Penyebab Darah Haid Sedikit

Menstruasi merupakan sebuah siklus rutin alamiah yang dialami setiap wanita. Kondisi ini terjadi akibat adanya peluruhan sel telur yang tidak dibuahi. Ketika sel telur matang, rahim mempersiapkan diri untuk adanya penempelan janin jika dibuahi, dengan cara mempertebal dinding rahim berikut memperbanyak pembuluh darah pada dinding tersebut. Namun karena pembuahan tidak terjadi, dinding rahim tersebut meluruh berikut pembuluh darah sehingga keluar darah melalui liang vagina. Darah menstruasi atau haid normal yang keluar pada umumnya relatif banyak. Namun pada kondisi tertentu, darah haid dapat sedikit. Adapun penyebab darah haid sedikit adalah sebagai berikut :

  1. Penyebab psikologis. Penyebab psikologis ini beragam. Mulai dari ketakutan yang berlebih, kecemasan, sampai kepada rasa kesal yang teramat sangat. Kondisi jiwa mempengaruhi kondisi fisik. Salah satunya dapat memberikan perubahan pada sistem kontrol hormonal di dalam tubuh. Individu dengan kondisi kejiwaan yang labil bisa tidak menstruasi atau biasa disebutĀ  menjadi dengan istilah amenorrhea.
  2. Penyebab fisik. Penyebab fisik dapat dibagi menjadi fisik yang dipengaruhi oleh kondisi tubuh sesaat, seperti kelelahan. Kelelahan sebagaimana keadaan jiwa yang labil dapat berpengaruh terhadap sistem hormonal tubuh. Sekresi hormon yang terkait dengan fungsi seksual bisa mengalami perubahan, sehingga darah haid yang keluar sedikit.
    Kelelahan sebagai penyebab darah haid sedikit ini biasanya jika disertai dengan kelelahan mental. Jadi tidak hanya sekedar lelah fisik semata. Sebagai contoh adalah keletihan pada para karyawan dengan beban kerja tinggi. Kelelahan tersebut pada umumnya disertai dengan keletihan psikis.
  3. Penyebab fisik akibat penyakit. Penyakit tertentu dapat menjadi penyebab terjadinya darah haid yang sedikit. Misalnya adanya kista atau tumor pada kandungan, adanya masalah kelainan hormonal tubuh, kerusakan sistem organ reproduksi dan lain sebagainya.
  4. Kurang tidur. Masalah ini nampaknya cukup sepele, namun dapat berakibat kurang baik pada siklus hormonal dalam tubuh yang berhubungan dengan menstruasi.
  5. Faktor alat KB. Ternyata alat kb dapat mempengaruhi sistem reproduksi dan darah haid yang keluar. Alat KB yang berpengaruh tidak harus yang bersifat hormonal, melainkan Intra Uterine Device (IUD) pun berpengaruh.

Demikian artikel mengenai penyebab darah haid sedikit. Semoga dapat dijadikan bahan referensi yang bermanfaat.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10