Resep Sari Kacang Hijau

Bahan Membuat Sari Kacang Hijau :
– 250 gr Kacang Hijau
– 550 gr Gula Pasir
– 2,5 gr Sodium Bicarbonate
– 1/4 sdm garam
– 4 cm jahe
– 2 lembar daun pandan
– 2,5 ltr air hangat
– 1,5 ltr air

Cara Membuat Sari Kacang Hijau :
1. Cuci bersih kacang hijau
2. Rendam Kacang Hijau dgn 750 ml air dan tambahkan sodium bicarbonate selama kurang lebih 4 jam.
3. Tiriskan dan cuci bersih kacang hijau sampai tidak licin.
4. Rebus Kacang Hijau kedalam 1 ltr air hingga lunak.
5. Angkat dan tiriskan kacang hijau.
6. Blender kacang hijau yang di tambahkan dengan air hangat hingga halus.
7. Saring ambil sarinya dan buang ampasnya
8. Campur sari kacang hijau dengan gula pasir, garam, irisan jahe dan daun pandan wangi.
9. Masak sambil diaduk perlahan dengan api kecil hingga mendidih selama 20 menit. Tujuan di aduk adalah supaya tidak pecah emulsinya.
10. Angkat dan diamkan sampai uap panasnya hilang.
11. Masukkan ke dalam botol dan Sari Kacang Hijau Siap disajikan.

artikel tentang batuk berdahak, obat untuk batuk dahak berdarah

Obat Dahak Berdarah

Dahak berdarah, atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan nama hemoptisis, adalah gejala penyakit

Kategori Kesehatan

Comments

  1. mpokaliya says

    wah enak bener dan bergizi deh tuh kacang hijau…manis juga ya kayaknya tp kl aku sie kurangi gulanya kl terlalu manis

  2. irene says

    kayaknya enak juga sie jadi terinspirasi bikin utk anakku soalnya anakku sukanya ngemil saya takut kl ngemil yg dikemas khan mengandung berbagai zat kimia ya

  3. regina says

    sodium buat apa yah fungsinya?
    Bagus juga bikin kacang ijo sendiri, drpd beli takutnya mengandung pemanis buatan…

  4. yuanita says

    thx resepnya, biasanya beli yg kotakan ABC, cuma kok gula tambahannya banyak, jd mending bikin sendiri deh biar ga obesitas, jd tetap sehat…

  5. rissa says

    wah makanan yg paling favorit dimakan di keluargaku pas kumpul” di sore”……tapi aku kalo bikin gulanya sedikit maklumlah soalnya keluarga ‘besar’2 jadi untuk menghindari penyakit uda lama ga makan yg manis” apalagi yg namanya jajan atau ngemil di luar

  6. milla says

    waktu aku menyusui aku sering banget minum sari kacang ijo kan bisa memperbanyak ASI dan lagipula aku juga suka sama bubur kacang ijo-nya…..dan walopun sekarang ga menyusui lagi tetep aku masi suka minum malah anakku juga suka…..aku pikir daripada dia minum susu terus”an lebi baik aku selingin minum sari kacang ijo….soalnya susu anakku tu manis bgt jd takut aja klo dia kegemukan

  7. Nara regina says

    ewww gula pasirnya banyak juga yah bun…bisa gak kalau diganti sama susu yang gak ada gula tambahan atau gula yang aren aja…?

  8. Minda says

    terima kasih resepnya bun…tapi bisa gak sih gula nya diganti sama manis alami buah? atau mungkin susu yang tidak ada gula tambahannya?

  9. Suryanti says

    wah makasih ya bun resepnya, aku selama ini cuma beli aja di pasaran. Agak kuatir sih dengan kebersihannya cuma ga tau resepnya. Sekarang bisa mulai deh di dapurku.

  10. Lily says

    asyik bisa mulai sendiri nih di dapurku, kacang ijo kan merupak salah satu makanan yang bisa menurunkan panas dalam juga, jadi bisa disajikan ke keluarga deh tanpa harus jajan diluar.

  11. yuning says

    resepnya bagus nih buat anak2..tapi kok gula pasirnya banyak banget ya..?
    apa nggak berlebih tuh ?
    kan kalo konsumsi gula tambahan berlebih bisa bikin obesitas..
    aku aja kasi anakku susu anmum essential,yang kadar gulanya 0 (nol), untuk menjaga biar anakku gak konsumsi gula berlebih dari yang dibutuhkan.. 

  12. endah says

    dari waktu hamil aku suka disuruh ibu minum sari kacang hijau,katanya bisa bikin rambut anak lebat..tapi biasanya gulanya gak sebanyak yg diresepkan disini..karena kebetulan di keluarga ada keturunan diabetes,jadi harus membatasi konsumsi gula..
    jadi waktu aku bikin untuk anakku juga gulanya aku kurangin..
    untuk meminimalkan resiko obesitas n juga diabetes,susu yg dikonsumsi anakku juga aku pilih yg tanpa tambahan gula..

  13. lisa charisa says

    kebetulan kami sekeluarga doyan banget sama yg namanya kacang hijau..selain memang enak, manfaatnya juga sangat berguna karena mengandung kalsium dan fosfor yang sangat diperlukan tubuh.

  14. linda tsuji says

    Kacang hijau itu adalah sumber yang bagus untuk protein, karbohidrat komplek dan vitamin B. Kacang hijau juga dapat menurunkan kolesterol karena kaya serat..kacang hijau juga berguna untuk mengatasi keracunan alkohol, pestisida, timah hitam, mengatasi gatal karena biang keringat, muntaber, menguatkan fungsi limpa dan lambung, impotensi, TBC paru-paru, jerawat, mengatasi flek hitam di wajah..

  15. anissa zhafira says

    ternyata banyak yah manfaat dari kacang hijau itu, kalau misalnya ada susu formula rasa kacang hijau gimana yah kira2?? asik juga kali yah.. hee..