Penyakit Miom Kista

Penyakit Miom Kista: Apa Yang Perlu Kita Ketahui?

Miom atau yang di kenal dengan istilah tumor dan jika dilihat namanya maka miom kista berarti penyakit tumor yang berupa kista. lalu apakah kista itu, kista adalah sesuatu yang sangat menakutkan bagi seorang wanita. Kista merupakan tumor jinak dengan bentuk kistik, berisi cairan kental yang terkadang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya.

Kista merupakan tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. dan terpisah dengan sel lainnya sehingga tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Walaupun bisa dibilang tidak menyebar tapi tetap saja yang di namakan tumor merupakan sebuah penyakit yang menakutkan bagi penderitanya.

Kista ini dapat di golongkan menjadi beberapa golongan diantaranya :

1. Kista Fungsional
Sering tanpa gejala, hanya timbul gejala rasa sakit apabila di sertai komplikasi, dan kista ini dapat mengecil atau berkurang sendiri dalam waktu 1-3 bulan.

2. Kista dermoid
Kista ini terjadi dalam jaringan telur yang tidak dibuahi, lalu tumbuh menjadi beberapa jaringan. Kista ini dapat terjadi pada dua indung telur akan timbul rasa sakit apabila terjadi komplikasi.

3. Kista Cokelat (Endometrioma)
lapisan dalam rahim tidak terletak pada rahim tetapi melekat pada dinding luar indung telur, sehingga pada saat timbul siklus haid darah akan keluar tetapi akan tertimbun sehingga memperbesar kemungkinan menjadi kista.

4. Kistadenoma
Kista jenis ini sebenarnya adalah pembungkus indung telur tetapi selanjutnya ia berubah menjadi kista. Jenis ini bisa menyerang indung telur kiri dan kanan sehingga dapat menimbulkan semacam penekanan di sekitar kandung kemih sehingga menimbulkan kesan “beser”.

Apakah penyakit ini berbahaya. Bahaya yang di timbulkan itu tergantung di lihat darimana bahaya tersebut yang di sebut penyakit itu selalu membahayakan baik itu berupa kecil atau besar. begitu juga dengan kista atau miom, memang penyakit ini bisa di bilang karang sekali menyebabkan kejadian yang fatal; bahkan bisa terjadi tanpa adanya gejala. tapi tetap saja penyakit ini harus di perhatikan agar tidak timbul bahaya lebih serius lagi.

Kebanyakan kista itu disembuhkan dengan cara di angkat atau dengan melakukan operasi kecil pada kista tersebut. Tapi hal tersebut bisa di hindari dengan memakan makanan yang sehat dan makan yang teratur, selama pola makan di jaga di tambah asupan gizi yang di butuhkan oleh tubuh tercukupi, besar kemungkinan jika penyakit ini tidak akan menyerang.

Untuk itu penting bagi setiap wanita untuk menjaga kesehatan dengan melakukan cek up setahun sekali bagi para kalangan wanita untuk memeriksa apakah terkena penyakit ini atau tidak, walaupun [ada intinya hanya ingin mengetahui bagaimana kesehatannya.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10