Cara Mengusir Tikus

Bagaimana caranya mengusir tikus?

mengusir tikusTanya:

Moms, Rumahku kemasukan tikus got dari luar, aduh sebel sekali pintu digigitin, kabel digigitin.. bagaimana ya cara mengusir tikus? aku pernah baca katanya pakai karbit..benar tidak moms..? ada yang tahu cara lain mengusir tikus? [Yn]

Jawab:

Aku pernah coba macam-macam cara, lem tikus, taruh ikatan-ikatan daun kemangi / pandan /sereh di tempat-tempat yang biasa di lewati tikus, taruh tali ijuk, berhasil tapi hanya sebentar, habis itu balik lagi, apalagi musim hujan begini. Mau coba pakai alat yang frekwensi tinggi itu takut dimusuhi tetangga : -( Sekarang tetap pakai lem tikus saja,  taruh di beberapa tempat, dipindah-pindah habis tikusnya juga pintar, bisa ngeles…hiks… Lubang-lubang di tanah tempat mereka keluar, ditutup pakai kerikil dan tanah, Hmmm…hopeless deh… [Dy]

Kalau aku, got luar dikasih ram yang tidak memungkinkan tikus lewat tapi kotoran dan air masih bisa lewat. Sejak itu, aku bebas dari tikus. Karena dikasih racun tikus hanya berefek sesaat. Saat ini aku masih kasih racun tikus di halaman rumah beberapa hari sekali, yah siapa tahu banyak yang berkeliaran dan masuknya tidak lewat got, malah lewat pintu rumah. Mudah-mudahan membantu [Ann]

Pakai racun tikus merk DORA, selama ini lumayan mengurangi secara racun ini membuat tikus yang mau mati mencari cahaya terang jadi matinya tidak di tempat-tempat yang susah dijangkau yang malah membuat kita pusing mengambil bangkainya [Dil]

Mbak Yn, Aku seperti Mbak Ann, pakai penutup berlubang-lubang di ujung pipa pembuangan air, jadi tikusnya tidak bisa masuk ke pipa. Terus dibawah tempat cucian piring, aku pasang jebakan tikus juga. Alhamdulillah sampai sekarang tidak ada masalah tikus. Selain itu aku pelihara predator alaminya, kucing, Si kucing beberapa kali sukses menangkap tikus, tapi dia tidak doyan memakannya, sudah terbiasa ikan goreng mungkin ;-). Aku memang menghindari memasang racun tikus, karena pengalaman tetanggaku, bisa jadi si tikus memakan racun di rumah kita, tapi matinya di rumah orang lain. Terus ketahuannya kalau sudah membusuk, dan dimakan belatung hiiiiiii nanti jadi tidak enak sama tetangga [An]

Iya moms, Ini dia musuh semua rumah, paling sebal kalau ketamu-an sama mahluk ini. Dulu rumahku juga jadi markasnya tidur, padahal rumah baru. Tapi waktu itu kita membuat kolam yang ada bagian kosong, jadilah tempat kosong itu tempat favorit tikus. Kasa nyamuk saja digigiti. Pernah baca dibuku, ada beberapa cara :

  • Jamu. Taburi jamu yang baunya menyengat ditempat yang banyak kotoran tikusnya
  • Ini berlaku buat ngilangin semut juga.
  • Kapur Bagus/kamper (ditumbuk terus ditebar).

2 cara diatas aku sudah jalani, lumayan ampuh tikusnya tidak bersarang disitu lagi. Tapi dia tetap rajin berkunjung kerumah walaupun tidak bersarang dirumah lagi. Akhirnya aku pakai racun tikus (tapi tidak ampuh) dan pakai lem tikus (ampuh). Akhirnya tikusnya ketangkap di lem tikus ini, walau agak tidak tega mendengar cit cit cit semalaman si tikus ini [Wknt]

Coba Piara jangkrik, Benar nih, aku pernah baca di majalah, cara mengusir tikus adalah dengan memelihara jangkrik. Mungkin karena suara derikan jangkrik tidak cocok buat kupingnya tikus ya :) Dan untuk mencegah masuk lagi ke dalam rumah, lubang-lubang saluran air ditutup pakai kawat ram yang baja (jangan pakai kawat nyamuk ya, nanti habis digigiti juga) [Ssn]

Bagaimana caranya piara jangkrik ya? Jadi ingin juga. Jangkrik makannya apa ya? Di halaman / di jalan tikus got buanyak sekali! [Vt]

Mbak, aku dulu pernah coba piara jangkrik karena salah jangkrik (jangkrik untuk makanan burung yang aku pelihara) eh, malah pada mati jangkriknya dan bunyi juga tidak. Mbak Vt, harusnya beli jangkrik yang di abang-abang yang jualan di sekolah, jangkriknya yang besar-besar dan serem itu [Yn]

Mbak, Di rumahku dulu juga begitu, ganas sekali. Sampai tupperware saja digigiti. Menjijikkan sekaligus menyeramkan sekali. Memang rumahku di pinggir kebun singkong, dekat sawah dan sungai kecil yang potensial sekali ada tikus. Akhirnya aku menerapkan aturan:

