Sariawan

Aku sudah pakai Enkasari, Kenalog N tapi sariawanku belum juga sembuh..ada obat lainnya?

sariawanTanya:

Baru kali ini aku terkena sariawan (satu mulut), aku sudah kumur dengan Enkasari tapi sepertinya belum sembuh. Obat apa ya moms yang harus diminum biar sariawanku sembuh, lidahku sudah dikasih “Kenalog N” tapi belum juga sembuh tolong ya moms [Yn]

Jawab:

Intinya, sariawan (mungkin) bisa dicegah dengan menjaga lambung, menjaga kebersihan mulut, banyak minum begitu kalau sudah terlanjur ada sambil diobati ya dinikmati saja lagi pula itu memang ada umurnya, nanti sembuh sendiri juga [Dy]

Pakai albotyl (spell?) yang ditotol-totolkan ke yang kena sariawannya [QQ]

Aku dulu berteman akrab sama sariawan Dalam sebulan, minimal kena sekali, dan sembuhnya minimal seminggu. Kebayang deh? sampai akhirnya aku ketemu obat yang namanya watermelon frost. Bentuknya bubuk mirip hayfungsan (spell?), tapi bisa disemprot. Satu paket isinya obat bubuk itu dan 4 butir tablet hisap. Serumah cocok dengan obat ini, sampai anak anak kalau sariawan pasti sudah tahu minta obat “bubuk ijo” ini. Biasanya 2-3 kali pakai sudah tidak sakit sariawannya. Aku biasa beli di toko obat di glodok, mungkin di melawai ada. Harganya kurang lebih Rp 12.000,- atau Rp 15.000,- [Vt]

Mbak, sudah dicoba Abotyl belum. Kayaknya ini yang paling manjur buat aku [Ynk]

Kira-kira penyakit apa saja ya yang salah satu tandanya itu sariawan? sepupuku ada yang sering sekali sariawan parah takutnya ini indikasi suatu penyakit yang lebih parah dari sekedar sariawan [DRS]

Mbak, aku copy-kan dari website Sehat ya:

  • Sariawan itu (aphtae) adalah suatu luka pada permukaan selaput lendir di rongga mulut (jadi bisa bisa mengenai apa saja, dinding pipi sebelah dalam, gusi, langit-langit atau lidah), yang terjadi akibat adanya kerusakan sel permukaan (disebut sebagai epitel) selaput lendir tersebut. Biasanya memang timbul berulang. Penyebab sariawan belum diketahui dengan pasti tetapi umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Di lain pihak, bermacam-macam hal yang bisa mempengaruhi terjadinya sariawan. Bisa karena trauma/perlukaan (tergigit, atau tergores sikat gigi), stress, ketidak seimbangan hormon (biasanya pada wanita mengikuti siklus menstruasi), pada orang tertentu faktor makanan (seperti coklat, kopi, kacang-kacang yang segolongan dengan kacang tanah, tomat (termasuk kulitnya), sereal, tepung gluten, almon,serta asam benzoat, merokok tembakau (orang yang merokok tembakau resikonya lebih rendah). Sariawan tidak membahayakan dan sebenarnya tidak terlalu mengganggu walaupun nyeri (kecuali bila sariawannnya banyak dan besar-besar, memang nyeri sekali) Umumnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya. Pengobatan yang diberikan bukan untuk menyembuhkan akan tetapi hanya untuk meringankan gejalanya karena sampai saat ini belum diketemukan secara pasti penyebab sariawan tersebut. Kalau sariawannya berat, bisa diberikan salep mulut yang mengandung anti radang (steroid golongan. triamsinolon asetonid, merek dagang yang biasa dipakai kenalog orabase atau bufacomb orabase) [Est]

Aku juga pernah sariawan parah sekali, terus aku sering-sering kumur pakai listerin, memang pedih, tapi sariawannya tidak kaku lagi, makan juga tidak perih, dan jangan lupa, sering minum air putih juga air jeruk hangt, semoga membantu ya [Dn]

Bicara sariawan, sekarang ini aku lagi sariawan. Rasanyaa…duuuh, dan posisi si sariawan jauh dibelakang gusi paling belakang dekat lidah. Kalau ke senggol-senggol sedikit sudah terasa, mau aku obati pakai yang bubuk ijo itu malah tidak kelihatan, mana pahit lagi, sudah coba enkasari, tapi belum berkurang sakitnya. Apa memang harus merasakan tidak enak begini selama seminggu dan akan sembuh sendiri kali ya/ Tablet hisap ini boleh juga, jadi biar posisi sariawan yang sulit dijangkau bisa diobati juga ya [Sg]

Jadi ingat, waktu SD kita diajari kalau kurang vit C bisa kena sariawan, benar tidak? Padahal kata tanteku yang perawat di Belanda sana, sariawan itu karena kurang vit B, bukan C. Jadi makan kacang ijo, bubur kacang ijo juga untuk mencegah sariawan [Stl]

Kalau obat yang bubuk ijo, di botol cilik, maaf namanya aku lupa, ada  di apotik apa warung-warung, obat sariawan bubuk ijo begitu bilangnya [Sg]

