Cara Mendidik Balita Untuk Belajar Menulis

Saat mengasuh buah hati, Ibunda pastilah melewati masa saat cara mendidik balita untuk belajar menulis dirasa penting. Menumbuhkan daya tulis baca pada anak merupakan hal dasar dari literacy yang penting bagi anak dikemudian hari untuk mendapatkan banyak ilmu. Mengajarkan sesuatu yang baru untuk anak-anak memang memiliki banyak tantangan karena setiap hal yang kita ajarkan di usia balita mereka akan tercetak sebagai kenangan yang akan dibawa sampai mereka dewasa kelak dan mempengaruhi karakter mereka.
Hal yang Perlu Ibunda Tahu tentang Cara Mendidik Balita Untuk Belajar Menulis
Balita mulai mengenal angka dan huruf sejak mereka berumur 2-3 tahun, dan mulai mengetahui angka dan huruf mulai umur 4-5 tahun. Ini berarti bahwa ibunda tidak perlu khawatir jika balita bunda masih berumur 4 tahun dan belum memahami huruf dan kemampuan menulis belum baik.

Di umur yang masih sangat belia ini, si kecil bisa mulai dikenalkan terlebih dahulu pada bentuk-bentuk dasar seperti segitiga, persegi, lingkaran dan lain sebagainya. Gambar-gambar hewan untuk belajar warna juga stimulasi yang baik untuk awal pembelajaran menulis. Untuk mulai mengenalkan huruf dan angka ibunda bisa menggunakan angka dan huruf yang berwarna-warni, bisa dari buku maupun poster, atau huruf-huruf yang bisa dipasang di pintu atau tempat si kecil sering bermain.

Hal ini akan memudahkan mereka untuk dekat dengan angka dan huruf serta memudahkan ibunda untuk menstimulasi mereka dalam belajar memahami huruf dan angka, yang akan memudahkan mereka saat belajar menulis kelak. Berikut adalah cara mendidik balita balita untuk belajar menulis yang bisa ibunda terapkan.

Cara Mendidik Balita Untuk Belajar Menulis yang Menyenangkan
Hal ini penting untuk diketahui setiap ibunda, bahwa pembelajaran yang menyenangkan akan memaksimalkan penyerapan ilmu bagi siapapun. Untuk balita, pembelajaran yang menyenangkan, bahkan terkadang mereka tidak ‘sadar’ kalau sedang belajar, sangatlah penting karena di umur mereka, hal yang monoton akan membosankan dan membuat mereka malas belajar. Untuk mulai belajar menulis, tentunya anak-anak harus terbiasa dan telah mengenal huruf dan angka. Sebagai awal perkenalan mereka, ibunda bisa membiasakan si kecil untuk ‘membaca’ dan menyukai bacaan dengan cara mendengarkan cerita.

Tahap ini sangat baik untuk dimulai saat balita berumur 2-3 tahun. Saat mereka mulai memasuki umur yang lebih lanjut barulah ibunda mulai membiasakan mereka dengan huruf dan angka yang bisa didapat dalam buku maupun poster yang dapat ditempel seperti yang telah dituliskan di atas. Ibunda juga bisa menggunakan huruf-huruf yang membentuk nama mereka untuk menarik perhatian, kemudian melakukan stimulasi dengan menyebutkan berbagai kata yang dimulai dengan huruf yang sama dengan nama si kecil.

Jika ibunda telah mencoba namun belum berhasil, tidak berarti bahwa ibunda gagal dalam menerapkan cara mendidik balita untuk belajar menulis, karena perlu diingat belum ada yang bisa membuktikan bahwa kemampuan membaca si kecil di usia muda berhubungan dengan ketrampilan membaca di usia dewasa.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10