Jenis Alat Kontrasepsi

jenis kontrasepsi

Mengenal Jenis Alat Kontrasepsi

Jenis alat kontrasepsi yang sudah dikenal oleh masyarakat ada banyak. Karena tiap orang  mempunyai keadaan hormon dan kondisi tubuh yang berbeda, maka sebelum anda memutuskan memilih satu jenis alat kontrasepsi, sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu sehingga ini dapat memberi tambahan informasi tentang alat kontrasepsi yang cocok untuk anda dan pasangan. Lantas apa yang perlu anda ketahui tentang jenis alat kontrasepsi?

Jenis Alat Kontrasepsi Secara Alami

Jenis alat kontrasepsi ada dua, yaitu cara alami dan cara perlindungan. Jenis alat kontrasepsi yang dilakukan secara alami dapat berupa senggama terputus, yaitu pada saat anda berhubungan badan dengan istri, sang suami mengeluarkan penis dari vagina sebelum terjadi ejakulasi agar sperma tidak masuk dan membuahi sel telur di dalam rahim. Selain itu, jenis alat kontrasepsi kedua secara alami adalah dengan cara sistem kalender, yaitu dengan memperhitungkan waktu subur dari istri yang memungkinkan ia tidak akan hamil karena sel telurnya belum matang. Bila anda ingin menerapkan cara ini, anda harus pandai berhitung dan jeli dalam memperkirakan waktu subur. Bila tidak, maka kemungkinan anda hamil pun akan menjadi besar. Bila siklus menstruasi anda teratur, akan lebih mudah mendeteksinya. Namun bila siklus menstruasi anda tidak teratur, cara ini pun beresiko. Bila anda merasa yakin dapat melakukannya, anda pun dapat memilih jenis alat kontrasepsi secara alami ini.

Jenis Alat Kontrasepsi Sebagai Pencegah Kehamilan

Berikut beberapa jenis alat kontrasepsi yang dapat digunakan sebagai sarana pencegah kehamilan:

  1. Jenis alat kontrasepsi #1: Kondom – Alat ini dapat digunakan oleh pria untuk melindungi penis agar saat ejakulasi tidak mengalirkan sperma ke rahim.
  2. Jenis alat kontrasepsi #2 : Spermatisida – Merupakan bahan kimia yang digunakan untuk membunuh sperma yang mengalir ke rahim. Bacalah aturan pakainya sehingga alat ini menjadi efektif bagi anda untuk mencegah kehamilan.
  3. Jenis alat kontrasepsi #3 : Vagina Diafragma (Khusus digunakan wanita) – Alat ini memiliki bentuk seperti lingkaran cincin yang dilapisi dengan karet fleksibel untuk menutup mulut rahim dan digunakan sekitar 6 jam di liang vagina sebelum berhubungan badan.
  4. Jenis alat kontrasepsi #4 : Pil KB, metode suntik KB, dan susuk KB – Ketiga jenis alat kontrasepsi di atas dapat dijadikan pilihan oleh para wanita karena mudah dilakukan. Ketiga cara ini umum digunakan oleh wanita yang ingin menunda atau mencegah kehamilan.
  5. Jenis alat kontrasepsi #5 : IUD atau Spiral – Digunakan dengan memasukkan alat spiral ke rahim wanita sebagai penghalang masuknya sel sperma ke indung telur. Merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi yang umum digunakan wanita.

 

Pil KB Bikin Halus Kulit

pil kb kulit

Pil KB yang bisa bikin kulit jd halus?

pil kb kulitTanya:

Memang ada yah pil KB yang bisa bikin kulit jd halus? ada ibus yg pernah coba?

Jawab:

Katanya sih, pil KB merk Dianne mbak (kata dokter & perawat). Kalau gak salah, di penjelasannya jg tercantum. Aku pake itu, tapi gak terlalu ngerasa perbedaannya di kulit Cuman, emang gak ada efek spt berjerawat dll.

Kebetulan saya pake Diane-35, kulit jadi halus. Kulit jadi tidak berminyak. Sampai semua pada nanya, pakai kosmetik apa? (Bukan promosi lho!). Ada di apotik² dan toko obat.

Diane 35 keluaran Schering,.

Jadi penasaran, pil kb ini memang bisa dibeli bebas? Trus, ada pengaruh lainnya tidak terutama pengaruh negatif? Aku soalnya paling tidak mau pake kontrasepsi yg hormonal (ini hormonal bukan sih?), krn takut gemuk, muka jerawatan, etc. Mohon infonya dong moms.

Sebenernya pil kb itu hormonal sih. Cuman aku udah pake beberapa bulan, tapi gak gemuk, trus gak pernah jerawatan, malahan mukaku jadi mulus, kata orang² sih. Bisa dibeli dimana aja, di apotik, century, dll. Bilang aja mau pil kb merk diane-35.

Kalau untuk yg masih menyusui, aman tidak ya? mengurangi produksi ASI tidak ya?

Kalau untuk menyusui, sependek pengetahuanku satu²nya pil KB yang bisa dikonsumsi tanpa mengurangi produksi ASI hanya exluton 28.

18-06-2003 17:51:41