5 Cara Mengatasi Rasa Bosan

mengatasi-rasa-bosanPernah merasa bosan sampai tidak ada energi untuk mengerjakan hal-hal yang perlu atau harus dikerjakan? Atau mungkin sampai tidak mau musti ngapain?

Kerap kali kita mendapat serangan rasa bosan, kehilangan motivasi untuk melakukan aktifitas. Lalu apa yang musti dikerjakan ketika rasa bosan itu datang? Ya yang pasti jangan menunggu berhari-hari apalagi berminggu-minggu menunggu bosan itu hilang. Cobalah 5 cara di bawah ini untuk mengatasi bosan.

  1. Jika rasa bosan disebabkan karena bertumpuknya kerjaan, cobalah untuk mengerjakannya one step at a time. Satu per satu. Bagi kerjaan besar menjadi beberapa kerjaan kecil sehingga lebih mudah dan lebih cepat diselesaikan.
  2. Jika rasa bosan melanda karena ada satu hal yang tidak selesai-selesai, kenapa tidak coba untuk tinggalkan dan lupakan barang sejenak? Coba lakukan hal lain yang bisa membuat hati senang. Baru setelah itu kembali lagi ke masalah awal.
  3. Kadang kala, rasa bosan datang karena badan dan pikiran capai. Akan menjadi sulit untuk memiliki motivasi yang cukup jika badan tidak segar. Tidur bisa menjadi solusi. Tidur singkat sekitar 10-20 menit kadang kala dapat mengembalikan energi dan motivasi yang sempat pudar.
  4. Cara lain untuk mengatasi rasa bosan adalah dengan merubah jadwal harian. Hal-hal yang biasa dikerjakan di pagi hari, bisa dicoba di pindahkan ke jadwal sore / malam hari.
  5. Setiap manusia pasti senang mendapatkan hadiah. Ga harus hadiah mewah dan mahal. Cobalah untuk memberi hadiah pada diri sendiri. Bisa dengan segelas ice cream atau menghabiskan waktu di salon misalnya

Carilah cara yang cocok untuk mengatasi rasa bosan. Setiap orang memiliki caranya masing-masing, dan bisa jadi berbeda-beda untuk setiap kali rasa bosan itu datang.

Olahraga disaat Puasa

Olahraga Saat Puasa

Sebagian besar masyarakat cenderung mengurangi aktifitas harian ketika berpuasa. Sebenarnya hal ini

Kategori Kesehatan

Comments

  1. says

    Pertamax! — Atau enggak ya? Hehe…

    Iya Bu, saya yang mayoritas waktu di rumah aja, juga bosan;

    Internet marketing, kadang membosankan — walau tetap menyenangkan; Kalau saya solusinya, ngehubungin temen-temen, ngajak jalan bareng ke manaa gitu…

    Lumayang ngusir bosan juga :)

  2. says

    Tips yg menarik. Cuma kalau kegiatan yg berhubungan dengan penghasilan, bagaimana mengatasinya ? Di satu sisi kita butuh, di satu sisi kita bosan, kalau untuk berhenti sejenak tidak mungkin. Adakah solusinya ?

  3. says

    Betul banget….tapi menurut saya sangat manusiawi jika kita masih di hinggapi rasa bosan…yang bahaya kalau kita sudah tidak di hinggapi rasa apa2 lagi alias mati rasa….hehehe

  4. says

    wajar sih kalo sesekali bosan, asalkan jangan keterusan aja.. bosan=istirahat..waktunya jalan2 bareng keluarga,temen,dln..

  5. says

    Bosan: Apakah itu?

    Menurut para psikolog, bosan adalah sebuah kondisi yang bukan sebagai akibat tidak adanya hal-hal yang bisa dilakukan, tetapi karena ketidak-mampuan untuk secara mental bertahan pada suatu aktifitas tertentu
    Bosan seringkali dipandang sebagai gangguan sepele yang bisa dialihkan dengan tidur, melamun, atau berpartisipasi dalam suatu aktifitas baru, tetapi menurut mereka bosan sebenarnya berkaitan dengan berbagai masalah psikologis, pendidikan, dan sosial.