  1. Tidak boleh sama sekali ada makanan di luar. Cari kaleng/lemari yang rapat sekali.
  2. Tidak boleh ada secuilpun makanan di luar.
  3. Tidak boleh ada sampah sama sekali. Sampah basah langsung ditaruh di luar rumah. Apalagi kalau malam, tidak boleh ada sampah di dalam rumah
  4. Lubang-lubang pipa/tanah semua ditutup. Kalau tidak disemen ya di tutup kasa kawat yang rapat.
  5. Sebar racun tikus di tempat lalulintas tikus. Aku terakhir pakai merk DORA. Hati-hati jangan kena tangan waktu menaruhnya, itu membuat tikus tidak mau makan itu racun.
  6. Fogging. Aku panggil orang dari Jakarta (aku di Bogor) yang khusus fogging. Dia fogging lengkap dari demam berdarah, kecoa, sampai racun tikus (bukan bentuk fog). Alhamdullillah berhenti total itu serangan tikus selama 3 mingguan total bersih. Setelah itu paling ada 1-2 dan tidak masuk rumah. Tapi, tetap aku pasang racun dimana-mana, mudah-mudahan berhasil ya. [Dn]

Wednesday, February 24, 2010

Comments

  1. wah akan saya coba tips diatas

  2. trims ya trik-nya.

  3. anto eha says:

    Terima Kasih buanyak tips nya akan saya coba….. moga2 berhasil amiiin..

  4. aku jg mo coba..thanks

  5. sumarni says:

    bisa minta no telp petugas foggingnya, mbak? Trims

  6. wah thanks tipsnya…………..aku ikut nybain deh….

  7. wah, yang bener-bener ampuh pengusir tikusnya ada gak ya ? yang bikin tikusnya gak balik-balik lagi gitu ???

  8. apa yah yang ampuh membinasakan tikus dengan cara yang mudah

  9. andaikan saja ada racun tikus yang menghambat reproduksi mungkin untuk kedepannya tikus akan musnah dari peredaran bumi ini, huft

  10. saya biasanya mengusir tikus pake tongkat hehhe

  11. def samarinda says:

    makasi trikx mw cb deh”

  12. Untuk mengusir tikus kita harus merubah habitat tikus agar tikus tidak betah atau dengan kata lain merubah keadaan rumah, untuk lengkapnya silakan ke basmitikus.com

  13. thanks atas infonya nih moga bermanfaat

  14. anonymous says:

    mungkin saja yah, kalau ada racun yang membuat tikus terinfeksi dan tidak bisa bereproduksi yang hanya mengenai tikus dan tidak membunuh, dan menginfeksi biar pas hidup dibawa ke mana mana, ke teman2nya he he he (nghayal)
    susah, tapi kalau ada frekwensi yg cuma didengar tikus, bisa nggak yah diatur untuk membuat mereka tewas tapi tidakberpengaruh ke manusia -.-

  15. kira2 tu tikus manfaatnya ap ya?

  16. Alhamdulillah dapet info yg berguna, coz dirumah lg ada serangan tikus nih…. pernah pake perangkap tikus, eh tikusnya bisa keluar lg (kepinteran tikusnya) hehehe….

  17. wah tertarik yg fogging itu… brp ya ongkosnya?

  18. Tursantono says:

    mbak, mau nanya nih….
    1. Nama petugas foggingnya siapa y?
    2. Nomer hpnya brp ?
    3. Klo boleh tau biayanya brp ?
    Trims…..

  19. Ad doank says:

    Di bom aja tu tikus

  20. wah dirumahku banyak banget tikus….. aku mo coba terapkan…
    terima kasih infonya

    salam

  21. Memang sulit urusan dg hewan cerdas ini.. :-(

  22. saipul bahri says:

    Wah seru nie ngebahas masalah tikus
    saya cuma mau kasih saran tambahan aja nie

    1. Usahakan pada saat malam hari tidak ada sisa makanan
    2. Tutup jalur masuk tikus
    3. Pakai perangkap hanya sekali saja tidak bisa Continue
    4. Pakai Racun mudah jera
    5. Pakai Predator lebih berhasil.
    6 Serahkan pada ahlinya (Pest Control)

    semoga bermanfaat ……

  23. kalau mau suara jangkrik enggak perlu repot2 untuk memeliharax, cukup download di 4shared keyyyyyyyy

  24. Mau tahu CARA PALING AMPUH USIR TKUS? PELIHARALAH KUCING ATAU ULAR DI RUMAH ANDA. Tuhan sudah menciptakan SIKLUS KEHIDUPAN YANG PALING SEMPURNA di dunia. Ingat diagram rantai makanan yang pernah kita pelajari saat sekolah? Padi dimakan tikus dimakan ular/kucing dimakan elang mati jadi pupuk. Tuhan sudah memikirkan semuanya. Racun tikus adalah CARA PALING BODOH dan BERBAHAYA yang pernah ada.

  25. makasih tipsnya…………..

  26. trima kasih atas infox!

  27. “Mau coba pakai alat yang frekwensi tinggi itu takut dimusuhi tetangga.” kok bisa dimusuhi tetangga?

  28. klw cara mbasmi cicurut gmn dong???????????????????

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10