Pengertian Motivasi

Beberapa Pengertian Motivasi

Katanya, motivasi bisa membuat seseorang berhasil. Motivasi juga bisa membuat semangat seseorang menjadi bergelora. Motivasi membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin untuk dilakukan karena adanya usaha.

Sebenarnya, apa pengertian motivasi? Berikut ini adalah beberapa pengertian motivasi!

Kekuatan untuk Maju

Pengertian motivasi yang pertama mengandung kekuatan untuk maju. Siapapun kita dan bagaimanapun kondisi kita bila kita memiliki semangat dan kekuatan untuk maju berarti kita memiliki motivasi. Pengertian motivasi tentang kekuatan untuk maju ini berarti siapapun yang memiliki kekuatan tinggi untuk menjadi lebih baik dari sekarang atau untuk maju pasti akan tercapai. Seperti seorang balita yang ingin berjalan bahkan berlari. Pun dengan pengertian motivasi terkait dengan kekuatan untuk maju tersebut.

Keberanian dalam Menghadapi Tantangan

Siapa yang berani menghadapi tantangan, dialah yang akan menang. Begitulah kira- kira pengertian motivasi selanjutnya ini. Keberanian dalam menghadapi tantangan membuat seseorang menjadi berani untuk melakukan apa saja (yang baik) untuk menaklukkan tantangan itu. Mati satu tumbuh seribu, begitulah kira- kira.

Kemauan untuk Belajar Sepanjang Masa

Pengertian motivasi yang berikutnya adalah kemauan untuk belajar sepanjang masa. Seseorang tidak dikatakan memiliki motivasi yang tinggi dalam hidupnya bila tidak mau belajar sepanjang masa dan dari siapa saja serta dalam bentuk apapun. Kemauan untuk belajar dari siapapun selama ia hidup akan membuat seseorang menjadi sadar bahwa yang ia ketahui hanya sedikit. Untuk itu ia terus belajar dan belajar. Sikap sok pintar yang kadang- kadang ditunjukkan oleh seseorang sebenarnya adalah sikap yang kurang bijak. Merasa puas bahkan sombong justru menandakan bahwa orang tersebut tidak memiliki motivasi dalam hidupnya.

Berani Mengakui Kesalahan

Pengertian motivasi selanjutnya adalah keberanian untuk mengakui kesalahan dan memperbaikinya. Dalam sebuah drama Jepang berjudul Dragon Zakura ada sebuah percakapan yang bunyinya “Kamu tahu caranya menjadi kuat? Yaitu dengan mengetahui kelemahanmu!” Itu sebabnya, bila kita ingin kuat seharusnya kita mengakui kekurangan, kelemahan, dan kesalahan kita untuk kemudian diperbaiki.

Berani Minta Maaf

Pengertian motivasi yang terakhir adalah berani minta maaf kepada orang yang sudah kita sakiti. Tak semua orang memiliki nyali seperti ini karena banyak di antara mereka yang menganggap bahwa dengan minta maaf itu harga diri jatuh. Padahal sebaliknya, minta maaf justru mengembalikan harga diri yang sempat tercecer menjadi rapi kembali

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10