Penyakit Kulit Eksim

Waspadai Penyakit Kulit Eksim

Bagi Anda, Penyakit Kulit Eksim mungkin merupakan sesuatu yang  menjijikkan dan akan sangat dihindari. Aapa sebenarnya penyakit kulit eksim ini? Apa saja penyebabnya? Bagaimana menghindarinya dan apakah penyakit jenis ini menular? Mari kita pelajari lebih lagi mengenai penyakit kulit eksim ini untuk membantu kita mengenal secara lebih dekat mengenai penyakit ini. Banyak yang mengira kalau penyakit kulit eksim itu menular. Itu sebabnya banyak di antara penderita penyakit kulit eksim yang dikucilkan oleh masyarakat. Padahal, penyakit kulit eksim tidak seseram yang dibayangkan kebanyakan orang, meski tetap harus diwaspadai.

Penyebab Penyakit Kulit Eksim

Apa saja penyebab seseorang menderita penyakit kulit eksim? Apakah karena tertular orang lain? Ternyata jawabannya tidak. Berikut ini adalah beberapa penyebab dari penyakit kulit eksim tersebut, yaitu:

  1. Kurang menjaga kebersihan – Kurang menjaga kebersihan baik diri sendiri maupun lingkungan menjadi salah satu penyebab penyakit kulit eksim. Itu sebabnya ada baiknya bila kita selalu menjaga kebersihan diri sendiri, misalnya: rajin mandi, selalu mengganti pakaian, sikat gigi, keramas, dll. Pun dengan kebersihan lingkungan, misalnya: membersihkan genangan air, selokan, kamar mandi, dll.
  2. Keturunan – Penyakit kulit eksim juga disebabkan karena dulunya, orang tua, kakek, atau buyut kita pernah mengalaminya. Sehingga kita sebagai keturunannya ada kemungkinan untuk kena.
  3. Kulit terlalu kering – Kulit yang terlalu kering bisa juga menjadi penyebab penyakit kulit eksim. Kekeringan kulit biasanya karena udara yang cukup ekstrim, selain juga karena jenis kulit itu sendiri.

Jadi, pendapat bahwa penyakit eksim adalah penyakit menular adalah salah. Itu sebabnya tak perlu mengucilkan atau takut apabila ada teman atau kerabat yang menderita penyakit kulit eksim.

Gejala atau Tanda- Tanda Penyakit Kulit Eksim

Apa saja gejala atau tanda- tanda seseorang terkena penyakit kulit eksim?

  1. Kulit merah dan gatal- gatal dalam jangka waktu yang lama.
  2. Kadang disertai nanah.
  3. Rasa panas tak karuan.
  4. Kulit mengeras dan kadang bersisik.

Cara Pencegahan dan Pengobatan

Setelah mengetahui penyakit kulit eksim seperti apa disertai dengan tanda- tandanya, maka berikutnya adalah cara pencegahan dan pengobatannya. Apa saja?

  1. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
  2. Selalu rajin mengkonsumsi vitamin C dan E agar kulit tidak kering.
  3. Bila sudah terlanjur memiliki penyakit kulit eksim, maka obati dengan bedak gatal secara rutin.
  4. Bila belum juga sembuh pergilah ke dokter agar bisa segera sembuh dan sebaiknya dokter kulit bukan dokter umum.

Penyakit kulit eksim bukanlah penyakit yang menakutkan. Ia adalah penyakit kulit sama halnya seperti panu. Yang membuat orang lain sedikit jijik memang penampakannya yang tidak mengenakkan. Itu sebabnya banyak di antara mereka yang jadi menganggap penyakit kulit eksim adalah penyakit yang sangat berbahaya. Padahal penanganan dan pencegahan tepat bisa mengatasi penyakit kulit eksim ini.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10