  6. angelina says

    wah aku juga sebenarnya lagi bosan nih..tapi dbc network menghilangkan kebosananku..abis masih banyak yg harus di explore sih…tapi sempat juga beli hadiah u/diri sendiri..hasil dari Dbc juga…manjain diri sendiri ga papa kan…

  7. says

    THANKS MBAK UTK SHARINGNYATAPI ITULAH MANUSIAWI DAN BAGUS TIPS2NYA MEMANG KALAU LG BOSAN SYA CREAMBATH KESALON KALAu tidak ya coba resep2 diAURA ATAU SAJI TABLOID DAN PANGIL CUCU2 DATANG UNTUK RAME2 MAKAN YANG SDH DIPRAKTEKKAN TADI

  8. says

    thx bgt tipsnya, poin yang sederhana sehingga mudah diterapkan yg sebelumnya ndak pernah saya pikirkan. sekali lagi terma kasih

  9. Mas jokosa says

    ya gitulah manusia hidup, kalo belum diraih apa yg dicita2kan rasanya pingin ngejar terus, tapi klo udah diraih & mjd rutinitas malah jd bosan. it’s no problem banyak solusinya. Yg jd mslh bsr klo manusia sdh bosan makan nasi, bosan kerja, dan parahnya bosan hidup.. blaik…

  10. says

    Menarik… bosan memang sifat dasar manusia tapi dengan sedikit merubah cara melakukan rutinitas yang membuat bosan tersebut so pasti rasa bosan itu bisa diminimalisir… kalo bunda lebih suka main game utk menghindari rasa bosan.

  11. Moch Natsir says

    bosan denger nya aja rasanya gimana yah, tapi itu masalah nya di dunia ni segala sesuatu cuman ada 2 : senang susah, hidup mati, kerja nganggur, bangun tidur kita jalanin aja toh dr rasa bosan itu kadang kita dapat ide cemerlang

  12. says

    bosan?
    pasti ada dong waktunya….
    caranya? dan bisnis tetep jalan?
    untung online…. dbc network nya… dan… klo aku ga ke salon.. tapi beli produk2nya oriflame trus perawatan sendiri di rumah… gak keluar ongkos untuk keluar rumah, ga habisin waktu di jalan dan… tetep dapet bonus dengan belanja perlengkapan perawatan diri…. asik ya….dapet duitnya jalan terus meski bosan…

  13. Ivan says

    iy mbak…

    Tapi kalo misalnya rasa bosan saya melebihi batas gimana mbak??
    saya sering, sangat malah iya…

    apa yg harus saya lakukan dan saya juga tinggal di asrama

  14. says

    Bosan itu sudah sarapan saya, karena pusing mikirin banyak yang bohong, mengubar janji dan lainnya. Jikalau itu sering timbul ketika aku lagi beong. Jengkel, benci, dongkol itu sering timbul ketika aku mengingat pemimpin yang tlah berkianat dalam suatu perjuangan.

  15. dimas says

    iyambak..saya juga merasa osen setiaphari…itu2 saja yang dikerjakan…..
    makasih atas supportnya….

  16. Irman says

    Benar-benar luar biasa… Makasih banyak ya mbak.. Saya sangat senang dengan semua tips yang Mbak Dini berikan.. Salam sukses selalu!!!

  17. agus says

    namanya jg BOSAN……….tp paling tdk itulah yg bs jd solusinya..
    thx ats infonya ya mb………

  18. saras wardani says

    kalo aku merasa bosan,,,sama sepert jeng nad…main game….maupun iu game online ato PS…..biasanya kalo udah main,sampe malam…hihihihihihihi…..main sama keponakan,,,,ngegym di rumah…..