Maksudku bukan begitu mbak, misalnya: sariawan itu adalah salah satu tanda penyakit ABCD jadi walau pun sariawannya diobtain akan muncul-muncul terus untuk menghilangkan sariawannya, berarti penyakit ABCDnya yang harus di treatment nah ABCD itu apa saja? [DRS]

Coba tablet hisap efisol, itu bagus buat sariawan, radang tenggorokan sama sakit gusi tapi makannya kalau ada gejala yah kalau sudah jadi mau tidak mau harus menikmati si sari itu [Mg]

Yang aku rasakan sendiri, awalnya muncul tidak enak disekitar bibir atau digusi-gusi, kalau lagi makan sudah agak merasa kurang nyaman. makin hari makin mak nyusss kalau dipakai makan, terutama yang asem-asem ya atau pedas. Harusnya dari sudah terasa tidak nyaman itu langsung diobati cumaaa kadang lupa, ingatnya kalau lagi makan saja, tahu-tahu sudah besar kalau kata Stella kurang vitamin B, benar juga kali ya tapi sering juga gara-gara sikat gigi yang terlalu ‘hot’ gosoknya.. hehe, kalau sariawan ada tingkat-tingkatnya aku juga kurang tahu memang apa ada ya sariawan stadium rendah, tinggi? yang jelas aku sekarang lagi benci sekali sama si sariawan ini [Sg]

Mbak Ynk kalau dulu aku pakai abotyl juga, bisa langsung sembuh. Tapi akhir-akhir ini, kalau pake abotyl malah tambah besar dan merekah begitu yaa? tergantung sama jenis sariawannya ya? meemang ada yaa jenis-jenis sariawan [Nad]

Kalau bicara tentang sariawan selain kenalog aku biasa pakai efisol.  Awal mula pakai obat ini ketika aku radang tenggorokan yang tidak sembuh-sembuh sekalipun sudah minum antibiotik.  Sama dokter THTku  luka di tenggorokan  dioles efisol ini dan alhamdulillah langsung sembuh. Sejak itu aku disarankan untuk berkumur dengan efisol ini dan ternyata selain untuk radang bisa untuk sariawan, gusi bengkak dan lain-lain. Obatnya cairan dalam bentuk drop, cukup setengah gelas ditetes sekitar 6 tetes dipakai kumur.  Obat ini dioles langsung dengan cotton buds juga tidak apa-apa [Ssn]

Coba ganti pasta gigi ke ENZIM soalnya buat aku jadi terasa sekali.  Suamiku dulu sering mengeluh sariawan, bisa 2 minggu sekali, pokoknya aku sering dengar dia mengeluh sariawan, sekali tumbuh bisa 3 biji.  Terus ada yang bilang supaya ganti ke pasta gigi itu, eh benar saja, setelah ganti suamiku sampai sekarangitu jarang mengeluh sariawan, rasanya sudah lama juga aku tidak denger dia mengeluh sariawan [ET]

Coba yu nan ba you, belinya di toko obat cina, manjur sekali. Suamiku pernah luka di bibirnya, sudah pakai macam-macam obat tidak sembuh-sembuh, pakai yu nan ba yao sembuh tuh. Anakku juga barusan ada sariawan besar sekali, panas dalam rupanya, soalnya pakai demam segala, dikasih itu dua kali (malam) hari ketiga udah baikan, sudah makan banyak lagi [Stl]

Solcoceryl, bentuknya salep. Dapat resep ini dari dokter gigiku [MP]

Comments

  1. Dulu juga aku sering kena sariawan,aku sih ngobatinnya gampang aja mba,ambil tomat yg masak 2-3 buah ,potong-potong kecil2 ,kemudian taburi gula pasir 1-2 sendok makan.Taruhlah tomat yg sudah di-potong2 dan ditaburi gula tadi dikulkas.Tunggu beberapa saat sampai gulanya cair dan tomat dingin,kemudian dimakan .Lezat sekali sekaligus mengobati sariawannya.Sekarang aku gak pernah kena sariawan lagi.selamat mencoba ya..mana tau menolong.

  2. om/tante dokter … aku sariawan d luar bibir … (bibir bagian luar ) sampe gosong goosong item item kering bibirku ..rasanya perih gatal panas .. bibirku jd kayak bengkak tebel gt .. buat makan pasti terasa gatal .. udah pke abotyl tp ga sembuhhh ,, tolong sarannya dong om / tante ….

  3. bunda tian says:

    Sekalian nih….aku mau sharing….aku kalo sariawan bs sampe 7 biji.sembuh pun luamaaa nya minta ampun.n cm beberapa hari trs muncul lagi.pake antibiotik semacam kenalog,aloclair,orabase pun ga mempan.aku pake albothyl cm ngilangin rasa sakit sementara.pk enkasari ato bubuk jg ga mempan.katanya sih lambung aku .memang sih aku punya penyakit maag akut,tp masak smpe sariawan segini banyak nya.kyk sekarang nih mom n sist,q sariawan ada 6 biji mpe di bibir.bener2 deh sakitnya….klo boleh tau,ada yg punya info tentang kanker mulut?

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10