Spiral / IUD

spiralSaya akan kasih tahu suami tentang hal ini.
Kalau kami tetap memutuskan pakai spiral, semoga saya masih bisa
memberikan adik buat anak pertama saya kalau saya copot spiral dan
saya harus sering-sering cek spiral ke dokter.

Tanya:
Terima kasih atas infonya, saya akan kasih tahu suami tentang hal ini. Kalau kami tetap memutuskan pakai spiral, semoga saya masih bisa memberikan adik buat anak pertama saya kalau saya copot spiral dan saya harus sering-sering cek spiral ke dokter. [Krs]

Jawab:
Saya juga dulu tidak ditanya sama dokter. Saya juga termasuk orang yang malas ke dokter untuk kontrol spiral (cuma 2 kali selama 3 tahun. Yang pertama, seminggu setelah pemasangan, yang kedua waktu mau lepas spiral) Tapi Alhamdulillah selama 3 tahun pakai spiral tidak ada keluhan dan sebulan setelah lepas spiral, Alhamdulillah saya dikasih kepercayaan sama Allah untuk hamil lagi [QQ]

Waktu saya mau pasang kontrasepsi 7 bulan yang lalu, saya tanya-tanya sama dokter kira-kira kontrasepsi apa yang bagus. Terus dsog saya menjelaskan beberapa macam kontrasepsi yang ada, termasuk spiral. Beliau menganjurkan pakai spiral karena efek hormonnya relatif lebih sedikit. Terus saya cerita, bahwa ada temen sekantor yang setelah lepas spiral (sudah 4 tahun) susah hamil lagi malah sekarang dia ada kista. Katanya lagi, tidak semua orang yang pakai spiral berefek seperti itu, banyak juga yang lepas spiral langsung hamil. Spiral juga jika waktunya cukup panjang yaitu 10 tahun, tapi sebaiknya memang harus rajin kontrol 6 bulan pertama, 1 tahun pertama, dan setiap 3 tahun sekali katanya. Terus sejak pakai spiral saya baru dapat haid 5 bulan kemudian, rasanya sakit sekali. Waktu saya kontrol saya dikasih obat untuk mengurangi rasa sakit. Ternyata pada waktu haid ada kontraksi sehingga terasa kesakitan. Kata dsog kalau bulan depan masih sakit lagi ya terpaksa saya harus lepas spiral, wah saya harus ganti apa ya? ada yang kasusnya kayak saya tidak ya? Jadi, mungkin masing-masing orang beda kali [IT]

Dulu waktu saya habis melahirkan anak pertama juga ditanya sama dsog, mau pakai KB apa, dan dia tanya kapan rencana mau hamil lagi. Waktu saya bilang 2 tahun lagi, dia Cuma kasih pilihan pil, suntik, kalender atau kondom. Dia tidak menyarankan spiral buat yang mau punya anak lagi dalam waktu dekat dengan alasan seperti yang dibilang sama Mbak Ren dibawah ini [Rn]

Yang saya baca, kalau di luar negeri spiral tidak dianjurkan untuk orang yang ingin punya anak lagi, karena resikonya (ternyata) cukup besar, dari mulai infeksi s/d infertility. Jadi spiral itu benda asing yang dimasukkan, juga ada benang panjang. Si benang ini punya kemungkinan kontak dengan dunia luar yang lebih besar, jadi kemungkinan ada infeksi yang bisa ‘naik’ ke atas. Akibat dari infeksi tahu sendirilah, bagian dalam kita bisa rusak, atau apa lah, yang bisa juga mengakibatkan parut-parut –> akibatnya susah hamil. Tidak mau hormonal jadi pakai spiral? Beberapa spiral juga diberi hormon, meskipun kadarnya lebih kecil, supaya daya kerjanya lebih mantap, selain untuk menghalangi masuknya sperma, juga hormon tersebut untuk bisa meruntuhkan dinding rahim. Kalau benar-benar tidak mau hormonal, pakai kondom atau berpantang. Yang lain semua hormonal. Dan kontrasepsi yang paling aman buat ibu memang 2 tadi itu : berpantang dan kondom. Cuma harus disiplin, nah ini yang susahnya Memang tidak semua pemakai spiral kena efek sampingnya, banyak juga yang baik-baik saja, begitu copot langsung hamil dan tidak bermasalah. Tapi kalau kena, ya biar bagaimanapun repot juga. Sekarang saya tidak mau pakai spiral lagi, pakai kontrasepsi yang paling aman tadi itu, meskipun tidak selalu bisa disiplin. Untung masih menyusui, jadi (semoga) terbantu usaha pencegahan kehamilannya [Ren]

