Operasi Gigi

Lama-kah penyembuhan setelah operasi gigi?

operasi gigiTanya:

Ada yang pernah operasi gigi tidak teman-teman? Bagaimana? katanya operasinya sebentar tapi penyembuhannya yang lama (makan bubur, tidak bias bicara, nyut2an) aku ada rencana operasi, tapi masih ragu, kasian anakku euy kalau akunya kelamaan tidak fit. [ES]

Jawab:

Mbak, aku dulu pernah operasi gigi di RS Jakarta lumayan lama sembuhnya. Tapi kalau suamiku tidak terlalu lama, dia dulu operasinya di RS Gatot Subroto [Yn]

Mbak, Aku sudah pernah sharing tentang operasi gigi ini, alhamdulillah yang operasi gigi bukan aku tapi suamiku he he… Tapi aku juga ikutan repot secara sama sekali tidak ada persiapan, dikira mudah, ternyata…

Ini yang harus diperhatikan seingatku dulu ya:

  1. Persiapan yang matang baik keuangan maupun mental karena akhirnya baru tahu kalau ternyata mahal sekali sampai Rp 2.500.000,- satu gigi, suamiku kemarin 2 gigi dalam 1tahun berselang, untung diganti kantor he he…
  2. Penyembuahannya lama sekali, suamiku operasi gigi yang pertama pas ramadhan, jadinya sampai batal 10 hari! Karena tidak kuat menahan sakit dan menyerah minum obat penahan sakitnya, maaf aku sudah lupa nama obatnya. Sampai pas lebaran suamiku tersiksa sekali makannya karena masih ngilu-ngilu.
  3. Pilih waktu yang tepat, kalau yang kerja kantoran jangan pas lagi sibuk buat laporan, kalau yang dirumah, jangan pas anak-anak lagi ulangan atau ujian, kasian anak-anak kita juga
  4. Lama operasinya sekitar 2 jam-an. Dibius lokal dalam gusinya. Tidak mudah, suamiku operasi gigi karena ada gigi tumbuh dibawah gigi. [NM]

Tahun lalu saya operasi gigi – ada geraham yang tidak bisa tumbuh, akhirnya dicabut. Sakitnya hanya karena makan tidak enak saja, belum bisa yang keras-keras. Terus, keluar darah selama 2 harian. Bengkaknya yah sekitar 3 hari-an lah :) paling tidak seminggu untuk pemulihan, habis itu kontrol lagi untuk buka jahitan. Kalau sudah buka jahitan sudah enak tuh, karena sudah menyatu daging gusinya. Selama 2-3 minggu, makanan masih banyak yang menyelip di bekas operasi, rajin saja dibersihkan, lama-lama menutup sendiri kok. Habis dioperasi, memang tidak enak, tapi lebih tidak enak kalau tidak dioperasi, sakitnya berulang dan ampun deh……, semoga membantu [EL]

Operasi gigi sembuhnya cepat kok mbak. Dan setelah operasi tidak terlalu mengganggu aktifitas. Paling yang agak menderita pada hari itu saja, besoknya sudah baik-baik saja, paling pipi agak bengkak sedikit, tapi minum obatnya juga sudah membaik-lah. Tidak terlalu menakutkan, apalagi kalau dokter giginya ahli sekali, jangan khawatir [EA]

Pengalaman suamiku waktu operasi gigi alhamdulillah cepat sembuh ya…palingan seharian itu saja menderitanya, karena setelah efek biusnya hilang pastilah terasa nyut-nyutannya. Kalau tidak bisa bicara atau harus makan lembek itu iya paling seharian itu saja karena memang harus menunggu biar jahitan dan lukanya kuat/kering kali ya…Tapi InsyaAllah tidak sampai menggangu aktivitas kok…memang waktu awal kelihatan syerem kalau lihat peralatannya :) hehehe…Ayo mbak…dicoba saja, semoga lancar dan cepat sembuh ya [RM]

Aku pernah 2 kali operasi gigi geraham bungsu. Kenapa 2 kali karena ada 3 gigi yang harus diambil.Jadi operasi pertama, untuk gigi sebelah kiri dan operasi kedua untuk gigi sebelah kanan. Selang waktu 1 minggu saja. Kalau dipikirkan memang ngeri, tapi sekarang ini alat-alatnya sudah canggih. Dan pada kenyataanya tidak ngeri-ngeri amat. Sama dokternya ditawari matanya mau dibiarkan terbuka dengan konsekuensi kita bisa lihat apapun yang dilakukan dokter atau mata kita ditutup. Aku pilih yang  kedua….hihihi. Cepat sembuh, cuma hari itu saja yang terasa sakit, besoknya juga sudah baik. Lagipula kita dapat obat-obatan. Terus harus turuti kata dokter untuk tidak mengunyah pakai gigi yang sejajar dengan yang dioperasi [An]

