Info Hotel, Makanan & Souvenir Di Bangkok (Thai)

Ayo dong Ibu kasih tau aku tempat yang enak, murah dan bagus untuk cari souvenir dan tempat makanan di sana (tentunya juga harus halal).

Tanya:

Pada hari Minggu nanti (22/8) suamiku ada training di Bangkok, Thailand sekitar seminggu, sendirian. Dia orangnya tidak pernah belanja (karena dia memang tidak tahu apa yang harus dibeli dan tidak hobi). Ayo dong Ibu kasih tau aku tempat yang enak, murah dan bagus untuk cari souvenir dan tempat makanan di sana (tentunya juga harus halal). Kemudian souvenir dan makanan khas sana yang bagus dan mudah dibawa untuk oleh-oleh biasanya apa? Mohon info juga hotel yang bagus tapi murah, dimana dan apa namanya. Tolong ya Ibu, nanti aku teruskan lagi infonya ke suamiku. [Dn]

Jawab:

Kalau souvenir massal, aku paling senang beli kaos Thailand, kualitas bagus dan harganya murah meriah, hanya 70 Baht. Motifnya juga khas Thailand semua. Pokoknya tidak rugi beli kaos ini sampai puluhan biji, pasti laris manis. Kalau untuk cewek ada juga tas tangan kain gambar gajah, harganya 90 Baht tapi aku tidak terlalu suka, soalnya jarang kepakai. Ohya, beli yang murah itu di pasar malam yang di tengah kota Thailand, disitu lengkap banget kalau tidak salah namanya Marboonklong (cmiiw). Buat yang doyan Kaos & Kemeja F1, disitu harganya 350 Baht untuk kemeja, kaos 200 Baht. Ada juga makanan khas yang kering-kering, seperti kripik dan permen duren, kepiting kecil (unik), manisan buah (jambu biji dll), asem, kacang, harga per bungkus 50-150 Baht. Ohya, jangan lupa nawar ya. Tapi, kalau sudah tahu kisaran harganya, bisa lebih enak nawarnya. Waktu itu, aku belanja sedikit-sedikit dulu dan semua ditawar. Di tempat kedua aku akan tawar lebih murah dari tempat sebelumnya. Begitu terus sampai ketemu harga termurah.

Kalau untuk istri, minta dibelikan permata saja. Bayarnya bisa pakai rupiah atau dollar, pake credit card juga jatuhnya tidak mahal. Tempatnya sudah standar ISO 9000 jadi bagus dan profesional, namanya World Gems ada di Bangkok dan Pattaya. Tinggal bilang saja kisaran harga yang kita cari, nanti diantar ke tempat yang sesuai. Harga cincin mulai dari 350 ribu rupiah sampai tak terhingga. Lengkap, ada rubi, opal, diamond dll. Bisa pilih sesuai dengan bintang kita.

Kalau suka kulit, banyak juga tas, dompet, sepatu dari kulit pari, buaya, ular, dll. Aku tidak tahu harganya, karena tidak suka dan kasihan sama binatang yang dikuliti itu. Mengenai hotel, aku tidak begitu tahu karena sudah diatur sama travelnya. [Wi]

Untuk Souvenir:

  1. Chatuchak Weekend Market – Ini tempat yang “most recommended place”. Tempatnya besar sekali, ada puluhan ribu kios.Hanya buka Sabtu-Minggu jam 10.00-18.00. Kadang tidak cukup muterin tempat itu dalam sehari (kalau suka belanja atau cuci mata). Kalau ke sana bisa pakai BTS (turun di Mo Chit) atau pakai MRT (turun di Chatuchak Park). Harganya murah apalagi kalau beli banyak dan bisa nawar. Yang dijual disitu banyak macamnya, dari souvenir, lukisan/art-product, barang antik, majalah, makanan sampai hewan dan tumbuhan. Tidak cuma produk Thailand, kadang ada produk negara tetangga. Kalau kesini musti pakai baju yang nyaman karena panas.
  2. Naraiphand – Kalau gak pas weekend bisa cari di Naraiphand. Tempatnya persis didepan World Trade Center. Bisa pakai BTS turun di Phloen Chit dan jalan sedikit kearah WTC. Harganya lebih mahal dari Chatuchak tapi toko ini dikelola sama pemerintah Thailand. Bentuknya mall 3 lantai. Bagus tapi koleksi sutranya mahal-mahal.
  3. MBK lantai 6 – Alternatif lain ke MBK atau Mah Boon Krong Center. Di lantai 6 ada stand-stand souvenir. Harganya jelas lebih mahal. Bisa beda sampai 50-100 baht (sekitar 10-20ribu). Ke MBK paling gampang karena ada BTS langsung yang berhenti di National Stadium (end of station) dan ada penghubung langsung untuk ke MBK.
  4. BEC Tero Night Bazar – Tempat ini buka tiap hari tapi cuma malam saja. Dikelola sama pemerintah. Maunya untuk bersaing dengan Chatuchak tapi harga yang dijual jauh lebih mahal. Yang datang kebanyakan turis Jepang ama Korea pakai bis. Mungkin buat yang tidak bisa ke Chatuchak ya..  Intinya kalau souvenir pakai standar harga Chatuchak saja. Diluar itu jauh lebih mahal. Jangan beli yang dari pinggir jalan karena harganya mahal. Apalagi beli di Pat Pong, wah rugi.

