Penyebab Mimisan

Mengenal berbagai Penyebab Mimisan

Penyebab mimisan yang biasa terjadi adalah karena adanya benturan antara hidung dengan benda keras lain misalnya tembok atau terjatuh. Namun, penyebab yang lain juga ada. Sebagaimana diketahui, hidung adalah bagian dalam tubuh dan banyak memiliki pembuluh darah halus yang terletak didekat permukaan kulit tubuh. Akibatnya, bila terjadi benturan, maka ada kemungkinan pembuluh darah halus ini pecah ini menjadi salah satu penyebab mimisan.

Penyebab Mimisan Karena Benturan

Penyebab mimisan yang disebabkan karena benturan terjadi karena adanya pembuluh darah yang pecah sehingga ini menjadi rentan. Biasanya, anak-anak lebih sering mengalami mimisan karena pembuluh darah di hidung pada anak-anak masih belum kuat dan tipis sehingga bila terjadi benturan yang keras di hidung dapat menjadi penyebab mimisan. Selain itu, penyebab lain yang mungkin adalah karena kebiasaan buruk, yaitu sering mengorek hidung dengan keras dan berlebihan saat gatal, atau untuk membersihkan kotoran di hidung. Pendarahan yang terjadi di hidung sebagai penyebab mimisan juga terjadi karena adanya infeksi setelah hidung kemasukan benda asing. Selain itu, penyebab mimisan bagi mereka yang tinggal di empat musim juga mungkin terjadi. Misalnya jika seseorang terbiasa tinggal di tempat yang panas, kemudian harus menghadapi hawa yang dingin. Perubahan tekanan udara ini menjadi penyebab mimisan yang umum. Selain itu, ada juga penyakit lain yang terjadi karena peradangan hidung dan sinus sebagai penyebab mimisan.

Penyebab Mimisan Yang Perlu Diwaspadai

Penyebab mimisan yang perlu diwaspadai adalah bila hidung anda berdarah dan mengucurkan darah secara terus menerus tanpa henti. Penyebab mimisan seperti ini mungkin saja disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya karena anda mengidap penyakit tertentu. Beberapa penyakit seperti demam berdarah serta penyakit yang berhubungan dengan sel darah pada tubuh manusia seperti penyakit leukemia dan hemophilia juga menjadi salah satu penyebab mimisan. Sebenarnya, ada juga penyebab mimisan yang disebut dengan penyebab sistemik, yaitu mimisan tidak hanya terjadi pada bagian hidung saja, namun ada juga penyebab mimisan yang terjadi karena seseorang punya penyakit tekanan darah tinggi dan penyakit demam cikunguya. Walaupun mimisan tidak hanya terjadi pada anak-anak, dengan melihat penyebab tersebut, kiranya dapat dipahami bahwa penyakit tertentu dapat saja menjadi penyebab tanpa kita sadari. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dengan menjalankan pola hidup sehat menjadi salah satu cara agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa menjadi penyebab mimisan.

Comments

  1. irria handayani says:

    tolong kirimin info tentang mimisan ya bu.thx

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10