Pendidikan Usia Dini

Informasi Penting Seputar Pendidikan Usia Dini

Pendidikan usia dini adalah pendidikan pra TK atau sekitar usia 2- 3 tahun. Tujuan dari pendidikan usia dini sebenarnya bukan untuk mengajarkan kepada anak materi- materi berat namun lebih kepada hal- hal yang bersifat non akademik, seperti: mengenal lingkungan sekitar, belajar bersosialisasi, serta belajar mandiri sejak usia dini. Di samping itu pendidikan usia dini dimaksudkan agar anak tak perlu lagi menyesuaikan diri ketika masuk TK karena sudah terbiasa dengan suasana di PAUD yang tak jauh berbeda dengan TK.

Penting dan Tidaknya PAUD

Sekalipun pendidikan usia dini dikatakan sebagai pendidikan untuk persiapan sebelum TK, namun kenyataannya masih banyak orang tua yang tidak mengikutsertakan anaknya di PAUD. Beberapa alasan di antaranya adalah:

  • Biaya yang mahal.
  • Bila hanya bermain- main saja di rumah juga bisa.
  • Balita masih belum ingin sekolah.
  • Jarak antara PAUD dengan rumah sangat jauh.

Beberapa alasan di atas membuat banyak orang tua yang tidak mengikutsertakan anaknya pada pendidikan usia dini. Namun, terlepas dari kontroversi apakah pendidikan usia dini itu penting ataukah tidak, maka berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari PAUD.

Kelebihan:

  • Mengenalkan dunia luar kepada anak selain rumah dan orang tua
  • Anak lebih siap ketika TK

Kekurangan:

  • Bila anak sama sekali belum siap untuk sekolah, sehingga bisa jadi selama setahun tersebut dia hanya menangis saja
  • PAUD memang mahal biayanya sehingga tak semua orang tua mampu

Membuat PAUD Sendiri

Pendidikan usia dini bisa dibilang penting tidak penting. Dianggap penting karena bisa dipergunakan sebagai persiapan TK. Sedangkan dianggap tidak penting karena belajar di rumah sendiri sebenarnya bisa. Lalu, bila memang orang tua si bayi mampu kenapa tak membuat PAUD sendiri di rumah. Bukankah ibu memang madrasah pertama bagi anak- anaknya. Pengenalan nilai- nilai kehidupan memang diperkenalkan pada usia balita dan itu dilakukan melalui pendidikan usia dini.

Beberapa yang harus dipersiapkan untuk membuat PAUD sendiri adalah:

  • Materi pelajaran: bisa didownload dari internet dan didapat dari forum orang tua.
  • Masalah sosialisasi: Sekalipun yang mengajar orang tua sendiri namun bukan berarti anak bisa menjadi manja.

Justru saat itulah ditanamkan akan kemandirian dan juga masalah sosialisasi dengan lingkungan. Anak diajarkan belajar di alam bebas, belajar bersama dengan anak lain yang seumuran (tetangga dan saudara), serta kegiatan lain yang edukatif.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10