Macam-macam penyakit kelamin dan Tips Pencegahannya

gonoreaPenyakit kelamin adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman. Dan biasanya ditularkan melalui hubungan seksual. Penyakit kelamin kebanyakan sudah bisa disembuhkan, namun masih ada juga penyakit kelamin yang belum bisa disembuhkan. Sebelumnya anda perlu mengetahui macam-macam penyakit kelamin, tersebut diantaranya adalah :

1. Herpes : Gejala awal muncul seperti lecet yang kemudian terbuka menjadi lubang kecil dan berair

2. Infeksi jamur : Lebih disebabkan oleh jamur yang pada awalnya timbul karena tidak disunatnya anak laki-laki

3. Syphilis : Disebabkan oleh bacteria. Luka terlihat seperti lubang pada kulit dengan tepi yang lebih tinggi. Pada umumnya tidak terasa sakit. Tetapi virus akan menetap pada tubuh dan penyakit dapat muncul berupa lecet-lecet pada seluruh tubuh.

4. Vaginistis : Penyakit ini timbul dari akibat terinfeksinya vagina karena bakteri dan pada akhirnya menyebabkan keluarnya cairan yang berbau dari dalam vagina.

5. Bisul pada alat kelamin : awalnya muncul berupa satu atau banyak bisul atau benjolan antara sebulan sampai setahun setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit tersebut. Penyakit ini disebabkan oleh virus (virus human Papilloma atau HPV)

6. Kutu kelamin : cara menyembuhkannya mudah, cukup menggosokkan obat cair khusus.

7. AIDS : penyakit ini sangat berbahaya, akibat dari hubungan intim yang sangat serius sehingga menyebabkan tidak bekerjanya system kekebalan tubuh. Dan belum ada obat untuk penyakit ini.

Untuk mengantisipasi hal tersebut anda perlu membaca tips dibawah ini. Sehingga anda dapat mencegahnya sebelum penyakit itu datang.
1. Setia pada pasangan anda. Dan jangan pernah berhubungan intim tanpa hubungan yang resmi (suami istri)

2. Kebersihan pakaian dalam : Sepatutnya anda mengganti pakaian dalam sebanyak dua kali untuk menjaga kebersihan.

3. Menggunakan toilet umum : pada saat menggunakan toilet  ini siramlah terlebih dahulu, hal ini untuk mencegah penularan jika ada pengguna lainnya yang menderita penyakit kelamin

4. Merawat rambut yang tumbuh di sekitar alat kelamin : Hindari membersihkan bulu di daerah kemaluan dengan cara mencabut karena aka nada lubang pada bekas bulu kemaluan tersebut dan menjadi jalan masuk bakteri, kuman, dan jamur.

5. Pemakaian panty liner : pemakaian pantyliner tidak dianjurkan setiap hari. Tetapi digunakan pada saat anda mengalami keputihan

6. Seringnya mengganti pembalut jika mengalami haid. Hal ini untuk mencegah berkumpulnya kuman pada gumpalan darah haid anda.

7. Seringnya melakukan pemeriksaan.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10