Ya, dokternya harus ahli bedah yang canggih, minimal supaya kitanya percaya diri juga, karena psikologis membantu, aku s udah beberapa kali operasi gigi, dan sama sekali tidak ada pengalaman buruk, nyut-nyut sedikit pasca operasi biasa kan. Memang anaknya kenapa sampai harus operasi? [MP]

Aku juga disuruh cabut geraham bungsunya karena tumbuhnya tidak baik sehingga bisa ada makanan yang nyelip dan suka  sariawan di pipi. Mbak An sama dokter siapa, dimana, & biayanya berapa (kalau boleh tahu..)? Katanya harus sama dr spesialis Bedah Mulut ya ? Kemarin di RS Meilia Cibubur diminta ke dr Bachtiar, beliau adalah dokter RSCM. Ada yang pernah pengalaman dengan beliau tidak ya [MM]

Comments

  1. avexia.... says:

    wah….aslinya gak ribet2 bgt juga…..
    tapi kalau pas nyabut giginya tuch yang sakit…..

    kalau masalah makan paling makannya kudu lembek ajah….
    trus minumnya usahakan yang dingin biar darah beku yang diatasnya luka operasi tetep utuh…
    trus gak boleh ngocak air waktu kita kumur-kumur…..

    awalnya aku pikir gak terlalu sakit,…
    tapi ternyata ya lumayan….
    tapi paling sakitnya cuma 2 jam-an ajah….
    kalu udah yah paling cuma senut-senut sedikit…tapi nggak ganngu bgt…..

  2. Casimira says:

    Hello, kemarin saya baru operasi gigi. Sekarang pipi saya tembem, bengkak. Operasinya 1 jam aja. Saya operasi gigi bungsu saya yang tumbuhnya miring (kiri dan kanan). Bulan depan saya operasi yang kanan. Obat nya yang nahan sakit, namanya SPEDIFEN 400mg. Itu resep dari dokter saya.

  3. Budjangan.. says:

    Tadi siang saya baru operasi gigi n cuma satu sih yang diambil. sebelum operasi saya ngerasa ngeri bgt,tp trnyata smuanya ga sprti yg sy bayangkan,,palingan yg sakit tu pas disuntik bius lokal, klo pas pengambilan giginya tu ga kerasa.Pasca operasi smuanya baik2 saja,tp pas biusnya abis kerasa senut2 banget n menyiksa..bawaannya pengen marah n berantem aj.Tp tu ga brlgsg lama,paling krsa sakit bgt slma 2 jam’an.
    Dokter menyarankan kepada saya agar setelah operasi tidak berkumur dan segera mengompres pipi dgn es,,,n Alhamdulillah pipi saya ga smpe bengkak seperti kebanyakan orang pasca operasi gigi.untuk hari berikutnya dikompres dgn air hangat,minum obat teratur dan berhenti merokok dulu.

  4. Anak saya waktu umur 8 tahun ketahuan gigi taring dan geraham atas kirinya ngelesak keatas(dia tidak pernah jatuh atau mengalami kecelakaan) sehingga menyebabkan gusinya bewarna merah hati dan lama kelamaan gusinya bolong dan gigi susunya tsb copot. setelah di periksa ternyata gigi tetapnya tumbuhnya tinggi hampir dekat hidung. Solusinya harus segera di operasi. Sekarang umurnya sudah 11 thn tapi belum di operasi karena saya belum siap takut efeknya tidak baik utk anak saya. Ada yang pernah ngalamin seperti anak saya nggak sih?

  5. gimana mengatasi pipi bengkak setelah operasi gigi…..??

  6. Hari sabtu lalu,saya baru saja operasi gigi bungsi impaksi di lembaganya TNI AU, sejauh ini sih fine2 aja. cuma bengkaknya masih ada, jadi gak pede kalau mau jalan2 :), tapi kalau rasa sakit, cuma sedikit, malahan habis operasi sibuk cari makan sop ayam dan makan biasa. obat yg aku dapet 3 macem, anti radang, analgetik, dan antibiotik. kalau biaya cukup murah (alasan aku keberobat ke situ), cuma 1,2 juta!! bandingkan dengan tempat lain, paling nggak 3 juta keatas.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10