  19. says

    Bosan..biasanya kalo kita melakukan hal yg itu-itu aja, akhirnya kita jadi terjebak rutinitas. Kalo saya lg bosan biasanya sih ngerjain hobby, main musik lah, nonton film, atau sekedar jalan-jalan ke mal. kalo udah fresh lg inget goal kita and take action untuk mencapainya.. :-)

  20. says

    Kalau aku dah bosan banget… aku sukanya sengaja mogok, jadi not doing anything, trus santai2 gak jelas gitu, entah baca novel baru, atau bikin kue, atau apapun yang lain, pokoknya gak menyentuh pekerjaan pokok sama sekali… ntar trus dah gitu, balik lagi kerja… :)

  21. says

    Kalau lagi bosan dengan pekerjaan rutinitas di kantor mendingan putar music atau jalan2 ke, shopping mall ujung2nya nggak jadi belanja tapi mampir ke Cafe minum Es Cream & heavy snack so…sambil dengar alunan music yang agak ceria…….

  22. says

    Memang manusia di kasih hati suka berobah robah kadang demen kadang bosan..Paling bahaya kalau sidah bosan hidupp…Ooooupp!!!!!!!

  23. imam hadi says

    Makasih motifasinya untuk mengatasi rasa bosan. Sepertinya sudah cocok dan sudah saya lakukan semua. Kadang saya ambil mobil bersama keluarga berlibur kadang lama dan jauh. Kalau bosannya dikit ya yag dekat dekat aja.Yang penting dengan semua kelurga bisa bercanda ria habis itu bisa fress lagi.

  24. says

    Biasanya tina bosan klo lagi sendiri, contohnya saat tina libur tapi suami kerja bingung mo ngapain, kerjaan rumah dah selesai mo ngapain ya….biasanya yg tina lakuin sesuai hobby all about music…
    Eh tapi waktu msh panjang nungu sampai suami pulang…..
    Tapi sekarang setelah gabung dengan dbc network tina punya kesibukan baru, online + belajar tentang dbc network…waktu kayaknya kurang terus klo dah mulai belajar…ga terasa suami pulang hehe….asik banget banyak keuntungannya, pokoknya TOP BGT dah, ga rugi gabung sama dbc network oriflame….ayoooo siapa mau….????

  25. Suryadi H' says

    oke, akn diusahakan agar kebosanan dalam suatu hal dapat diatasi…. makasih dulu atas info/sarannya.

  26. says

    Benar juga mbak Dini sering memang rasa bosan itu menimpa,tapi untung saya masih bisa mencari konpensasi,ya ini internetan lalu baca-baca blog bisa menambah wawasan macam-macam dah……pokoknya .Tapi yang positif lho………mbak.

  27. kusuma says

    Kadang hidup emang membosankan,,aplagi sebagai ibu rumah tangga diem di rumah, jarang keluar dan bergaul,,,,mau jalan2 juga bosen,,,klo hanya ke mall ,,,,Emang pergaulan itu penting banget,,,jadi temen curhat,,,berbagi suka duka,,,dll
    hahhhhh,,membosankan

  28. Kiki Riskiyah Heryanto says

    thanks mb’ Dini I like it., saya akan mengikuti jejak mb’ Dini mb’ Nadia.
    InsyaAllah.

  29. Eny says

    memang benar rasa bosan itu selalu muncul tapi gmn kita atasi rasa bosan itu…
    tapi apakah kita termakan oleh rasa bosan itu…
    pasti kita punya jurus untuk atasinya…

  30. yanti sudhiksa says

    Saya kalo bosan, naik busway aja ke tempat2 yg jauh, berpetualang sendiri!
    Msk2 gang di glodok, mangga2 or daerah2 kota sana, gak beli apa2 cuman
    Liat2 n cari makan yg mblusuk2, berasa kayak di gang2 di Hongkong! Plgnya
    Pst seger lagi! Ilang bosennya!

  31. eva lusiana says

    thanks ya mbak bagus sich mnrt aq sbgai motivasi untk q…!tp gmn ngga bosan sich..tiap kl byk yg order brng,danax ngga ckp gmn donk solusix?heee heeee