Comments

  1. hartini hambali says:

    kalau saya pribadi untuk menggunakan alat kontrasepsi iud sangat riskan takutnya terjadi kegagalan trus hamil sedangkan umur saya sudah 38 thn.Jadi saya memakai pil sbg alat kontrasepsi yang dinilai mudah untuk dipakai ataupun untuk berhenti memakainya

  2. Christin says:

    Pengalaman saya pribadi sudah pakai spiral 5 th, kemarin baru leps dan pasang lagi , jenis Nova T tp yng ini tahan 8 th , dan sekarang oleh dokter ekor atau benang spirak dilipat kedalam sehingga tidak mengganggu hubungan suami istri.

    Saya rasa spiral ini yang paling aman dan begitu kita lepas biasanya dalam hitungan bulan sudah hamil .

    semoga bisa membantu

  3. ini aku juga baru pake nova t mbak.blon ada sebulan…..jadi blon tau efek sampingnya ke aku….mbak pake nova t,haidnya teratur nga?selama pake tuh hub suami istri terganggu nga ?

  4. saya mau bertanya tentang spiral yg terpasang lebih dari 4 tahun , saya wanita yg pakei spiral sebagai kontra sudah 4 tahun. bagaimana kalo spiral sejenis nova ato cooper t yg terpasang melewati jangka waktu yg diberikan dokter, karena waktu pemasangan kalo tdk salah jangka waktunya hanya 4 tahun. jadi apa efek sampingnya jika di pakai lebih dari 4 tahun. trimakasih

  5. saya juga pake spiral dan sudah mau 2 tahun saya tidak pernah cek ke dokter, takut juga sih tapi semenjak saya baca artikel ini ada gerakan hati kayaknya saya mmg harus ke dokter … 

  6. uswatun chasanah says:

    Saya pake spiral setelah habis melahirkan anak saya pertam umur 3 bulan,setelah umur 5 th anak saya ?? pertama spiral saya buka,tpi sampe dapat 1 th terhitung mulai buka spiral sampe sekarang masih blm dikaruniai anak lagi ?ª?? kedua,mohon dijelaskan apakah ª?a?? efek dari pake spiral?tpi klo mens tidak ª?a?? masalah tiap bulan datang terus,meskipun sebelum pasang spiral maupun sesudah mens.

  7. Padahal saya dapat anak pertama termasuk cepet langsung dapat ketrurunan,setelah habis pasang spiral sekitar sudah 1 thn masih belum dikaruniai lagi,saya ikut program spiral ?ª?? 8 th,untuk buka sspiral pada saat anak saya pertama umur 5 th ?ª?? mulai pasang spiral setelah anak saya umur 3 bulan.terimah kasih

  8. uswatun chasanah says:

    Meskipun pake spiral mens rutin tiap bulan tpi pada saat pake spiral di thn ?? 4 terasa tidak enak mens kurang lancar datangnx sih tiap bulan tpi kendalanya mens >:/?ª? langsung keluar darah banyak tpi sedikit2 dihari pertama dan kedua baru dihari ketiga banyak terus dihari ?? enam udah habis,lah pada saat dihari ?? 8 sya melakukan hubungan suami istri eh ternyata masih ª?a?? darah dipenis pada saat itulah usia anak saya udah 5 th saya punya niat u buka spiral Setelah buka spiral mens juga tetep rutin tiap bulan tpi masih blm dikaruniai anak lagi sampe dapat 1 th stelah buka spiral.terimah kasih

  9. sy pake spiral ud 3 thn n alhamdulilah sy gk ada apa2. kebetulan sy pake yg 5 thn merk nova T..hub suami istri juga gk mengganggu…kl misalnya ada kendala dlm memakai kb spiral tergantung dr diri kita masing2 ya bu. tdnya juga sy takut untk pasang spiral…hbs sy bingung kb yg lain.krna sy gk mngkin pake suntik n pil….bisa kyak apa body sy….kebetulan spiral sy smpe 2014…

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10