Kadang kala terjadi benjolan di lipatan paha yang terasa pada saat berdiri, bersin, batuk, atau mengangkat barang-barang berat.

Namun demikian, penyakit hernia memiliki resiko yang tinggi, karena dapat menghambat aliran darah. Ketika aliran darah tersumbat karena penyakit hernia, maka akan diperlukan operasi hernia.

Operasi hernia juga perlu untuk dilakukan ketika lubang membesar. Tujuan dari operasi ini adalah untuk menutup lubang  dan mencegah lubang bertambah besar.

Pada kondisi dimana hernia masih dapat dimasukkan kembali, maka tidak diperlukan operasi. Yang dibutuhkan adalah proses mempertahankan isi hernia dengan  menggunakan penyangga atau korset.

Olahraga disaat Puasa

Olahraga Saat Puasa

Sebagian besar masyarakat cenderung mengurangi aktifitas harian ketika berpuasa. Sebenarnya hal ini

Kategori Kesehatan

Comments

  1. says

    Di masyarakat awam, bener engga ya penyakit ini suka di sebut turun berok?? dan menyerang ke laki-laki? dan salah satu atasan saya, katanya mengidap penyakit hernia tapi yang selalu dikeluhkan dan diusap2 itu daerah pinggang bagian belakang.

  2. yuni says

    Anak saya saat ini berumur 16 bulan dikatakan menderita penyakit hernia dimana kalau dari penjelasan diatas adalah hernia inguinal.
    yang ingin saya tanyakan apakah ada pengobatan selain operasi? karena saya khawatir bila diperasi akan mengganggu saluran reproduksi nya.
    Mohon bantuan dan informasinya. Terima kasih

  3. Janna says

    Bapak sy menderita hernia pernah dioperasi, tp kayaknya penyakitnya itu kambuh lagi kemungkinan coz sering angkat beban berat. Apakah penyakit bpk sy itu sembuh klw ud dioperasi or ad pengobatan tradisional yg lbh baik.

  4. says

    adeg sya menderita penyakit hernia di bgian alat reproduksi nya….
    sya ingin tnya stlah di operasi apakah ada jaminan bahwa penyakit tersebut hilang/tidak akan kambuh lgi????????
    terimakasih……………

  5. peewee says

    apakah penyakit hernia (dengan ciri terjadi pada bagian testis) itu berbahaya?
    apakah bisa?
    bagaimana penanggulangannya?

  6. siti alfiyah says

    bgaimna sih cra mngatasi pnykit ini jka sudah terlnjur lma diketahui???????????,,ap penykit ini brakibat fatal??,jka memang ya,,ap mgkin dpat mnybabkan kmatian??

  7. yans says

    gejala yang tersebut diatas terjadi sama saya. yang sy tanyakan saya kok sering mengalami buang air kecil, apakah memang seperti itu. hernia apa yang saya alami ?

  8. juni says

    adik saya berumur 5thn saya ingin bertanya apakah penyakit hernia inguinal ini dapat disembuhkan dgn cr tradisional dan saya hrs mencari siapa?

  9. dhini says

    saya mengidap penyakit hernia 
    kata dokter jalan satu satunya adalah operasi..tetapi saya masih kurang berani.
    adakah jalan selain operasi…??

  10. indra irawan says

    saya sudah mengalami oprasi hernia yang saya takutkan itu takut tidak punya turunan mohon penjelasan nya

  11. adam says

    kini saya merasa sakit di tepi kemaluan dan merasa sakit itu hingga ke bawah peher, dan kerap membuang air kecil, adakah itu tanda-tanda kemuculan penyakit hearnia..?

  12. Devicha syafiah aflah says

    Anax prmpuan sya umur nya 7 bln lbh, kta dokter dia t’kna pnyakit hernia n hruz d oprasi.
    Tlng y pax ad jln lain gax selain oprasi n klu d oprasi ad efex smping wat dia gax tux k dpn nya….?!
    Misal nya ganggu’n pd saluran reprodulsi nya or nnti nya bkal timbul lg dngn pnyakit yg sma….?!

  13. chacha says

    mama aku kemungkinan besar ngidap penyakit hernia… abiz miirip dengan gejala” nya… apa ya yg bisa nyembuhin jika dya menderita penyakit begitu selain dengan cara operasi? dan apa ja pantangannya supaya penyakitnya gak tambah parah ?