Tips Perawatan Rambut Sehat

Perawatan rambut sehat sebetulnya dapat anda lakukan di rumah dengan biaya murah.

Meskipun bagi kebanyakan orang rambut yang sehat adalah rambut yang mendapatkan perawatan ekstra, di salon misalnya. Atau ada juga yang berpendapat rambut yang berkilaulah yang sehat.

Tetapi ada perawatan rambut yang jauh lebih mudah, efisien dan efektif yang bisa anda lakukan sendiri.

Apa saja perawatan rambut sehat yang praktis itu? Ikuti petunjuk di bawah ini :

1. Rutin Keramas. Jika anda menginginkan rambut yang sehat, jangan abaikan atau anggap enteng keramas. Perawatan rambut pertama kali adalah dari mencuci rambut itu sendiri. usahakan mencuci rambut setiap maksimal 2-3 hari sekali agar kotoran pada rambut dan kulit kepala tidak menumpuk, yang bisa menyebabkan kerapuhan rambut.

2. Potong Ujung Rambut Secara Berkala. Memotong ujung rambut setiap bulan atau dua bulan sekali agar pertumbuhan rambut anda terjaga dan menghindari cabang rambut. Perawatan rambut dengan memotong ujung rambut cukup sepanjang 2 cm setiap kali merapikan ujungnya.

3. Hindari Pewarnaan Berlebihan. Jika anda menginginkan rambut sehat, maka perawatan rambut yang bisa anda lakukan adalah mengurangi aktifitas pewarnaan rambut. Sebab, bahan pewarna yang digunakan terlalu banyak dan sering dapat mengkontaminasi kesehatan dan kekuatan alami rambut anda. Dan jika anda terlanjur mewarnai, segera lakukan proses bagi rambut warna anda dengan perawatan rambut profesional.

4. Gunakan Bahan Alami. Anda bisa menggunakan tanaman lidah buaya atau jeruk nipis, untuk menyuburkan dan menguatkan akar rambut. Atau anda juga bisa melakukan perawatan rambut alami menggunakan kuning telur, untuk menyuburkan dan mengkilaukan rambut anda. Penggunaan bahan-bahan alami tersebut cukup dengan dioleskan secara merata di kulit kepala dan rambut.

5. Pijat Kepala. Melakukan pijat kepala untuk perawatan rambut agar sehat dan kuat juga bisa anda lakukan sendiri. Tekniknya seperti memijat kepala ketika sakit kepala. Tujuannya pun sama, agar aliran darah di kepala lebih lancar. Sehatnya rambut anda juga ditentukan oleh lancarnya peredaran darah kepala anda.

6. Hindari Perlakuan Berlebihan Pada Rambut. Misalnya saja, sasak setiap hari. Penggunaan hair spray setiap hari. Sebab, perlakuan yang berlebihan pada rambut akan merusak daya tahan rambut. Begitu juga dengan seringnya bahan kimia yang digunakan, akan mengurangi kekuatan rambut. Maka perawatan rambut yang bisa anda lakukan adalah menata rambut dengan lebih sederhana atau tanpa bahan kimia berlebihan.

7. Konsumsi Makanan Bergizi. Nutrisi yang diperoleh rambut anda salah satunya berasal dari makanan anda. Perawatan rambut sehat dimulai dengan memilih makanan yang mengandung zinc (zat besi) dan juga protein yang meningkatkan kesuburan dan kekuatan rambut.

shampoo-rambut8. Pilih Shampoo Yang Sesuai. Nah, kalau perawatan rambut yang ini harus anda lakukan dengan cermat. Tidak semua jenis shampoo dapat anda gunakan. Lakukan metode trial and error. Atau jika anda ingin aman, pilih shampoo dari bahan herbal (alami) agar tidak terlalu banyak bahan kimia yang mencemari rambut anda.

Comments

  1. terimakasih tips rambut sehatnya…jaman skrang sulit untuk merawat rambut kran polusi udara yang smakin tidak baik.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10