Usaha Digital Printing

Memulai Usaha Digital Printing

Hal-hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Usaha Digital Printing

Usaha digital printing merupakan suatu bisnis yang banyak diminati khususnya oleh pengusaha pengusaha muda di kota kota besar. Digital printing telah menjadi lahan usaha yang menguntungkan dan hal ini dikarenkan oleh tingginya permintaan cetak digital selama beberapa tahun terakhir. Maraknya usaha digital printing atau cetak digital ini barngkali juga mengilhami anda untuk memulai sebuah usaha cetak digital milik anda sendiri. Lantas bagaiman cara memulai usaha digital printing? Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda pelajari dan terapkan jika anda berminat untuk memulai usaha digital printing:

  1. Tentukan target pasar – Pilih konsumen yang anda bidik; apakah usaha digital printing anda akan diperuntukan bagi para mahasiswa atau perkantoran, atau apakah konsumen anda adalah orang orang yang membutuhkan percetakan cepat seperti kartu nama, undangan, brosur dan lain lain. Usaha cetak digital merupakan alternatif terbaik yang mengantikan proses pencetakan konvensional khususnya dalam jumlah barang yang dicetak serta lama pencetakannya. Selain itu, hasilnya pun lebih memuaskan.
  2. Modal – Usaha digital printing memang memerlukan modal awal yang cukup banyak. Sebagai contoh; mesin digital printing yang kualitasnya baik harganya mencapai ratusan jta rupiah. Belum lagi peralatan pendukung lainnya seperti komputer dan printer. Bila anda memutuskan untuk memulai usaha digital printing, salah satu solusi dalam menekan biaya yang harus dikeluarkan sebagai modal awal adalah melalui pinjaman atau kredit ke bank. Atau anda bisa mencari netwroking terlebih dahulu sambil mencari investor, partner dan juga supllier. Fokuskan pada satu usaha digital printing dulu, misalnya menerima settingan saja dulu sebelum memperlebar usaha ke layanan lainnya. Jangan langsung membuka usaha dengan skala besar jika modalnya belum cukup.

Simulasi modal awal usaha digital printing

Contoh berikut adalah simulasi usaha digital printing dengan modal awal Rp. 10 juta. Peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  1. 1 unit komputer P4 dengan spesifikasi grafis Rp. 4 juta (bisa lebih murah jika anda membeli komputer second).
  2. 1 unit scanner Rp. 500 ribu.
  3. 1 unit printer laser untuk membuat film sablon Rp. 1 juta.
  4. 1 unit printer inkjet ukuran A4 Rp. 500 ribu (sebaiknya pilih yang menggunakan refill tinta yang berkualitas untuk menghindari kerusakan catridge yang disebabkan kualitas tinta yang buruk).
  5. Sisa modal digunakan untuk sewa tempat, pengadaan kertas dan promosi.

Memang ada banyak hal yang perlu dipesiapkan, namun jika usaha anda berkembang dengan baik, maka anda akan sukses dalam usaha digital printing.

You might also likeclose
Dunia-Ibu.org located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 39 customers rated: 9.1 / 10