Penyebab Kolesterol Tinggi

penyebab-kolesterolPenyebab kolesterol tinggi biasanya berasal dari makanan. Jenis dan jumlah makanan yang anda makan merupakan penyebab terbesar kadar kolesterol darah anda. Sebab kolesterol sendiri sudah diproduksi hati secara alami sebesar 80 persen. Maka, 20% sisanya ditentukan oleh faktor luar diri anda, salah satunya dan yang terbesar adalah makanan.

1. Makanan yang menjadi penyebab kolesterol tinggi ada di sekitar anda, dan yang paling berpengaruh adalah makanan yang mengandung lemak jenuh. Contohnya : mentega, gorengan, kuning telur, keju, daging berlemak, susu berlemak tinggi, coklat, karamel. Makanan lain yang juga menjadi penyebab kolesterol tinggi karena memang kandungan kolesterolnya tinggi yakni : cumi, udang, belut, siput, kerang, kepiting dan telur puyuh.

2. Penyebab kolesterol tinggi yang kedua adalah berat badan. Meskipun tidak semua orang kurus bebas atau rendah kolesterol, tetapi kolesterol tinggi lebih banyak terjadi pada orang yang mengalami obesitas. Karena orang yang obesitas memiliki kandungan trigliserida (berperan menyimpan lemak, membentuk LDL serta penggumpalan darah) dan HDL yang cenderung rendah. Maka kalau anda termasuk orang yang memiliki obesitas (kegemukan), sebaiknya anda segera melakukan check-up ke dokter dan melanjutkan dengan olahraga teratur. Sebab kurangnya olahraga dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi akibat terhambatnya aliran darah.

3. Usia yang semakin meningkat juga salah satu faktor penyebab kolesterol tinggi. Karena bertambahnya usia, kadar kolesterol pun semakin tinggi akibat menurunnya daya kerja organ tubuh. Memperhatikan makanan seiring bertambahnya usia bisa menjadi solusi anda selain rajin berolahraga.

4. Selain ketiga hal di atas, faktor keturunan juga menjadi penyebab kolesterol tinggi. Seseorang bisa mendapat kolesterol tinggi karena faktor genetik keluarga yang mampu menghasilkan trigliserida maupun kolesterol melebihi batas normal. Kalau keluarga anda memiliki riwayat penyakit penyempitan pembuluh darah (jantung, stroke) sebelum usia 50 tahun, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kadar kolesterol.

5. Jenis kelamin juga merupakan faktor penyebab kolesterol tinggi. Sebelum menopause, wanita cenderung memiliki kolesterol rendah dibanding laki-laki. Tetapi setelah menopause, produksi kolesterol LDL pada wanita cenderung meningkat. Anda bisa mengurangi resiko kenaikan LDL dengan melakukan pola hidup sehat sejak sekarang.

6. Selain faktor-faktor di atas, penyebab kolesterol tinggi lainnya dari stress. Stress memicu seseorang untuk mengkonsumsi makanan tanpa kontrol dan juga mengubah gaya hidup sehat yang sudah dilakukannya.

So, kalau anda ingin menjaga kadar kolesterol dalam darah lakukan pola hidup sehat. Lakukan juga pemeriksaan berkala untuk memantau kolesterol anda. Dengan mengetahui faktor penyebab kolesterol tinggi, anda bisa menghindari penyakit jantung atau stroke sedini mungkin.

Comments

  1. memang sih, menu-2 makanan yg enak/yummy dpt menimbulkan kolesterol, biarpun kita tdk gemuk …. kolesterol bisa menyerang si kurus.

    kalau aku sih caranya gini :
    1. Rajin olah raga, bisa bersepeda, jalan-2 pagi, yg penting keringat bisa keluar
    2. Makan sebelum lapar & berhenti sebelum kenyang

  2. Radyati says:

    makasih infonya ^^/ saya masih umur 18 tahun,, tetapi kolesterol saya sudah sangat tinggi… walopun berat badan saya ideal dan setidaknya 3x seminggu berolahraga…

  3. He eh bro … ni q sendiri jemari tangan d mulai sering ” keju ” kata org jawa, gmn ya untuk menghindari makanan2 yg berlemak diatas atau mungkin dari bolo2 netter ada yg sudah berhasil untuk mengatasi si kolesterol ini, bagi y infonya …. trims

  4. wah padahal sebagai orang jawa tak lepas dari mentega, gorengan, kuning telur, keju, daging berlemak, susu berlemak tinggi, coklat, karamel

  5. Hj.Eni Yunia says:

    kebetulan muncul itu saat kini sedang hamil 7 bln,gmn dietnya ya?

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10