Mempercepat Komputer

Tujuh tips Mempercepat Komputer

Tips mempercepat komputer di bawah ini semoga dapat membantu anda meningkatkan kinerja perangkat komputer anda. Satu hal yang penting untuk diingat adalah seiring dengan berjalannya waktu, sebuah perangkat komputer lambat laun akan kehilangan performance terbaiknya atau lambat. Cirri yang paling mudah untuk mengetahuinya adalah dengan memperhatikan apakah system merespons tindakan yang anda lakukan (membuka folder, browsing internet, dsb) dengan cepat atau malah tergolong lambat. Apabila lambat, maka anda dapat mempraktekkan beberap tips mempercepat komputer berikut.

Tips mempercepat komputer sendiri 

Berikut beberapa tips mempercepat komputer yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

  1. Tips mempercepat komputer yang pertama adalah dengan membersihkan desktop anda dari file yang berserakan. Anda perlu tahu bahwa meski ukurannya kecil, namun terlalu banyak file akan menyebabkan kinerja komputer berat, maka anda perlu membersihkannya, terutama apabila file – file tersebut sudah tidak terpakai lagi. Termasuk pula dalam tips mempercepat komputer ini adalah mengusahakan agar desktop (drive C) bersih dan di kemudian hari simpan file hanya di drive data (D).
  2. Tips mempercepat komputer yang kedua adalah dengan men-scan system windows pada komputer anda. Operasikan System File Checking, maka anda akan dengan mudah menemukan apabila terdapat file – file system yang telah rusak atau berubah.
  3. Men-scan keberadaan virus, spyware dan adware adalah tips mempercepat komputer yang ketiga. Komputer yang dioperasikan dengan Windows rentan terhadap ketiga hal di atas. Keberadaan mereka akan membuat komputer anda bekerja keras, maka dari itu, men-scan secara berkala dan kemudian menghapusnya menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan.
  4. Meng-uninstall program yang sekiranya sudah tidak anda butuhkan lagi. Tips mempercepat komputer yang satu ini juga cukup efektif, lantaran keberadaan program yang sudah tidak terpakai, baik yang berukuran besar ataupun kecil sudah cukup untuk membuat perangkat komputer anda bekerja lambat. Meng-uninstall keberadaan mereka akan memberikan tambahan ruang pada disk space yang berimbas pada meningkatnya kinerja system.
  5. Tips mempercepat komputer yang kelima adalah dengan mengatur efek visual ke posisi Best Performance. menyesuaikan atau mengurangi system visual dapat memberikan perubahan atau meningkatkan kinerja komputer.
  6. Jangan pernah menjalankan suatu program secara otomatis saat Start Up. tips mempercepat komputer yang satu ini sering kali dilupakan oleh banyak pengguna komputer. Apabila anda jarang menggunakan suatu program tertentu, maka akan lebih baik jika anda menonaktifkannya dari auto start. Untuk XP, anda tinggal mengetik msconfig.exe pada menu Run kemudian klik tab (Start Up), maka akan nampak program mana saja yang tergolong jarang diakses. Untuk menonaktifkannya, anda cukup menghapus tanda centangnya.

Tips mempercepat komputer dengan bantuan ahli

Apabila setelah mengaplikasikan langkah – langkah di atas, perangkat komputer anda tetap saja lemot, maka ada baiknya anda mengkonsultasikannya dengan orange yang sudah ahli. Tips mempercepat komputer yang terakhir ini menjadi jalan terakhir. Biasanya, teknisi akan mengambil langkah – langkah yang dibutuhkan, termasuk menginstal ulang, apabila diperlukan. Mereka juga akan mengecek apabila terdapat kerusakan pada hardware komputer anda.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10