Untuk Makanan:

  1. Makanan buat oleh-oleh bisa dicari di Chatuchak juga. Lebih baik kalau sampai sana langsung minta map Chatuchak jadi langsung dateng ke tempat yang dituju. Kalau tidak pasti nyasar and mutar-mutar aja karena tempatnya luas banget. Di internet juga ada map-nya, ini salah satunya: http://www.guidetothailand.com/thailand-shopping/shopping_chatuchak_map.htm
  2. MBK lantai 6 (selantai dengan food court). Biasanya kalau kita habis dari food court kita bakal refund coupon makan (kalau mau makan mesti beli coupon dulu), nah toko makanan ini sejalan dengan Refund Booth. Atau kalau tidak cek saja tiap lantai karena ada saja yang jual makanan khas Thailand.
  3. Pasar depan Chatuchak – Pasar ini sering di-refer ama orang bule untuk acara di TV seperti National Geographic. Tahu acara masak “Wok with Yan”? Dia juga pernah pakai pasar ini sebagai referensi jajanan Thailand. Harganya lebih mahal dari pasar tradisional, tapi mereka garansi barangnya fresh and bagus. Mayoritas makanan basah walaupun ada makanan kering juga. Cuma bisa dibilang makanan/jajanan khas Thailand memang ada disini.

Kalau info hotel kurang tahu ya, lebih baik booking dari travel agent aja. Kalau kemaren keluarga saya nginep di Silom Village di Silom Rd. Letaknya strategis dan gampang kemana-kemana. Ratenya kurang dari 2000 Baht (sekitar 1900-an Baht) tapi bagus and bersih. [SS]

Tanya:

Bu, ada yang bisa kasih info tentang kota Bangkok, baik tempat wisata dan belanjanya? Terima kasih [Dr]

Jawab:

Kalau ke bangkok biasanya aku beli manisan buah (kering) buat oleh-oleh. Mencarinya mudah (di supermarket-supermarket banyak) terus bisa buat banyak orang jadi semua bisa kebagian. Tempat belanja suan lom (spell?) night market, ini bukanya mulai sore sampai tengah malam. Kalau kebetulan jatuh di weekend bisa ke chatuchak (weekend market), tapi ke sana harus pagi-pagi karena kalau siang panasnya amit-amit. Kalau yang gedongan ada MBK, ini di tengah kota, suasananya seperti di Mangga dua atau ITC. Yang kelas mall juga banyak ada siam center, WTC, terus yang baru buka kalau tidak salah Paragon. Tempat wisata aku tidak begitu tahu karena ke Bangkok selalu urusan kantor, jadi tidak sempat ke tempat-tempat wisatanya, kalau belanjanya ya sempatlah …:) [Nn]

Menambahkan sedikit, kalau tempat wisatanya paling ke Grand Palace (istana raja), kuil Wat Pao (yang ada reclining Buddha-nya), Crocodile farm (diluar kota, ada pertunjukan gajah dan buaya). Terus bisa coba floating market, makan malam di boat di atas sungai chao phraya, kalau mau cari souvenir murah di narayanaphand di seberangnya WTC (kalau tidak salah). Tapi dilantai basementnya ya, soalnya kalau yang diatas dept. store) mahal. Sebenarnya belanja di kaki lima sepanjang jalan itu ternyata murah sekali lho, asal kita pintar-pintar menawar saja, asli..seperti di Jakarta kalau masalah tawar-menawar [Ri]

25-09-2006 22:55:42

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10