Penyebab Kutil

Mengenal Lebih Jauh Penyebab Kutil

Penyebab kutil lebih dikenal dengan virus Papilloma. Dalam bahasa kedokteran, kutil disebut dengan verrucae, yaitu benjolan kecil yang tumbuh pada kulit, seperti telapak tangan, kaki, jari-jari, pantat, dan kemaluan. Walaupun tidak berbahaya, kutil ini dapat mengganggu penderitanya karena ia tidak akan merasa nyaman dengan adanya daging tumbuh di kulit. Apalagi bila kulit ini tumbuh pada telapak kaki. Tentu hal ini akan mengganggu aktifitas karena kaki menjadi terasa sakit bila ditekan. Sebenarnya, apa sajakah penyebab kutil?

Sumber Dan Penyebab Kutil

Penyebab kutil karena virus harus diwaspadai karena bila tidak, anda akan menyesalinya. Sebelum itu, anda perlu mengetahui sumber dari papillomavirus. Virus dari penyebab kutil ini banyak di jumpai dan tumbuh subur di kamar mandi, sumur, dan kolam renang. Oleh karena itu, anda harus tahu apakah air yang anda gunakan untuk keperluan mandi atau yang lainnya mengandung sumber dari penyebab kutil. Satu hal yang harus anda tahu adalah bahwa kutil itu sangat berbeda dengan tahi lalat. Dari warnanya saja, keduanya mempunyai warna berbeda. Tahi lalat mempunyai warna hitam atau kegelapan dan dapat tumbuh membesar. Sedangkan kutil mempunyai warna yang hampir sama dengan kulit tubuh dan ditandai dengan adanya tonjolan dengan ukuran yang lebih kecil. Daerah yang sering menjadi tempat tumbuhnya kutil adalah di sela-sela jari kaki dan tangan. Selain itu, adanya kontak antara kulit dan kulit, berbagi handuk dan sepatu dengan orang yang mempunyai kutil dapat juga dapat menjadi  penyebab kutil.

Penyebab Kutil Pada Kulit

Penyebab kutil lain yang mungkin bisa terjadi adalah dengan cara menggaruk kutil dan menggigitnya. Selain itu, penyebab kutil yang ditularkan oleh papillomavirus adalah dengan cara menghisap jari, menggigit kuku, mencukur wajah dan kaki pun dapat menyebarkan virus ke bagian tubuh lain. Agar anda terhindar dari penyebab kutil, sebaiknya anda melakukan sesuatu untuk mencegah tumbuhnya kutil yaitu; dengan memakai sepatu atau sandal bila anda harus beraktifitas di tempat yang lembab, misalnya kolam renang, kamar mandi, dan juga sumur. Cara lainnya adalah dengan tidak saling tukar menukar barang pribadi seperti sandal dan sepatu dengan orang lain. Dan terakhir, untuk menghindari virus penyebab kutil, anda harus menjaga kebersihan kaki dan tangan bila harus berkunjung ke tempat umum. Setelah itu, keringkan kaki dan tangan untuk mencegah tertular virus penyebab kutil.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10