Tips Mencegah Kanker Payudara Bagi Wanita Aktif

Ada banyak Tips Mencegah Kanker Payudara yang bisa anda dapatkan dari buku maupun internet.

Sebelum Anda Mencari Tahu Tips Mencegah Kanker Payudara
Berdasarkan statistik di Amerika dan Eropa, 1 dari 229 wanita berusia 30 tahunan berpeluang terkena kanker payudara; 1 dari 68 wanita berusia 40 tahunan berpeluang terkena kanker payudara; dan 1 dari 37 wanita berusia 50 tahunan berpeluang terkena kanker payudara.

Resiko tersebut meningkat apabila ada anggota keluarga yang pernah terkena kanker sebelum usia 50 tahun. Meskipun begitu, ada cukup banyak wanita tanpa sejarah kanker dalam keluarganya yang terkena kanker payudara; faktor resikonya sulit menentukan namun pola makan, berat badan dan rokok dicurigai sebagai penyebabnya. Berikut ini adalah cara mengurangi faktor risiko kanker payudara di luar bakat genetic yang bisa anda lakukan.

Beberapa Tips Mencegah Kanker Payudara Yang Perlu Anda Perhatikan

1. Olah raga
Wanita yang rutin berolahraga memiliki risiko lebih rendah untuk terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak berolah raga. Lakukan olah raga seperti jalan kaki 30 menit sebanyak lima kali seminggu yang dapat menurunkan risiko kanker payudara.

2. Menjaga berat badan
Semakin besar kenaikan berat badan seorang wanita muda, semakin besar pula risiko terkena kanker payudara saat memasuki masa menopause. Kelebihan berat badan memicu tingginya hormon estrogen yang dicurigai dapat mendukung pembentukan kanker. Hindari makanan berlemak, perbanyak konsumsi buah dan sayur dan minum air putih yang cukup.

3. Banyak mengkonsumsi kedelai
Diet kaya kedelai dapat menurunkan risiko kanker payudara. Hal ini disebabkan karena kedelai mengandung fitoestrogen yang mampu mencegah kanker payudara. Minum segelas susu kedelai, makan beberapa potong tahu dan tempe setiap hari serta ganti camilan berlemak dengan biji-bijian atau kacang kacangan. Hal tersebut dapat melindungi Anda dari kanker payudara.

4. Jauhi merokok
Bagi suami atau ayah, berhentilah merokok supaya istri atau anak perempuan anda tidak terkena

Menyusui

risiko kanker payudara. Jika anda perokok, segera berhenti. Semakin muda wanita mulai merokok, semakin besar peluang ia terkena kanker payudara sebelum masa menopause.

5. Menyusui
Saat menyusui bayi, tubuh anda menekan kadar estrogen.

6. Hidup sehat dan bebas stress
Stress cukup berperan dalam memicu kanker, oleh karena itu kelola stress anda dengan baik agar terhindar dari berbagai jenis penyakit, khususnya kanker payudara.

Semoga beberapa Tips Mencegah Kanker Payudara di atas dapat membantu Anda untuk terhindar dari penyakit mematikan ini.

 

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10