Perlengkapan Bayi

Cara Memilih Perlengkapan Bayi

Bagaimana cara memilih perlengkapan bayi untuk pasangan yang belum memiliki pengalaman. Setuju atau tidak, perlengkapan bayi bila dikalkulasi kadang menjadi lebih banyak daripada biaya persalinan. Bagi pasangan suami istri yang memiliki uang banyak tentu hal tersebut tak menjadi masalah, namun bagaimana bila tak memiliki uang atau hanya memiliki uang pas- pasan.. Maka, cara memilih perlengkapan bayi secara bijak adalah solusinya.

Membeli atau Menerima “Santunan”

Biasanya, ibu bayi sering mendapatkan tawaran untuk menerima perlengkapan bayi dari saudara atau kerabat. Apalagi bila ibu bayi adalah anak terakhir, biasanya kakak- kakak si ibu bayi akan berebut untuk memberikan perlengkapan bayi. Bagaimana cara memilih perlengkapan bayi dari orang lain?

  1. Untuk perlengkapan bayi yang sifatnya bisa dipakai bersama, maka tak apa bila si ibu bayi menerima bantuan dari kerabat. Seperti boks bayi misalnya, toh setelah dipakai oleh si bayi, bisa dipakai lagi oleh bayi dari kerabat lain.
  2. Sedangkan untuk perlengkapan bayi yang sifatnya sangat pribadi, seperti pakaian dalam, maka lebih baik membeli sendiri.

Jadi, tak semua perlengkapan bayi harus membeli sendiri atau menerima bantuan dari orang lain. Intinya, cara memilih perlengkapan bayi dari orang lain harus lebih selektif.

Membeli Dua Bulan Sebelum Bayi Lahir

Dua bulan sebelum bayi lahir adalah waktu yang pas bagi ibu bayi untuk membeli perlengkapan bayi. Cara memilih perlengkapan bayi juga harus dilihat waktunya. Bila masih satu bulan, dirasa masih sangat “muda” bagi ibu bayi untuk membeli semua perlengkapan. Bila sudah sembilan bulan, juga dirasa waktu yang terlalu mepet. Dua bulan atau tujuh bulan usia kandungan dirasa waktu yang paling pas.

Membeli yang Netral

Ada orang tua yang ingin tahu jenis kelamin bayi untuk mempersiapkan perlengkapan bila si bayi lahir karena bayi laki- laki berbeda dengan perempuan tentunya. Namun, ada juga orang tua yang tidak ingin mengetahui jenis kelamin si bayi. Itu sebabnya cara memilih perlengkapan bayi bagi orang tua yang tidak ingin mengetahui jenis kelamin bayi adalah dengan membeli perlengkapan yang sifatnya netral. Misalnya dari segi warna, warna pink hanya cocok untuk cewek sedangkan biru atau hijau lebih netral.

Bahannya Aman untuk Kulit Bayi

Cara memilih perlengkapan bayi, pakaian, misalnya, haruslah yang aman untuk kulit bayi yang masih sensitif. Aman tidak berarti harus mahal. Mungkin saja si ibu bayi bisa membuat pakaian sendiri, hal itu jauh lebih menghemat bukan. Namun, bila si ibu bayi tidak bisa membuat baju bayi, cara memilih perlengkapan bayi seperti pakaian adalah yang aman dan tidak menimbulkan iritasi.

Terakhir, mengapa cara memilih perlengkapan bayi adalah langkah yang penting? Bayi bukan boneka. Bayi adalah makhluk baru yang belum bisa beradaptasi dengan dunia. Itu sebabnya bayi harus diperlakukan dengan sebaik mungkin salah satunya adalah dengan memilih cara memilih perlengkapan bayi yang baik.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10